7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pemilik UMKM

Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi kasir untuk mengelola usaha Anda? Anda pasti sudah merasakan banyak manfaatnya. Tapi, jika Anda belum pernah menggunakan, bahkan belum tau apa itu aplikasi kasir, maka ini adalah artikel yang tepat untuk Anda baca hingga tuntas. Kali ini kami akan membahas manfaat penting aplikasi kasir bagi pengusaha UMKM yang wajib Anda ketahui.

Apa Itu Aplikasi Kasir?

Aplikasi kasir atau biasa disebut POS (Point of Sales) adalah sebuah sistem teknologi untuk melakukan transaksi penjualan retail (eceran). Biasanya digunakan oleh restoran, kafe, barbershop, franchise, toko retail, dan jenis usaha lain.

Seiring berkembangnya teknologi, fitur-fitur aplikasi kasir dikembangkan menjadi lebih lengkap dan kompleks. Tidak hanya mencatat transaksi penjualan, tapi juga bisa diintegrasikan dengan software akuntansi untuk pelaporan keuangan dan pengendalian kas. Karena itulah, aplikasi kasir sangat penting dimiliki para pengusaha UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara lebih maksimal.

Apalagi, biaya berlangganan aplikasi kasir sangatlah terjangkau, dan bahkan GRATIS selamanya seperti yang ditawarkan aplikasi InterActive MyProfit. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya berlangganan per bulan/ per tahunnya. Cukup akses menggunakan smartphone/ tablet Android, lalu install aplikasi InterActive MyProfit versi standar dengan biaya 0 rupiah alias GRATIS selamanya.

Nah, kembali ke awal. Memangnya, apa saja manfaat aplikasi kasir bagi pengusaha UKM? Berikut 7 Manfaat Aplikasi Kasir yang Jarang Diketahui Pengusaha UKM.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software dalam Bisnis Ritel

7 Manfaat Aplikasi Kasir

1. Pencatatan Transaksi Jadi Lebih Cepat dan Akurat

Manfaat aplikasi kasir yang paling utama adalah memudahkan Anda dalam mencatat transaksi penjualan. Dengan adanya aplikasi kasir, total transaksi pelanggan Anda bisa terhitung otomatis di aplikasi.

Anda tidak perlu mencatat transaksi secara manual lagi di buku tulis. Anda juga tidak perlu menggunakan kalkulator untuk menghitung total pembelian secara manual, dan Anda juga tidak perlu menghafal banyak kode seperti saat menggunakan mesin cash register.

Cukup gunakan aplikasi kasir di smartphone/ tablet, lalu klik produk yang dibeli pelanggan, dan total pembelian pun langsung tersaji di layar aplikasi. Nah, bagaimana? Transaksi penjualan jadi lebih mudah dan berjalan efektif kan?

2. Data Penjualan Tersimpan dengan Aman

Manfaat aplikasi kasir yang kedua berkaitan dengan keamanan data usaha Anda. Jika selama ini Anda mencatat total penjualan harian secara manual di buku tulis atau Excel, tentu data tersebut sangat rawan hilang/ rusak. Padahal, semua data penjualan sangat penting untuk analisa bisnis Anda secara maksimal.

Jangan sampai saat laporan penjualan dibutuhkan, Anda malah bingung mencarinya kemana. Jika sampai saat ini Anda masih melakukan pembukuan secara manual (dengan mencatatnya di buku tulis misalnya), berhati-hatilah karena cara tersebut sangat rawan kehilangan. Bisa jadi karena Anda lupa menaruh buku tersebut, atau karena terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti buku yang tertumpah air, atau resiko yang lain.

Untungnya, saat ini Anda bisa menyimpan semua data penjualan usaha Anda secara lebih aman di aplikasi kasir. Saat ini aplikasi kasir terbaru telah dilengkapi sistem penyimpanan online di Cloud Server. Jadi, semua data usaha Anda bisa tersimpan lebih aman dan minim resiko. Mulai dari data produk, inventori/ stok, catatan transaksi, hingga total omset harian.

Tapi, tidak semua aplikasi POS memiliki sistem penyimpanan di Cloud Server seperti ini. Pilih InterActive MyProfit, aplikasi kasir yang sudah pasti memiliki sistem penyimpanan yang aman di Cloud Server dan cocok untuk segala jenis usaha.

3. Pelayanan yang Lebih Cepat dan Menyenangkan

manfaat aplikasi kasir

Salah satu poin penting dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan adalah melayani mereka secara cepat dan tepat. Jangan biarkan mereka terjebak antrian panjang saat hendak membayar di kasir.

Karena itulah, Anda harus memiliki program kasir yang memadai untuk melakukan transaksi lebih cepat. Mulai dari pencatatan transaksi, menghitung total transaksi, hingga saat menerima berbagai metode pembayaran dari pembeli.

Jika Anda pengusaha F&B, Anda juga perlu mempertimbangkan efektifitas penyajian makanan. Jangan biarkan pelanggan terlalu lama menunggu makanan hanya karena sistem pelayanan yang tidak efektif di outlet Anda.

Pastikan Anda memiliki aplikasi kasir yang terintegrasi printer dapur (kitchen print-out). Sehingga daftar menu yang dipesan pelanggan bisa langsung tercetak otomatis di printer dapur, dan tim dapur pun bisa langsung menyajikannya dengan segera. Tidak perlu pelayan yang wira-wiri dari kasir ke dapur hanya untuk mengantar daftar pesanan pelanggan, dan pelanggan pun tidak pelu menunggu terlalu lama untuk menikmati hidangan yang mereka pesan.

Baca Juga: Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)

4. Memudahkan Pengelolaan Stok Produk Anda

Manfaat aplikasi kasir yang keempat ini berkaitan dengan pengelolaan stok produk Anda. Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda tidak perlu ribet memikirkan bagaimana cara manajemen stok secara efektif. Anda tidak perlu mengecek ke gudang setiap hari hanya untuk mengecek persediaan barang. Cukup gunakan aplikasi kasir dan monitor persediaan barang secara online lewat smartphone/ komputer.

Apalagi, saat ini juga tersedia fitur notifikasi otomatis saat produk Anda mulai habis. Jadi, Anda bisa re-stock produk Anda lebih awal dan mencegah kekurangan stok produk di gudang/ toko Anda.

5. Analisa Hasil Penjualan Jadi Lebih Praktis

data penjualan

Meskipun berskala UMKM, analisa bisnis dari pembukuan/ laporan penjualan sangatlah penting untuk mengukur kemajuan usaha Anda. Apakah Anda sudah terbiasa melakukan pembukuan secara rutin? Mungkin, sebagian dari Anda kesulitan dalam melakukannya. Apalagi, jika harus dilakukan setiap hari dan membutuhkan banyak waktu.

Untungnya, zaman sekarang semuanya serba dimudahkan, termasuk dalam membuat laporan penjualan untuk analisa bisnis. Cukup gunakan aplikasi kasir dan dapatkan laporan penjualan secara otomatis setiap harinya. Oh ya, jika Anda menggunakan aplikasi kasir MyProfit, Anda juga bisa mengintegrasikannya ke software akuntansi lho! Jadi, Anda bisa dapatkan laporan keuangan bisnis Anda secara lebih detail. Mulai dari arus kas, laba-rugi, hingga perhitungan pajak.

Baca Juga: 6 Manfaat Software Akuntansi bagi UMKM

6. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Menjalankan program loyalitas pelanggan akan lebih efektif jika Anda memiliki database pelanggan Anda. Lagi-lagi, Anda tidak perlu bingung bagaimana cara untuk memulainya. Karena dengan menggunakan aplikasi kasir yang tepat, Anda  bisa menyimpan data pelanggan Anda secara lebih efektif. Data tersebut bisa Anda manfaakan untuk menjalankan program loyalitas pelanggan, seperti mengadakan promo diskon, hadiah bagi pelanggan yang berulang tahun, dan lain-lain.

7. Lebih Modern dan Kekinian

Manfaat aplikasi kasir yang ketujuh ini sudah tidak diragukan lagi. Dengan menggunakan aplikasi kasir untuk usaha Anda, Anda bisa tampil lebih modern dan kekinian. Tentu hal ini bisa menjadi nilai plus untuk usaha Anda.

Dengan menggunakan aplikasi kasir dan memberikan nota pembelian dari printer bluetooth, tentu akan mengesankan bisnis Anda lebih profesional, modern dan kekinian. Beda halnya jika Anda masih melayani transaksi secara manual di buku tulis, kalkulator, atau mesin cash register yang memakan banyak tempat.

Nah, banyak sekali kan manfaat aplikasi kasir untuk usaha Anda. Segera gunakan aplikasi kasir untuk memudahkan Anda mengelola penjualan, sehingga Anda bisa memaksimalkan pengalaman binis Anda.

MyProfit

Kami rekomendasikan Anda menggunakan aplikasi kasir MyProfit yang bisa Anda Anda download secara GRATIS di Google Play Store. Untuk fitur standarnya bisa Anda gunakan secara GRATIS selamanya, dan jika ingin mengaktifkan fitur tambahan, cukup berlangganan mulai Rp 9.900/ bulan. Sangat terjangkau dan tentunya BANYAK manfaat yang bisa Anda dapatkan. Gunakan MyProfit secara GRATIS sekarang juga!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.