6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai

Pengusaha muda di Indonesia dewasa ini sudah semakin banyak dan berkembang. Banyak diantaranya yang hanya coba-coba dalam berbisnis dan ada yang memang serius dalam menekuni bisnis. Ada juga yang berbisnis karena mewarisi bisnis dari orang tua.

Banyak orang beranggapan bahwa langkah awal dari permulaan bisnis adalah hal yang paling penting dan harus direncanakan dengan baik-baik. Pemikiran yang seperti ini termasuk pemikiran yang kurang tepat.

6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai
images/www.canadianpointofsale.com

Setiap langkah yang diambil dalam berbisnis semuanya penting dan memiliki pengaruh terhadap sukses atau tidaknya bisnis yang sedang dijalankan. Sebagai upaya untuk mencegah kegagalan dalam berbisnis, berikut 6 kesalahan dalam berbisnis yang wajib Anda pelajari dan waspadai secara seksama:

Baca juga: 10 Tanda Bisnis Anda Sehat dan Bersih

1. Terlalu percaya diri dengan produk yang dimiliki

Setiap orang pasti menganggap bahwa ide yang mereka pikirkan merupakan ide yang bagus. Jika ide tersebut berhasil diwujudkan, mereka berpikir tentu produk akan laku dipasaran dan bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Sifat terlalu yakin dengan ide dari diri sendiri inilah yang terkadang bisa membuat seseorang gagal dalam berbisnis.

6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai
images/www.ivey.uwo.ca

Dalam mewujudkan ide tersebut tentu akan mengeluarkan modal yang tidak sedikit, sedangkan belum tentu sebuah ide yang bagus dapat diterima oleh pelanggan.

Alhasil ketika meluncurkan produk tersebut, tidak ada satu orang pun yang akan membelinya karena ide yang bagus akan sia-sia jika produk tersebut tidak dibutuhkan oleh pelanggan.

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

Untuk menghindari hal diatas, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu apa yang diinginkan pelanggan. Bisa dengan membuat survey mengenai bidang yang Anda minati, atau bisa dengan wawancara langsung beberapa orang yang ahli dalam bidang tersebut.

2. Terlalu terburu-buru dan tidak memiliki perencanaan yang baik

Saat bisnis dirasa sudah mulai memberikan hasil yang nyata, tentu Anda ingin mengembangkan bisnis tersebut lebih dan lebih lagi. Hal ini merupakan hasrat atau naluri yang wajar dari setiap manusia.

Seringkali hal ini pula yang menyebabkan sebuah bisnis bisa kAndas di tengah jalan. Lebih parahnya lagi, bisnis ini bisa meninggalkan hutang yang besar bagi Anda. Kecepatan memang diperlukan dalam bisnis, namun terlalu cepat bisa membuat bisnis tersandung.

6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai
images/study.com

Ibaratnya seperti ketika kita belajar mengendarai motor. Pertama-tama, tentu harus mengenali satu per satu yang perlu diperhatikan sebelum mengendarainya.

Selanjutnya, Anda juga harus rutin latihan dengan menggunakan motor tersebut agar lancar dalam mengendarai.

Tidak mungkin Anda langsung mengendarai motor dengan kecepatan penuh bukan, tanpa membangun pengetahuan sedikit demi sedikit mengenai motor tersebut. Hal seperti ini pulalah yang patut Anda terapkan dalam berbisnis.

3. Satu keahlian sudah dianggap cukup

Banyak yang beranggapan bahwa jika sudah memiliki keahlian tertentu dalam bidang bisnis tersebut, maka bisnis pun akan sukses.

Baca juga: Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis

Contohnya seperti, Anda yakin untuk membuka bisnis restoran yang sukses karena Anda pintar dalam memasak. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar. Pemikiran seperti ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak bisnis yang kAndas di tengah jalan.

6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai
images/www.etcproject.eu

Berbisnis mencakup banyak hal, di antaranya adalah supplier, pelanggan, bahan baku, pelayanan, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak hal tersebut, jika hanya memiliki keahlian dalam operasionalnya saja, tentu bisnis akan timpang sebelah.

Jadi, Anda harus banyak belajar agar bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses. Selain itu, Anda bisa merekrut atau mengajak teman yang bisa melengkapi keahlian satu sama lain untuk menjadi rekan bisnis.

4. Pengambilan penawaran yang tidak logis

Rasa semangat dan gairah (passion) yang menggebu-gebu itu diperlukan dalam berbisnis tanpa mengesampingkan logika yang benar. Terkadang ada penawaran yang menggiurkan seperti tawaran investasikan uang dan akan mendapatkan sepuluh kali lipat dalam waktu satu bulan.

6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai
images/www.strategyfreaks.com

Semua orang memang menginginkan untung yang sebesar-besarnya, namun jangan sampai logika berpikir secara rasional  terpengaruh keputusan secara emosional.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi

Tidak ada istilah mendapatkan uang dengan mudah didalam berbisnis. Pasti ada risiko yang menanti di depan mata. Oleh karena itu, selalu teliti dan pelajari sebelum mengambil sebuah keputusan. Lebih baik Anda memikirkan dengan matang sebelum menyesal pada akhirnya.

5. Tidak mempunyai rencana cadangan

Ketika ide yang didapat sudah bisa diterima pelanggan dan bisnis sudah berjalan dengan lancar, jangan mudah untuk berpuas diri. Anda harus tetap berwaspada dan membuat rencana lainnya (cadangan). Jika sewaktu-waktu memperoleh masalah, Anda sudah siap menghadapinya.

6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai
images/www.bradburyfororegon.com

Berdiam diri dan tidak melakukan inovasi, tidak akan membuat bisnis sukses, justru bisa memicu kompetitor untuk menggerus bisnis Anda secara perlahan. Hal ini sudah terbukti di berbagai macam industri, contohnya saja di industri obat.

Dahulu, masyarakat bersedia meminum obat yang pahit dan tidak enak rasanya karena tidak memiliki pilihan lain. Sekarang, para produsen obat pahit gulung tikar karena kompetitor mereka memberikan pilihan yang lebih baik.

Tersedia obat dengan berbagai macam rasa yang enak ketika dikonsumsi. Intinya, jangan mudah berpuas diri. Terus lakukan inovasi untuk mengembangkan produk Anda agar tidak kalah oleh kompetitor yang baru.

Baca juga: 8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil

Mintalah pendapat pada pelanggan agar Anda mengerti apa yang masih kurang dari produk tersebut. Selalu sediakan rencana lain untuk menanggulangi kompetitor yang berkeliaran.

6. Uang habis 

Uang habis disini adalah sama sekali tidak memiliki uang cash di kasir. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh para pelanggan yang sering hutang atau menggunakan kartu kredit untuk membayar apa yang mereka beli.

Padahal, uang cash tersebut seperti darah yang mengalir dalam bisnis. Jika aliran uang terhenti, tentu bisnis akan tersendat.

images/fiveablog.wordpress.com

Anda memerlukan uang cash untuk membayar biaya operasional serta karyawan Anda.  Jadi, aturlah keuangan dengan baik dan pancing pelanggan agar membayar dengan uang cash.

Baca juga: Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati?

Nah itu tadi 6 kesalahan dalam berbisnis yang patut diwaspadai. Ketika Anda sudah mengetahui 6 kesalahan ini, pastinya Anda akan berusaha meninggalkannya bukan? Usahakan ketika berbisnis, jauhi kesalahan diatas agar bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan lancar dan sukses.

1 Comment
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: