Manfaat Pentingnya CCTV dalam Dunia Bisnis

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television, sebuah perangkat kamera video digital yang digunakan untuk mengirim sinyal ke layar monitor di suatu ruang atau tempat tertentu, atau bahasa populer nya sering kita dengar dengan kamera pengintai.

Pemasangan CCTV ini memiliki tujuan untuk memantau situasi dan kondisi tempat tertentu, sehingga dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan bahkan sering sekali juga bisa dijadikan sebagai bukti tindak kejahatan yang telah terjadi.

Manfaat CCTV dalam Dunia BisnisPada umumnya CCTV seringkali digunakan untuk mengawasi area publik seperti : taman kota, bank, hotel, bandara udara, gudang militer, pabrik maupun pergudangan.

Awalnya sistem konvensional dari CCTV ini hanya bisa mengambil gambar atau video dari kamera CCTV, kemudian dikirim melalui kabel ke sebuah ruang monitor tertentu dan dibutuhkan pengawasan secara langsung oleh operator/petugas keamanan dengan resolusi gambar yang masih rendah yaitu 1 image per 12,8 seconds.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, banyak kamera CCTV yang sudah menggunakan sistem teknologi yang jauh lebih modern. Sistem kamera CCTV digital saat ini bahkan dapat dioperasikan, dimonitor maupun dikontrol melalui smartphone maupun laptop dimanapun berada dan kapan saja selama masih terhubung dengan internet.

Baca juga: 6 Tips AMPUH Menangani Pelanggan yang Rumit

Dengan perkembangan teknologi CCTV ini selaras dengan manfaat yang akan kita dapatkan ketika menggunakannya, apa saja manfaatnya? Mari kita simak dalam penuturan dibawah ini:

1. Meningkatkan keamanan

Sejak pertama kali diluncurkan ke ranah publik, fungsi utama dari CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan. Keamanan yang dimaksud disini erat kaitannya dengan pencegahan terhadap tindak atau aksi kejahatan dan kriminal. Khususnya bagi Anda pemilik usaha atau bisnis sangat dianjurkan untuk penggunaan CCTV demi tercapainya kenyamanan dan keamanan dalam bisnis Anda.

Manfaat CCTV dalam Dunia Bisnis
image/www.wynnslocksmiths.com.au

CCTV mampu menampilkan sekaligus merekam video secara langsung atau live. Artinya, gambar yang di ambil oleh CCTV  atau kamera pengintai yang ditampilkan melalui monitor merupakan kejadian yang sedang berlangsung.

Saat sedang terjadi tindak kejahatan atau kriminal di tempat yang dipasangi CCTV baik ketika kita sedang memantau langsung maupun tidak, maka otomatis akan terekam dan tersimpan, sehingga hasil rekaman bisa digunakan sebagai barang bukti laporan kepada pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti.

Baca juga: 5 Langkah Jitu untuk Presentasi Produk dengan Maksimal

Kita pun bisa memantau hasil rekaman dari CCTV dengan lebih praktis dengan menggunakan smartphone maupun laptop dimana dan kapanpun dengan internet.

2. Memantau kegiatan karyawan

CCTV tentu saja sangat mumpuni untuk memantau dan mengawasi kemungkinan semua kegiatan yang kita kerjakan untuk kepentingan umum maupun pribadi, tanpa menyalahgunakan CCTV untuk hal-hal yang menyalahi aturan. Jika digunakan dalam bisnis atau perusahaan, akan sangat berguna untuk kepentingan mengawasi dan memantau produktivitas karyawan disemua bagian.

Manfaat CCTV dalam Dunia Bisnis
image/www.sg-cctv.com

Penggunaan CCTV akan mampu memastikan bahwa karyawan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara penuh. Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan ketidak produktifan dari karyawan bisa dicegah dengan memberikan arahan kepada karyawan.

Ketidak produktifan karyawan selama jam kerja misalnya, karyawan yang sedang bergosip, meninggalkan ruangan tanpa alasan jelas, bermain game, bermedia sosial hingga mungkin ada seorang karyawan yang mengutil barang-barang yang sedang di produksi.

Baca juga: 10 Tanda Bisnis Anda Sehat dan Bersih

Akibatnya, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab karyawan akan terbengkalai dan tidak bisa di selesaikan tepat waktu sehingga hasil kerja menjadi tidak maksimal. Secara lebih lanjut, prestasi dan kualitas kerja karyawan menurun dan selanjutnya akan berimbas pada kinerja perusahaan yang menurun pula.

3. Meningkatkan produktivitas karyawan

Dengan CCTV kita juga bisa membedakan karyawan yang produktivitasnya tinggi dengan karyawan yang produktivitasnya rendah. Namun penggunaan CCTV hendaknya juga tidak berlebihan agar tidak mengganggu privasi tiap karyawan.

Manfaat CCTV dalam Dunia Bisnis
image/securitysystem.indalp.com

Sehingga kita harus mengetahui 4 jenis pelanggaran privasi yang harus dihindari ketika pemasangan CCTV di toko, pabrik maupun kantor agar kenyamanan karyawan tidak terganggu:

  1. Privasi karyawan saat menggunakan kamar mandi dan ruang ganti pakaian
  2. Publikasi masalah pribadi karyawan
  3. Pengungkapan catatan medis
  4. Penggunaan video dan gambar karyawan untuk tujuan komersial

Selain itu, penggunaan CCTV harus terbatas pada gambar visual saja dan tidak boleh menyertakan audio untuk mematuhi undang-undang yang berlaku di negara kita. Jadi, para pengusaha harus proaktif dan menyadari empat pelanggaran privasi ini sehingga hak-hak individu karyawan tetap dihormati dan dilindungi.

Bagaimana mencapai keseimbangan monitoring yang tidak mengganggu privasi karyawan

Pertama, pengusaha perlu menjelaskan pada karyawan bahwa hak privasi mereka akan dijamin. Kemudian kedua, karyawan harus diberitahukan secara tertulis tentang adanya pengawasan dan karyawan juga bisa memberikan semacam pernyataan untuk memverifikasi bahwa mereka tahu sedang dipantau.

Manajemen harus menentukan apa saja jenis pengawasan yang dilakukan dan kamera CCTV tidak boleh dipasang dikamar mandi, toilet, ruang ganti, area merokok, dan tempat bersantai karyawan. Ini adalah tempat khusus untuk kenyamanan, kesehatan karyawan atau untuk menjaga harta benda mereka.

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

Pengusaha harus sepenuhnya sadar akan risiko privasi yang terkait dengan rekaman video karyawan sehingga kemungkinan litigasi atau gugatan berkurang. Perusahaan juga harus memelihara lingkungan kerja di mana karyawan dapat menyuarakan privasi atau kekhawatiran tentang keamanan tanpa harus merasa percakapan mereka sedang dipantau.

Jadi jika pengusaha memilih untuk menggunakan CCTV di tempat kerja, mereka harus mematuhi pedoman privasi tertulis yang disepakati bersama agar membuat karyawan merasa aman dan nyaman.

4. Menjaga aset perusahaan

Aset bisnis atau perusahaan merupakan komponen yang sangat penting, baik yang berukuran kecil hingga besar. Dengan aset inilah perusahaan dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Aset sendiri terdiri aset yang berwujud dan tidak berwujud. Seperti, gedung, mobil, hak cipta, kas, merek dagang, dlsbnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sebuah bisnis masa depan tidak harus memiliki aset untuk tetap bertahan. Dengan memanfaatkan situs e-commerce dan layanan transportasi online, para pelaku bisnis memiliki peluang untuk tumbuh dan perkembang dengan pesat pula.

Manfaat CCTV dalam Dunia Bisnis
image/www.cctv-camera.com.sg

Meskipun begitu bagi pelaku bisnis, menjaga aset yang dimiliki sekarang ini menjadi begitu krusial. Aset bisa saja rusak bahkan hilang, baik dari faktor dalam maupun luar yang bisa membahayakan bahkan mengancam keberlangsungan bisnis itu sendiri.

Untuk itu diperlukan pencegahan sedini mungkin dengan memanfaatkan teknologi, yakni dengan penggunaan CCTV. Adanya CCTV akan memudahkan kita dalam memantau aset kita dari tindak kejahatan atau kriminal. Sehingga aset kita akan tetap aman.

Jika suatu saat aset kita mengalami kerusakan hingga kehilangan, kita bisa dengan mudah mengeceknya melalui rekaman video dari CCTV. Sehingga kita bisa gunakan sebagai barang bukti laporan kepihak berwajib. Untuk pemasangannya pun Anda bisa tempatkan dimana saja aset Anda berada kecuali ruangan privasi seperti yang sudah dijelaskan di point ketiga.

Nah, itu tadi manfaat penggunaan CCTV dalam bisnis, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bisnis Anda untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.

Butuh referensi produk CCTV berkualitas dan terbaik saat ini? Silahkan cek disini ya, GRATIS kok 🙂

Ingat: Tindak kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Gunakan CCTV berkualitas dari InterActive untuk menjaga kemanana kantor Anda.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: