Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?

Sebagai pemilik bisnis ritel kecil dan menengah, pasti akan mengalami masa dimana bisnis yang dikelola sedang mengalami penurunan.

Jika penurunan tersebut masih dalam batas wajar, tentu bukan suatu hal yang harus ditakutkan. Namun berbeda hal jika penurunan tersebut sudah drastis bahkan hingga mengancam keberlangsungan bisnis.

Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
images/www.weekendnotes.com

Penurunan dalam bisnis, bisa diakibatkan karena omzet yang menurun, kurangnya fokus dalam bisnis, kinerja yang tidak maksimal, dan lain sebagainya.

Anda sebagai pemilik bisnis juga harus tahu penyebab apa yang membuat bisnis Anda mengalami penurunan, agar Anda bisa mencari solusi terbaik bagi bisnis Anda.

Baca juga: 5 Tips Penting untuk Marketing Bisnis Ritel Anda

Setiap pemilik bisnis ritel tentu memiliki cara dan reaksi yang berbeda-beda dalam menanggapi penurunan bisnisnya. Nah, sudahkah Anda tahu 5 kebiasaan bisnis ritel yang sukses? Mari kita simak bersama.

1. Prioritas adalah kunci

Bisnis ritel tergolong bisnis yang sibuk. Seringkali penurunan atau bahkan jatuhnya bisnis ritel karena kurangnya memperhatikan to-do list yang sudah dipersiapkan secara efektif.

Mulai dari pemesanan stok barang, menganalisa tren pasar, membuat merchandise yang menarik, pelatihan karyawan, pemasaran online dan masih banyak lagi yang harus dilakukan.

Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
images/delish.com

Salah satu kunci utama perkembangan dalam bisnis ritel adalah melakukan penjadwalan untuk hal-hal yang bisa memberikan dampak besar maupun kecil dalam bisnis.

Artinya, dalam tahap ini, pemilik bisnis harus bisa membuat skala prioritas yang efektif agar bisnisnya bisa sukses.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal

Penjadwalan ini dijamin akan membantu Anda lebih fokus kepada hal-hal yang berdampak langsung maupun tidak langsung. Sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk liburan maupun keluarga.

2. Bangkit dari kegagalan

Apakah Anda masih memiliki cukup waktu, untuk belajar dari kegagalan di waktu lalu ketika banyak to-do list yang harus dikerjakan dan diprioritaskan?

Hal ini bukan menjadi rahasia lagi bagi para pemilik bisnis untuk merenungi kegagalan masa lalu atau peluang yang terlewatkan di masa lalu.

Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
images/www.botswanayouth.com

Namun ternyata, kebiasaan para pebisnis ritel yang sukses adalah menggunakan kegagalan di masa lalu sebagai pembelajaran dan motivasi di masa depan.

Anda bisa mulai untuk mencoba menggali lebih dalam segala informasi atas kegagalan Anda di masa lalu dan olah informasi menjadi data untuk membuat strategi dengan lebih baik.

3. Pelatihan karyawan hal yang vital

Bagi Anda pebisnis ritel mungkin seringkali menjumpai pegawai toko yang terlihat kurang menguasai produk yang dijual dalam toko Anda. Anda dan karyawan harus sadar, bahwa mereka adalah wajah dari brand yang sedang Anda perjuangkan.

Sehingga Anda harus lebih sering melakukan training kepada karyawan untuk meningkatkan kualitas mereka.

Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
images/agenda.ge

Memberikan training pada karyawan khususnya karyawan baru memang sangat vital untuk dilakukan, namun bagi pebisnis besar tidak berhenti pada pembelajaran itu saja.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim

Ritel besar harus terus melakukan training berkala untuk karyawannya yang berfokus pada prosedur operasional toko, update layanan pelanggan, pelatihan produk baru dan hal-hal lainnya yang perlu dikuasai karyawan.

Investasikanlah waktu dan uang Anda untuk kegiatan edukasi guna memetik hasil yang maksimal nantinya.

4. Memahami kompetisi menjadi sebuah keharusan

Sangat penting bagi pebisnis ritel untuk memahami dengan jeli siapa kompetitor mereka, mulai dari ritel kecil yang ada di pinggir jalan hingga pesaing besar yang punya gerai dipusat perbelanjaan modern atau mall.

Selain mempelajari tren pasar yang ada, pebisnis ritel yang sukses umumnya juga meluangkan waktu mereka untuk benar-benar mengunjungi bisnis lain yang bersaing dengan bisnis mereka.

Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
images/money.id

Mereka melakukan hal tersebut untuk melakukan analisis secara mendalam tentang bermacam produk yang dijual pesaing, pengalaman layanan pelanggan, kemasan produk, peluang belanja online, acara-acara khusus, tampilan visual dan kesan pelanggan ketika memasuki toko tersebut.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi

Seringkali dengan melakukan analisa rutin terhadap hal-hal tersebut membuat pemilik bisnis ritel menjadi lebih mengenali berbagai tren yang ada dan bahkan bisa mendapatkan strategi baru untuk bersaing dengan bisnis ritel yang lain.

Konsisten dalam melakukan analisis kompetitor merupakan salah satu kunci sukses pebisnis ritel besar.

5. Mulai merubah persediaan barang yang dijual

Seringkali, pebisnis ritel membuka sebuah toko karena menyukai kategori produk tertentu untuk dijual kepada pelanggan.

Namun ternyata, pebisnis ritel sukses rela mengubah perencanaan persediaan barang ditoko mereka untuk lebih berfokus pada pelanggan bukan diri mereka sendiri. Hal ini juga termasuk di dalamnya menyediakan produk baru yang sesuai dengan tren di pasar.

Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?
images/wikimedia.org

Ketika Anda mendengarkan saran dan kritikan dari pelanggan Anda dan  bekerjasama dengan penyedia barang di toko Anda, Anda akan dapat lebih efektif dalam menyediakan produk terbaik dan ekslusif di toko Anda.

Pada akhirnya sebagai upaya dalam menumbuh kembangkan bisnis ritel menjadi lebih baik lagi adalah dengan menerima bahwa Anda tidak bisa selamanya menjalankan bisnis Anda sendirian.

Anda perlu mempertimbangkan untuk membangun sebuah tim yang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing untuk mengelola bisnis Anda secara efektif dan kolektif, yang pada akhirnya akan mampu membuat bisnis menjadi besar dan lebih baik.

Semoga bermanfaat dan tak lupa sebarkan ke rekan-rekan Anda yang lain.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: