8 Aplikasi yang Mendukung QRIS untuk Memudahkan Pembayaran

Anda masih bertransaksi menggunakan uang tunai? Mungkin sekarang saatnya beralih ke metode cashless atau pembayaran non tunai. Cashless adalah metode pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai dan termasuk sebagai pembayaran digital.

Sejak pandemi Covid-19, masyarakat mulai terbiasa dengan metode cashless karena tidak perlu melakukan kontak fisik dengan kasir atau driver ojol yang mengantar pesanan. Salah satu jenis pembayaran cashless yang sering digunakan adalah QRIS, kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard.

Dalam acara 4th Indonesia Fintech Summit 2022, Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia menyampaikan bahwa pengguna QRIS sudah mencapai 22 juta merchant. 90 persen dari jumlah merchant tersebut adalah pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Destry menambahkan bahwa capaian ini sudah sesuai dengan tujuan awal peluncuran QRIS oleh Bank Indonesia pada Agustus 2019. 

Saat ini QRIS telah berkembang dari yang awalnya merchant dengan berpenghasilan rendah (low income) menuju ke level berpenghasilan menengah (medium income). Dimana sebelumnya batas atas transaksi hanya sebesar Rp2 juta, lalu meningkat jadi Rp5 juta, dan sekarang sudah naik menjadi Rp10 juta. 

Nah, Anda sudah tertarik melakukan transaksi dengan QRIS? Berikut ini adalah 8 aplikasi yang mendukung QRIS sebagai alat pembayaran. Kabar baiknya, aplikasi-aplikasi tersebut sudah tersedia di Google Playstore dan App Store.

Baca Juga: Apa Itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

8 Aplikasi yang Mendukung QRIS

1. BCA Mobile Banking

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, kini BCA (Bank Central Asia) sudah memiliki 28 juta jumlah nasabah. BCA terus berupaya dalam meningkatkan layanan perbankan, salah satunya dengan menyediakan aplikasi BCA mobile banking atau biasa disebut m-banking yang bisa dioperasikan melalui smartphone. Selain berfungsi sebagai dompet digital, aplikasi BCA m-banking juga dilengkapi dengan pembayaran QRIS. Kita tidak perlu lagi melakukan top up saldo, hanya dengan memindai kode QR lewat aplikasi langsung bisa untuk bertransaksi.

2. Mandiri Livin’

Mandiri Livin’ adalah aplikasi mobile banking yang diluncurkan oleh Bank Mandiri. Selain menyediakan fitur pembayaran QRIS, yang terbaru Bank Mandiri menambahkan fitur Power Cash atau tarik tunai dari kartu kredit serta pembayaran QRIS dengan sumber dana kartu kredit. Dengan adanya fitur Power Cash, nasabah Mandiri dapat melakukan penarikan dana tunai dari sisa limit kartu kredit yang dimiliki ke rekening tabungan. Penarikan dana dapat dilakukan hingga 50% dari sisa limit kartu kredit, atau maksimal Rp 500 juta.

3. GoPay

Jika Anda adalah pengguna setia Gojek, pembayaran QRIS juga bisa dilakukan dengan mengunakan saldo GoPay di dalam aplikasi Gojek. Dengan bertransaksi melalui aplikasi Gojek, pengguna bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh cashback dan voucher menarik.

4. OVO

Aplikasi OVO merupakan aplikasi pembayaran yang dikelola oleh perusahaan Visionet Internasional. OVO mengklaim bahwa aplikasinya sudah tersedia di 115 juta perangkat dan sudah diterima di lebih dari 373 kota di seluruh Indonesia. Manfaat lebih jika bertransaksi QRIS dengan OVO yaitu adanya loyalty rewards berupa OVO Point (1 OVO Point = Rp 1). OVO Point bisa diperoleh pengguna OVO dengan cara bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO, dan dapat digunakan kembali sebagai pembayaran digital.

5. ShopeePay

ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran baik di aplikasi Shopee ataupun di merchant. Mirip dengan sistem di OVO, Shopee memiliki program cashback dengan memberikan Shopee point tiap transaksi yang bisa dipakai untuk pembayaran di transaksi berikutnya.

6. LinkAja

Aplikasi yang mendukung QRIS selanjutnya yaitu LinkAja, sebuah produk unggulan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Berdasarkan izin dari Bank Indonesia pada Februari 2019, Finarya telah resmi menjadi penerbit uang elektronik dan penyedia layanan uang digital. Pada Maret 2021, PT Dompet Karya Anak Bangsa resmi menjadi pemegang saham Finarya.

7. Dana

Dana adalah salah satu dompet digital asli Indonesia yang menunjang transaksi tanpa uang tunai dan tanpa kartu. Aplikasi Dana juga dilengkapi dengan PPOB untuk pembelian pulsa dan pembayaran tagihan. Tentu saja pembayaran QRIS juga bisa dilakukan dengan aplikasi Dana.

8. QRIS.id

Terakhir, aplikasi yang mendukung QRIS adalah QRIS.id. Aplikasi QRIS.id memiliki fitur yang memudahkan merchant dalam bertransaksi menggunakan QRIS, misalnya:

  1. Pendaftaran baru QRIS
  2. Cek histori transaksi QRIS
  3. Cek histori settlement QRIS
  4. Download kode QR

Selain itu, ada keuntungan tambahan jika merchant mendaftar QRIS melalui QRIS.id:

  1. Mendapatkan aplikasi kasir MyProfit gratis, yang dapat menunjang operasional bisnis.
  2. Bisa diintegrasikan dengan sistem self-order, baik mode kiosk, tablet, atau lewat kode QR.
  3. Customer support yang siap membantu jika ada keluhan atau pertanyaan, dengan menghubungi nomor Whatsapp +62 812-3232-3253. 

Baca Juga: 5 Aplikasi Kasir Terbaik yang Bisa Jadi Alternatif Mokapos

Demikian pembahasan tentang 8 aplikasi yang mendukung QRIS sebagai alat pembayaran digital. Semoga setelah membaca artikel di atas, Anda mulai mempertimbangkan untuk melengkapi usaha Anda dengan sistem pembayaran QRIS.

Nantikan artikel selanjutnya seputar strategi bisnis, teknologi, pembayaran digital, dan tips marketing hanya di Intermezzo!

Andrew Santoso

Digital Marketing at InterActive.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.