Mesin Absensi Bersertifikat TKDN: Pentingnya Mendukung Produk Dalam Negeri

Di era digitalisasi ini, penggunaan teknologi canggih dalam berbagai bidang semakin marak, termasuk di sektor administrasi perkantoran. Salah satu contohnya adalah penggunaan mesin absensi TKDN untuk mencatat kehadiran karyawan.

Namun, tahukah Anda bahwa dalam memilih mesin absensi, penting untuk mempertimbangkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri? Sertifikat ini menjadi bukti bahwa mesin absensi tersebut memiliki kandungan komponen dalam negeri minimal 25%.

Baca juga: Solusi Absensi Terbaik: Memilih Tipe Mesin yang Mencocokkan Kebutuhan Bisnis Anda

Mengapa sertifikat TKDN menjadi penting? Berikut beberapa alasannya:

  1. Mendukung Perekonomian Nasional

Dengan memilih mesin absensi bersertifikat TKDN, Anda secara langsung berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Dana yang Anda keluarkan untuk membeli mesin absensi akan digunakan untuk membeli komponen dari perusahaan-perusahaan dalam negeri, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan daya saing industri lokal.

  1. Memenuhi Ketentuan Pemerintah

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa regulasi yang mewajibkan penggunaan produk dengan TKDN minimal tertentu, termasuk mesin absensi. Penggunaan mesin absensi bersertifikat TKDN merupakan bentuk kepatuhan terhadap regulasi tersebut.

Ilustarsi: Pemerintah cek barang bersertifikat TKDN

Berdasarkan informasi yang terdapat di dalam website resmi KEMENPERIN, saat ini ada dua lembaga surveyor independen yang telah ditunjuk Kementrian Perindustrian untuk keperluan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yaitu PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo.

  1. Meningkatkan Kualitas Produk

Banyak mesin absensi bersertifikat TKDN yang diproduksi dengan kualitas tinggi dan menggunakan teknologi terkini. Hal ini karena perusahaan-perusahaan dalam negeri terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing di pasar global.

  1. Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Produksi mesin absensi dalam negeri umumnya memiliki dampak lingkungan yang lebih kecil dibandingkan dengan produk impor. Hal ini karena jarak transportasi komponen yang lebih pendek dan penggunaan energi yang lebih efisien.

  1. Menjaga Data dan Keamanan Siber

Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk menjaga keamanan data dan informasi nasional. Penggunaan mesin absensi sesuai standar pemerintah ini dapat membantu menjaga data dan informasi karyawan agar tidak mudah bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Cara Memilih Mesin Absensi Bersertifikat TKDN?

Berikut beberapa tips memilih mesin absensi bersertifikat TKDN:

  • Periksa sertifikat: Pastikan mesin absensi yang Anda pilih memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri yang sah dan masih berlaku. Anda dapat mengecek sertifikat TKDN di website Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
  • Pilihlah fitur yang sesuai kebutuhan: Mesin absensi tersedia dengan berbagai fitur, seperti sidik jari, wajah, kartu RFID, dan kombinasi beberapa fitur. Pilihlah fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.
  • Pertimbangkan layanan purna jual: Pastikan penyedia mesin absensi menyediakan layanan purna jual yang baik, seperti garansi dan perbaikan.
  • Bandingkan harga dari beberapa penyedia: Jangan lupa untuk membandingkan harga dari beberapa penyedia sebelum membeli mesin absensi.

Berikut beberapa contoh mesin absensi bersertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri


Kesimpulan

Memilih mesin absensi bukan hanya tentang memenuhi regulasi pemerintah, tetapi juga tentang mendukung perekonomian nasional, meningkatkan kualitas produk, menjaga data dan keamanan siber, dan menjaga kelestarian lingkungan. Dengan memilih mesin absensi bersertifikat TKDN, Anda turut berkontribusi dalam membangun bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.