Rekomendasi 5 Brand Smart Home System, Nomor 5 dari Spanyol!

Tahukah Anda istilah internet of things atau biasa disingkat dengan IoT? IoT adalah teknologi yang memungkinkan satu objek untuk mampu berkirim data lewat koneksi internet tanpa bantuan komputer dan manusia. IoT dapat mengintegrasikan peralatan industri dan perangkat rumah tangga dengan internet.

Contoh Perangkat IoT

Saat ini, sistem IoT berdampak luas pada kehidupan dan pekerjaan manusia, baik dalam industri komersil sampai ke hunian pintar (smart home system). Misalnya mesin yang dapat menggantikan manusia untuk mengangkat beban yang berat, robot untuk menggantikan tugas yang repetitif, serta menjadikan peralatan rumah tangga lebih canggih.

Smart Building

Bangunan seperti perkantoran, pabrik, rumah sakit, universitas, atau bangunan komersial lainnya yang menggunakan IoT dapat mendorong efisiensi operasional. Manfaat IoT untuk smart building antara lain:

  • Menghemat konsumsi energi dan mempersingkat waktu
  • Membantu pekerjaan yang tidak bisa/ susah dilakukan oleh manusia
  • Dapat menurunkan biaya pemeliharaan
  • Memanfaatkan ruang kerja dengan lebih efisien
  • Memberikan pengalaman baru bagi pengguna

Smart Home

Perangkat di dalam rumah pintar (smart home) fokus pada peningkatan efisiensi, keamanan rumah, serta menambah kenyamanan bagi penghuni.

Contoh perangkat yang mengaplikasikan teknologi IoT ke dalam smart home yaitu:

  • Stop kontak pintar yang dapat memantau penggunaan listrik
  • AC/ pendingin ruangan dan termostat pintar yang dapat memberikan kontrol suhu sesuai yang diinginkan, mengatur kelembapan, bahkan penjadwalan otomatis. 
  • Sistem hidroponik dapat menggunakan sensor untuk mengelola kebun
  • Detektor asap dapat mendeteksi asap tembakau.
  • Sistem keamanan rumah seperti kunci pintu otomatis, CCTV, dan pendeteksi kebocoran air. Perangkat tersebut dapat mendeteksi dan mencegah resiko terjadinya kriminal dengan mengirim pemberitahuan kepada pemilik rumah melalui aplikasi di smartphone
  • Kulkas pintar yang akan mendeteksi secara otomatis bahan makanan terakhir dan memesannya untuk dikirim ke rumah
  • TV, audio, robot pembersih yang bisa dioperasikan melalui aplikasi atau perintah suara (voice command)
  • dan masih banyak perangkat pintar yang lainnya.

Baca Juga: Strategi Bisnis Airbnb Bertahan dari Pandemi Covid-19

Rekomendasi 5 Brand Smart System

Mulai tertarik dengan teknologi smart system? Nah, berikut ini adalah 5 brand Smart Home yang direkomendasikan jika Anda tertarik mengaplikasikan IoT ke dalam hunian ataupun ruang bisnis.

1. Orvibo

Orvibo smart system menggunakan sistem “All in One Panel” yang artinya cukup dengan 1 panel gateway layar sentuh yang bisa mengontrol berbagai perangkat. Produknya antara lain smart lighting, sistem HVAC, smart curtain, smart music, smart water purification, smart security, dan smart furniture. Brand dari China ini pernah mendapatkan penghargaan “International Excellence Design Awards” pada tahun 2017.

2. Handyman

Brand selanjutnya adalah Handyman, yang mengklaim sudah kompatibel dengan 500 lebih merek barang elektronik. Selain menawarkan produk yang mirip dengan Orvibo, aplikasi Handyman juga tersedia di Google Playstore dan App Store. Klien yang sudah menggunakan produk Handyman yaitu Holywings Group dan National Hospital Surabaya.

3. HDL

Brand smart home system HDL juga berasal dari China. HDL menyatakan bahwa mereka telah membentuk jaringan penjualan dan layanan yang terdiri dari distributor, dealer, dan insinyur di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Selain menawarkan konsep hunian pintar, HDL juga bisa menyediakan layanan untuk hotel dan bangunan komersil lainnya.

4. Jonpowel

Brand smart home Jonpowel diluncurkan sejak tahun 2017 namun sudah dipercaya oleh developer ternama yaitu Trinitiland. Jonpowel menawarkan 3 harga paket mulai dari paket Basic seharga 3 juta rupiah, paket Advance, dan paket Prodigy.

5. Simon

simon smart system
sumber gambar: simon.co.id

Simon adalah brand smart system berasal dari Spanyol, yang sudah berdiri sejak tahun 1916. Awalnya memproduksi alat kelistrikan seperti saklar dan stop kontak, dan pada tahun 1993 mulai meluncurkan produk smart home. Di tahun 2006, Simon melakukan penetrasi pasar ke wilayan ASEAN dan pada tahun 2015, PT Simon Elektrik Indonesia didirikan.

Selain sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun di bidang kelistrikan, Simon juga berhasil meraih penghargaan internasional yaitu:

  1. Delta Award: tahun 2013, 2014, 2016
  2. Plus X Award: tahun 2014
  3. Reddot Award: tahun 2014, 2015, 2016, 2018, 2019, 2020, 2021
  4. IF Award: tahun 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2021

Selain dari segi kualitas produk yang berkelas, Simon juga memperhatikan segi desain produknya yang berkesan mewah. Serta kompatibilitasnya dengan berbagai platform. Misalnya aplikasi yang sudah tersedia di Google Playstore dan Apple AppStore. Mode voice command yang dapat terkoneksikan dengan Google Assistant, Amazon Alexa, dan Apple Siri.

Produk Simon telah dipercaya oleh berbagai client di Indonesia seperti:

  1. Perusahaan: Coca Cola, Pertamina, Astra Honda Motor
  2. Bank: Bank Indonesia, Bank Mandiri
  3. Hotel: Grand Hyatt, Oakwood, Intercontinental Bali Resort, Ritz Carlton
  4. Rumah Sakit: RS Permata Depok, RSU Bunda Thamrin
  5. dan masih banyak lainnya
simon smart home solution
sumber gambar: simon-apac.com

Baca Juga: 8 Aplikasi yang Mendukung QRIS untuk Memudahkan Pembayaran

Demikian pembahasan menarik 5 rekomendasi brand smart home system di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang internet of things dan penerapannya dalam smart system. Terus ikuti artikel menarik lainnya dari Intermezzo.

Andrew Santoso

Digital Marketing at InterActive.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.