4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software dalam Bisnis Ritel

4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software dalam Berbisnis
sumber gambar: unsplash.com

Salah satu pekerjaan yang paling memakan waktu dalam operasional toko ritel adalah menjaga stok persedian. Terutama bagi Anda yang masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan toko. Bagaimana menjaga agar arus stok masuk dan keluar tetap lancar bakal cukup merepotkan bila harus dikerjakan sendiri.

Meskipun tetap membutuhkan ketelitian dan disiplin untuk mengurusnya, akan lebih mudah jika menggunakan sistem software. Dengan sistem software, pengelolaan persediaan akan tertata lebih baik dan membuat Anda lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Hal ini jadi salah satu kunci untuk pertumbuhan bisnis yang sukses.

Berikut adalah 4 keuntungan dari penggunaan sistem software dalam bisnis ritel:

1. Mencegah Pencurian 

Tanpa sistem persediaan, susah untuk mengetahui apakah Anda sedang ditipu oleh karyawan. Apalagi jika Anda sudah sangat percaya dan menyerahkan semua urusan bisnis kepada karyawan. Resiko terjadinya kecurangan atau pencurian akan terjadi karena tidak adanya barang bukti. Dengan menggunakan software, Anda tidak harus terus berada di toko untuk mengawasi kerja para karyawan sehingga stok tetap aman. Semua alur penyediaan dan jumlah stok barang akan terdata dengan rapi di software.

2. Meningkatkan Pelayanan ke Konsumen

Anda dapat menghindari kehabisan stok dan juga dapat melihat apakah item masih ada dalam persediaan atau tidak. Bayangkan jika calon konsumen sudah pergi ke toko Anda dan ternyata stok Anda sudah habis, mereka pastinya akan kecewa dan beralih ke toko lain. Penggunaan software dapat menemukan daftar barang yang sudah habis (out of stock), daftar harga barang, dan supplier dari masing-masing barang.

Baca Juga: Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?

3. Pengelolaan Keuangan 

Sistem inventaris akan membantu Anda mengawasi kegiatan apa saja yang sudah dilakukan. Stok datang dan stok keluar akan tercatat otomatis. Jadi Anda bisa mengelola keuangan secara rapi dan efisien. Tidak perlu mencatat secara manual yang beresiko hilang atau salah tulis.

4. Pelacakan Produk 

Sistem Software
sumber gambar: pexels.com

Anda dapat melacak item tertentu dan menyortir penjualan maupun penurunan harga dari barang yang Anda jual. Cukup masuk ke software yang Anda gunakan dan bisa ditemukan dengan cepat. Berbeda jika Anda masih menggunakan cara kuno yaitu tulis manual, bisa dipastikan akan membuang waktu.

Baca Juga: 8 Alasan Penting Mengapa Bisnis Membutuhkan Website

Sistem software memungkinkan Anda untuk mencetak dan membaca label barcode, cetak faktur, dan menyediakan susunan laporan dan statistik secara lengkap dan berkala, baik itu bulanan, mingguan atau bahkan harian. Dengan sistem software Anda juga dapat menghitung nilai barang, sekaligus dengan perbedaan antara persediaan aktual dan yang di database.

Sudah saatnya bagi Anda untuk segera beralih menggunakan software untuk meningkatkan produktivitas penjualan sekaligus memudahkan Anda dalam pengelolaan manajemen toko Anda. Ada banyak pilihan software ritel yang bisa Anda gunakan dalam toko Anda, kami merekomendasikan software MyRetail dari InterActive. Perusahaan yang sudah berpengalaman 20 tahun lebih membantu banyak bisnis di Indonesia. Percayakan bisnis atau toko Anda dengan MyRetail.

Semoga bisnis ritel Anda semakin maju dan berkembang!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.