Penjelasan Biaya MDR QRIS, Gratis untuk Organisasi Sosial

Biaya MDR QRIS (Merchant Discount Rate) adalah biaya yang dibebankan oleh penyelenggara (PT Telkom) kepada merchant yang disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Besarnya tergantung dari jenis usaha yang dijalankan oleh merchant QRIS tersebut. Bagi Anda yang belum menggunakan QRIS jangan khawatir, karena biaya MDR QRIS nominalnya terbilang kecil.

Jenis Biaya MDR QRIS

Berikut ini 4 jenis biaya transaksi MDR (MDR fee):

1. Transaksi Reguler

transaksi reguler
sumber gambar: freepik.com

Biaya MDR untuk jenis usaha komersil besarnya hanya 0,7% dari total transaksi. Misalnya transaksi di supermarket, toko, restoran, tempat wisata, dan usaha komersil lainnya dengan menggunakan QRIS.  

Perhitungannya, jika ada transaksi pembelian barang dengan nominal Rp 100.000, akan dikenakan biaya MDR sebesar 0,7% atau Rp 700. Jadi, uang bersih yang akan nanti akan masuk ke rekening merchant adalah Rp 99.300.

2. Transaksi Pendidikan

transaksi pendidikan
sumber gambar: pexels.com

Untuk transaksi di bidang pendidikan, besarnya biaya MDR yaitu 0.6%. Jenis usaha meliputi sekolah, universitas, atau kursus. Berikut ilustrasinya, Budi mendaftar kursus memasak di Enak Academy dengan biaya Rp 500.000 dan memilih QRIS sebagai alat pembayaran. Maka biaya MDR yaitu sebesar Rp 3.000 atau 0,6% dari total biaya kursus tersebut. Pendapatan bersih yang akan masuk ke rekening Enak Academy adalah Rp 497.000.

3. Transaksi SPBU

sumber gambar: mypertamina.id

Berikutnya biaya MDR untuk bertransaksi di SPBU, yang nominalnya sebesar 0.4%. Semisal kita membayar pengisian bensin Rp 200.000, biaya MDR nya adalah Rp 800 saja. Tapi jangan lupa menghimbau konsumen untuk jaga jarak karena transaksi QRIS menggunakan smartphone, sedangkan di SPBU dilarang mengeluarkan handphone.

Baca Juga: Belanja di Luar Negeri Bayarnya Pakai QRIS, Bisa Dong!

4. Transaksi Organisasi Sosial 

transaksi sosial
sumber gambar: unsplash.com

Kabar baik bagi Anda yang memiliki yayasan, organisasi di bidang sosial, atau juga tempat ibadah. Tidak ada biaya MDR yang dikenakan alias gratis. Jadi misalnya orang yang memberikan persembahan di gereja atau memberikan donasi ke sebuah yayasan, nominal yang diterima akan sama tanpa potongan biaya apapun.

Keuntungan menggunakan QRIS

Meski dikenakan biaya MDR, merchant tetap akan mendapatkan banyak keuntungan jika menyediakan QRIS sebagai sistem pembayaran. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Menghindari uang palsu
  2. Memberikan pilihan pembayaran yang fleksibel bagi konsumen/ donatur
  3. Tidak perlu repot menyediakan uang kembalian
  4. Histori transaksi secara otomatis akan tercatat tanpa harus melakukan pencatatan manual

Jika dibandingkan dengan sistem pembayaran yang lain, biaya MDR QRIS masih lebih kecil nominalnya. Misalnya biaya switching melalui GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), merchant akan dikenakan biaya 1%. Atau malah dibanding dengan biaya MDR kartu kredit bank yang biasanya sebesar 2-3% dari total transaksi.

Baca Juga: Cara Daftar QRIS, Baca Langkah-Langkahnya Disini

Merchant atau organisasi sosial bisa mendaftar QRIS secara online di situs resminya www.qris.id. QRIS.id adalah bentuk kerja sama antara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dengan PT Interaktif Internasional (InterActive) dalam mendukung program digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia.

Proses registrasi yang mudah dan cepat adalah salah satu keunggulan dari QRIS.id. Nantinya, pemilik bisnis bisa mendapatkan versi softcopy QRIS yang dapat diunduh dan dicetak secara mandiri. Bahkan QRIS.id juga memiliki aplikasi yang sudah tersedia Google Playstore. Dengan aplikasi QRIS.id, Anda dapat melihat histori transaksi atau melakukan penjadwalan settlement.

Download sekarang di Playstore atau klik disini.

Andrew Santoso

Digital Marketing at InterActive

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.