10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
sumber gambar: pexels.com

Keinginan konsumen merupakan salah satu hal dalam pemasaran yang tidak mudah untuk dipahami. Produk seperti apa yang mereka suka, apa yang tidak mereka sukai, berapa harga yang mereka inginkan dan banyak rahasia lain yang tersimpan rapat di benak mereka. Maka dari itu, kita perlu memerlukan pendekatan psikologis kepada calon konsumen. Agar dapat mengerti keinginan dan masalah mereka, sehingga kita bisa menjual produk yang bermanfaat bagi mereka.

Mari kita simak beberapa hal untuk menguak keinginan konsumen yang perlu Anda ketahui.

1. Berikan surprise

Sebuah surprise/ kejutan akan menciptakan rasa penasaran untuk perubahan pada rutinitas kehidupan mereka secara tiba-tiba. Tentu kejutan yang diharapkan bersifat positif bukan yang negatif atau malah membuat mereka mengalami trauma. Anda bisa menyesuaikan kejutan apa yang sekiranya pas untuk diberikan pada pelanggan yang membeli produk Anda, bisa berupa barang maupun jasa.

Pastikan nilai dari kejutan ini sesuai dengan budget yang Anda miliki dan bukan justru membuat Anda rugi. Contoh yang paling umum ditemui adalah jika merayakan ulang tahun di sebuah restoran. Restoran tersebut akan memberikan sepotong cake gratis kepada orang yang berulang tahun dan mengajak pengunjung lain untuk ikut menyanyi bersama-sama. Sekilas sepele, namun konsumen akan merasa puas atas servis yang diberikan dan sudah pasti akan menjadi pelanggan setia di restoran itu.

2. Ingin hidup lebih praktis.

laptop
sumber gambar: pexels.com

Sederhanakan cara pemesanan dan cara menggunakan produk yang Anda jual. Semakin praktis pemesanan dan penggunaan produk, semakin besar peluang Anda untuk mendatangkan pelangan. Anda bisa menciptakan keunikan dari cara pemesanan, misalnya dengan melakukan inovasi self order. Sebuah teknologi yang memungkinkan konsumen memesan dan membayar secara mandiri. Atau bisa juga dengan menggunakan sistem pembayaran QRIS, agar konsumen dapat melakukan transaksi lebih praktis.

Baca Juga: Cara Daftar QRIS, Baca Langkah-Langkahnya Disini

3. Rasa aman

Beritahu calon konsumen, bahwa Anda memiliki jaminan sistem pemesanan yang aman dan penggunaan barang yang Anda jual juga aman. Jaminan tersebut bisa berupa garansi pengiriman maupun garansi pengembalian barang rusak dalam kurun waktu tertentu. Dengan tujuan untuk membuat pelanggan merasa aman dalam menggunakan produk Anda.

4. Berikan pujian

Anda bisa memberikan sedikit ucapan pujian kepada pelanggan Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan dihargai atas apa yang pernah dicapai. Setelah mereka merasa diperhatikan, barulah Anda mulai untuk menawarkan produk yang bermanfaat untuk mereka.

5. Penasaran

Gunakan kata-kata atau copywriting yang membuat pembaca iklan merasa penasaran. Mulai dari judul hingga konten buat semenarik mungkin untuk menggugah rasa keingintahuan audiens. Tak lupa tetap utamakan unsur kejujuran dalam apa yang Anda tulis dalam iklan. Jangan sampai calon pelanggan tertipu dengan judul yang mengandung clickbait.

Baca Juga: 3 Cara Menarik Kembali Pelanggan yang Hilang

6. Inventasi untuk masa depan

Pastikan Anda memberikan kalimat penawaran yang tepat kepada pelanggan. Berikan rasa aman akan janji Anda untuk memberikan yang terbaik. Bukan hanya iming-iming kosong belaka, melainkan hasil investasi apa yang akan didapat di masa depan.

Contoh kalimat yang tepat untuk penawaran seperti “Investasikan uang Anda dengan produk kami“, lebih baik daripada menggunakan kalimat “Belilah produk kami”.

7. Model produk yang sedang hits

Jelaskan kepada calon konsumen, bahwa produk Anda adalah produk dengan model ter-update saat ini. Sudah banyak orang yang beli, jangan sampai ketinggalan tren. Kecenderungan calon konsumen akan merasa terdesak untuk segera membeli agar tidak dianggap kuno.

Tapi juga perlu diingat bahwa produk yang sedang menjadi tren tidak banyak yang bertahan lama, karena hanya bersifat musiman. Namun karena sifat musiman ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang banyak pula.

produk sepatu
sumber gambar: pexels.com

8. Mengatasi permasalahan

Tuliskan masalah yang dialami dan tunjukkan bagaimana produk Anda bisa memberikan solusi atas masalah tersebut. Berikan solusi yang tidak berlebihan tetapi masuk akal untuk segera dipraktekkan ke calon konsumen.

Dalam memberikan solusi dari masalah calon konsumen, Anda bisa menggunakan bahasa yang persuasif untuk mempengaruhi dan dapat segera membeli produk Anda.

Baca Juga: Ingin Tahu Bagaimana Membuat Pelanggan Lebih Bahagia?

9. Membahagiakan orang lain

Tunjukkan bagaimana manfaat dari produk yang Anda jual kepada calon konsumen, akan membuat orang lain ikut merasa bahagia. Seperti teman dekat, keluarga, atau masyarakat. Terutama konsumen yang telah membeli produk Anda juga merasa bahagia, misalnya dengan cara menunjukkan testimoni.

10. Bermanfaat

Buktikan manfaat produk yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan hasil yang konkret. Karena pelanggan lebih peduli dengan manfaat dari produk daripada fitur-fitur yang Anda tawarkan. Yang mungkin tidak semua calon pelanggan mengerti bahasa teknis yang telah dicantumkan.

Setelah Anda memahami 10 pendekatan psikologis diatas, jangan lupa untuk segera Anda terapkan dalam bisnis Anda. Karena HASIL tak akan pernah mengkhianati USAHA Anda.

Selamat berjuang!

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.