Peluang Bisnis Kuliner di Era Teknologi

Peluang Bisnis Kuliner
sumber gambar: pexels.com

Salah satu peluang besar dalam dunia bisnis adalah usaha kuliner. Mengapa peluang usaha kuliner punya prospek yang cerah? Jawaban singkatnya semua orang pasti butuh makan sebagai kebutuhan primer, jadi penjual makanan tidak akan pernah ada habisnya.

Dengan adanya perkembangan teknologi, maka semakin membuat informasi dengan cepatnya menyebar dan diterima oleh masyarakat luas. Akses internet juga memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi seputar kuliner melalui media sosial atau mesin pencarian.

Beberapa bisnis kuliner bahkan juga eksis di media sosial, sebagai sarana promosi sekaligus mendekatkan diri dengan pelanggan. Eksistensi usaha kuliner di media sosial ini tak bisa dipungkiri dapat membuat siapapun dan dimanapun dengan mudahnya mengetahui informasi terkini. Mulai dari promo diskon, menu-menu baru hingga mengadakan giveaway tertentu.

Nah, sekarang bagi Anda yang berencana membuka usaha kuliner atau sudah menjalankan usaha kuliner, mari simak bersama peluang bisnis kuliner apa saja di era teknologi ini:

Baca Juga: Cara Jitu Unggul dalam Dunia Bisnis Modern

1. Fastfood/ Restoran Cepat Saji

Hampir di setiap daerah baik di kota besar maupun kota kecil, sering kita menemui restoran atau outlet makanan cepat saji. Alasannya, restoran cepat saji membantu konsumen untuk mendapatkan makanan secara cepat tanpa harus menunggu lama. Mengingat keterbatasan waktu dan kesibukan dari masing-masing orang yang berbeda. Cara penyebarannya pun cepat karena bisa menggunakan sistem waralaba, dimana tiap orang yang memiliki modal boleh membuka cabang.

Dengan adanya teknologi masa kini, akan turut serta mempengaruhi perkembangan usaha makanan siap saji. Iklan kreatif di media sosial, internet atau bahkan portal berita online, akan dengan mudah menjangkau konsumennya. Di sisi lain, Anda juga harus siap, disaat hadirnya teknologi juga semakin membuka kompetisi dengan kompetitor baru (baik produk sejenis maupun yang berbeda).

2. Snack Sehat

Siapa sih yang tidak suka makan snack atau camilan? Dari muda hingga tua semua suka, baik itu snack yang berharga murah sampai mahal, dari yang tradisional sampai yang modern. Ragamnya pun juga sangat banyak dan mudah kita dapati seperti di pasar, minimarket, hingga penjual keliling.

Pernahkah Anda melihat, membeli atau mencoba snack sehat yang terbuat dari bahan organik yang lebih sehat? Rasanya tak kalah lezatnya dengan snack pada umumnya. Perkembangannya juga semakin pesat di kalangan masyarakat. Kampanye yang dilakukan oleh beberapa komunitas tentang pentingnya makanan sehat juga turut serta dalam berkembangnya snack sehat ini. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Tren ini tidak lepas juga dari teknologi yang membuat masyarakat dengan cepat dan mudah mendapat informasi.

Setelah Anda paham dengan hal-hal diatas dan mulai menemukan ide-ide baru untuk menjalankan atau mengembangkan bisnis, ada satu hal penting yang sayang sekali jika Anda lewatkan. Yakni tentang pemasaran atau iklan. Sudah banyak iklan maupun kampanye kreatif suatu produk makanan dan minuman, mampu mengubah pola pikir seseorang. Dengan iklan kreatif yang sarat akan pesan-pesan moral, mampu meningkatkan nilai jual dari suatu produk kepada konsumen.

Baca Juga: 5 Keuntungan Jika Anda Memiliki Izin Usaha Tetap

3. Cloud Kitchen

Apa itu cloud kitchen? Cloud Kitchen berarti sebuah dapur yang ditujukan untuk membuat makanan yang akan dijual, biasanya hanya fokus ke menawarkan jasa pesan antar saja. Beda dengan dapur restoran biasa, cloud kitchen dapat memproduksi makanan dari satu sampai beberapa merek sekaligus. Jadi tak ada meja atau tempat duduk untuk tamu makan di restoran di area cloud kitchen tersebut. 

Peluang bisnis ini bisa Anda pertimbangkan jika memiliki lahan kosong. Bisa Anda sewakan ke brand kuliner tertentu atau bisa juga Anda sendiri yang mengelola untuk melayani pesan antar makanan.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka peluang usaha makanan dan minuman akan terbuka lebar. Baik dari segi iklan, pemasaran dan informasi lainnya. Jadi semua tergantung bagaimana strategi Anda memanfaatkan teknologi informasi tersebut.

Saran dari Intermezzo, coba lakukan riset lebih mendalam tentang 3 peluang usaha kuliner di atas. Jangan lupa juga gunakan software terbaik untuk bisnis kuliner, yaitu MyOrder. Dengan MyOrder, akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis kuliner karena terdapat berbagai macam fitur yang bermanfaat dan inovatif.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.