5 Faktor Keberhasilan dalam Usaha, Simak Baik-Baik!

Mencegah Bisnis Bangkrut

Kata ‘Bangkrut’ adalah momok bagi semua pengusaha, baik itu berskala kecil, menengah, bahkan seorang pengusaha yang telah berjalan puluhan tahun. Sehingga berbagai upaya dilakukan agar mencegah bisnisnya bangkrut.

Sebaliknya, setiap pengusaha pasti ingin usaha atau bisnisnya lancar dan semakin berkembang. Nah apa saja faktor-faktor yang mendukung keberhasilan dalam suatu usaha? Simak sampai habis dan catat jika perlu.

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama, kami ingin menyebutkan beberapa perusahaan besar yang terpaksa bangkrut, apa saja perusahaan besar tersebut? Mungkin Anda familiar dengan nama-nama di bawah ini:

  1. Nokia
  2. Sony Ericsson
  3. Kodak
  4. Panasonic
nokia company

Pasti familiar, ya? Apalagi Nokia yang telah lama berkecimpung di dunia mobile phone. Selain itu juga banyak majalah cetak yang telah tutup, salah satunya adalah BOLA.

Mengerikan, bukan?

Jangan takut, berikut ini kami paparkan 5 faktor keberhasilan usaha yang sebaiknya diterapkan oleh pengusaha agar bisa terus survive dalam persaingan bisnis.

1. Digitalisasi

Faktor Keberhasilan Usaha - Digitalisasi

Faktor yang pertama adalah digitalisasi. Apakah Anda pernah membayangkan perubahan signifikan yang terjadi dari era 90-an hingga era saat ini? Tentunya banyak sekali dan perubahan paling signifikan adalah digitalisasi.

Hampir seluruh komponen dalam hidup ini berubah menjadi digital. Contohnya adalah media berita sekarang banyak yang berubah menjadi media online, toko berubah ke online shop, ojek dan taksi jadi ojek online, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Tentu saja digitalisasi juga memberi efek dalam komponen dunia bisnis seperti media pemasaran, display produk, dan masih banyak lagi lainnya. Kali ini kami akan menyorot digitalisasi dalam komponen pemasaran, karena pemasaran pastinya merupakan komponen penting dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Kerugian Tidak Memiliki Laporan Keuangan bagi UMKM

Digital Marketing

Apakah Anda pernah mendengar Digital Marketing?

digital marketing

Jika Anda sedang atau akan menjalankan bisnis, maka Anda harus mengenal pemasaran yang terdigitalisasi atau yang lebih dikenal dengan Digital Marketing.

Karena saat ini marketing atau pemasaran dalam bentuk digital menjadi kunci penting dalam promosi. Jika Anda belum paham apa itu digital marketing, intinya adalah mengiklan di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan mesin pencarian seperti Google.

Hal-hal tersebut merupakan salah satu pemasaran dalam bentuk digital atau digital marketing. Jika Anda pernah melakukan hal tersebut maka Anda telah menerapkan salah satu strategi digital marketing.

Jika belum pernah melakukannya, maka sekaranglah saatnya Anda melakukan hal tersebut dan mempelajari lebih dalam tentang digital marketing agar bisnis Anda terus berkembang di era digital.

Atau mungkin Anda tidak punya waktu untuk mengerjakan sendiri? Tenang saja, karena sekarang sudah ada banyak penyedia jasa digital marketing. Salah satunya adalah InDeo, yang sudah membantu banyak usaha dalam membuat website dan pemasaran secara online. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi ofisial websitenya di www.indeo.id atau klik di link ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Jualan Secara Online

2. Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

Faktor Keberhasilan Usaha - Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

Faktor yang kedua adalah apakah produk sudah sesuai dengan kebutuhan pasar. Apapun itu produknya mulai dari produk kebutuhan pokok, produk untuk hobi/ koleksi atau barang mewah.

Kita tahu bahwa produk adalah jantung dari bisnis Anda. Produk bisa berupa jasa atau barang. Di awal berdirinya usaha atau bisnis, produk yang baru dan segar menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Sebaiknya jangan terlalu fokus pada pengembangan produk. Karena akan menyita banyak waktu dan perhatian sehingga Anda akan lupa dengan prinsip product market atau menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Akibatnya, Anda akan menemui fakta pahit karena produk yang Anda kembangkan menjadi kerugian dan membuat bisnis Anda terancam bangkrut. Produk dan jerih payah untuk pengembangannya menjadi sia-sia.

Maka solusinya adalah kembangkan produk yang menjadi kebutuhan pasar atau target market Anda. Jika Anda berhasil menerapkan hal tersebut, maka penjualan bisnis Anda akan berkembang sangat pesat.

Baca Juga: 10 Cara PDKT Untuk Memikat Audiens dalam Bisnis Online

3. Modal Usaha

Faktor Keberhasilan Usaha - Modal Usaha

Faktor keberhasilan usaha selanjutnya adalah dengan modal usaha. Besarnya modal yang dimiliki harus diimbangi dengan besarnya hutang dan piutang bisnis Anda. Bisnis yang memiliki hutang yang besar dengan bunga yang tinggi dapat menyebabkan minimnya keuntungan.

Bahkan bisnis akan terus merugi. Begitu juga dengan piutang yang terlalu tinggi, akan menyebabkan neraca pendapatan menjadi tidak stabil.

Maka dari itu, Anda harus memiliki modal yang sebanding dengan hutang piutang bisnis Anda agar mencegah bisnis bangkrut. Jika memang perlu untuk meminjam modal dari bank, Anda harus menyusun laporan keuangan yang rapi dan terorganisir.

4. Laporan Keuangan

Faktor Keberhasilan Usaha - Laporan Keuangan

Faktor yang keempat adalah laporan keuangan. Sudahkah Anda membuat laporan keuangan secara rutin?Permasalahan ini tidak bisa dianggap remeh, karena ketidakmampuan dalam mengelola uang dapat membuat bisnis bangkut.

Sebenarnya banyak sekali pengusaha UMKM yang dapat menghasilkan uang, alias produknya laku. Tetapi mereka tidak memilki rencana dan cara untuk mengelola uang dengan benar. Berapa yang dialokasikan untuk modal bisnis, berapa untuk pemilik, berapa untuk investasi selanjutnya?

Terkadang permasalah arus kas (cashflow) juga dapat merusak kondisi kesehatan keuangan bisnis Anda. Sehingga Anda harus mengatur laporan keuangan demi mencegah bisnis bangkrut.

Bagaimana cara membuat dan mengatur laporan keuangan yang mudah dan praktis?

Di era digital saat ini, sudah banyak software akuntansi yang praktis dan terintegrasi seperti InterActive MyAccounting. Anda tidak perlu menyusun laporan keuangan secara manual. Anda hanya perlu mengkoneksikan sistem kasir atau mesin absensi Anda dengan software MyAccounting, lalu secara otomatis laporan keuangan dapat tersusun secara baik dan terorganisir.

Mudah bukan? Klik di link ini jika tertarik ingin mencoba MyAccounting dalam usaha Anda.

5. Sistem Kasir Online

aplikasi MyProfit

Mengapa kasir online termasuk ke dalam 5 faktor keberhasilan usaha? Karena sistem kasir online yang tepat dapat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda.

Pada poin 4, disebutkan bahwa penyusunan laporan keuangan akan jauh lebih praktis menggunakan software akuntansi yang terkoneksi dengan sistem kasir online. Nah, kali ini akan dibahas mengenai manfaat sistem kasir online.

Sistem kasir online akan menjadi alat kasir praktis untuk melayani transaksi tanpa batas. Anda tidak perlu khawatir data-data penjualan hilang karena seluruh data tersimpan di cloud yang memiliki keamanan tinggi dan hak akses terbatas (hanya owner).

Anda juga tidak perlu merekap penjualan secara manual, karena dengan sistem kasir online Anda dapat membuat laporan penjualan secara otomatis dan langsung masuk pembukuan akuntansi online melalui software akuntansi.

software terintegrasi

Jika Anda menjalankan bisnis cafe, toko baju, food & beverage, barbershop, atau bisnis skala UMKM lainnya, maka poin terakhir ini bisa menjadi senjata pamungkas demi mengembangkan bisnis Anda.

Silahkan coba sistem kasir online InterActive MyProfit yang bisa terintegrasi dengan software accounting dan aplikasi Grabfood, bahkan tersedia fitur table management. MyProfit adalah aplikasi asli Indonesia yang dikembangkan oleh InterActive Technologies Corp., perusahaan yang telah berpengalaman 20 tahun lebih di bidang software ERP.

Baca Juga: Apa Itu Fitur Table Management? Pemilik Resto Wajib Tahu!

Last but not least, sekian artikel dari Intermezzo, semoga bermanfaat untuk bisnis Anda, dan tetap semangat dalam berbisnis!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.