Cara Memilih Aplikasi HRIS Berkualitas untuk Perusahaan Anda

Sebelumnya, Intermezzo telah membahas manfaat dan keuntungan menggunakan software payroll/ HRIS untuk perusahaan Anda. Selain meringankan pekerjaan HRD, kehadiran software HRIS juga mampu memudahkan karyawan saat ingin mengajukan ijin atau mengakses data-data penting miliknya.

Anda pasti mulai bertanya-tanya, kira-kira software/ aplikasi HRIS manakah yang paling tepat untuk Anda gunakan di kantor/ perusahaan Anda? Jangan bingung lagi! Kali ini Intermezzo akan membahas Cara Memilih Aplikasi HRIS Berkualitas yang bisa Anda terapkan sekarang juga.

1. Pastikan Memiliki Fitur Terlengkap

fitur geotagging

Kriteria pertama dalam memilih aplikasi HRIS yang berkualitas adalah kelengkapan fitur yang ditawarkan. Saat hendak berlangganan, pastikan Anda memilih aplikasi dengan fitur-fitur terbaru dan terlengkap. Tentu saja, fitur utama yang wajib ada ialah otomatisasi penggajian. Namun, jangan fokus pada fitur itu saja. Aplikasi HRIS saat ini telah berkembang kian pesat, termasuk dalam perhitungan pajak, BPJS, bahkan klaim reimbursement secara otomatis.

Jika mendapat penawaran beberapa aplikasi, coba bandingkan fitur-fitur yang ditawarkan terlebih dahulu. Sebaiknya pilihlah yang memiliki fitur paling lengkap dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Misalnya fitur geotagging, yang memudahkan tracking lokasi karyawan pada saat melakukan absensi sekaligus upload foto selfie karyawan untuk bukti absensi.

Baca Juga: 7 Keuntungan Software Payroll untuk Perusahaan Anda

2. Telah Teruji Cepat dan Akurat

Cara memilih aplikasi HRIS berkualitas selanjutnya adalah perhatikan keakuratan data yang ditampilkan. Jangan sampai Anda memilih aplikasi yang salah, sampai data kehadiran karyawan pun tidak terekap dengan baik. Mulai dari banyaknya data invalid, proses loading lama, hingga sering mengalami error/ bug.

Semua kelemahan tersebut pasti mengganggu kinerja Anda sebagai tim HR. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih aplikasi HRIS yang telah teruji cepat dan akurat. Untuk memastikan hal ini, coba lakukan tes rekap data, dan analisis bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan aplikasi tersebut. Analisis juga bagaimana pelaporan yang dihasilkan, apakah hasilnya sudah akurat.

3. Penyimpanan Data Terbukti Aman

Selain memperhatikan kecepatan dan keakuratan, Anda juga wajib mempertimbangkan segi keamanan yang ditawarkan. Ini adalah kriteria penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab, percuma saja jika fitur-fiturnya lengkap, hasil datanya akurat, tapi penyimpanan datanya tidak aman. Semua data yang Anda upload pasti rawan hilang dan rusak. Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi HRIS yang dilengkapi cloud server berstandar dan telah terjamin keamanannya.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software dalam Bisnis Ritel

4. Tampilan Simpel dan Mudah Digunakan

request izin

Cara memilih aplikasi HRIS yang keempat adalah perhatikan desain tampilan. Apakah tampilan yang dihadirkan cukup mudah digunakan atau justru sebaliknya. Poin ini terlihat sepele, namun jangan sampai diremehkan. Sebab, desain tampilan yang tidak user-friendly hanya akan menyulitkan pekerjaan Anda. Pekerjaan yang harusnya selesai dalam hitungan menit, menjadi molor berjam-jam karena kesulitan menggunakan aplikasi.

Pilihlah aplikasi HRIS yang memiliki desain simpel dan mudah digunakan. Untuk mengetahui hal ini, Anda hanya perlu uji coba/ tes penggunaan. Jika pengalaman pertama menggunakan aplikasi tersebut terasa membingungkan, itu artinya desain tampilan yang dihadirkan aplikasi tersebut kurang user-friendly. Coba lakukan beberapa kali uji coba terhadap 3-5 rekan yang lain. Jika kelima orang itu juga mengatakan kebingungan, berarti aplikasi tersebut memang tidak ramah pengguna.

Baca Juga: Mengapa HRD Wajib Pakai Software Payroll Terbaik

5. Memudahkan dalam Update Data

Lanjut ke poin kelima dalam memilih aplikasi HRIS berkualitas. Pilihlah aplikasi yang dapat digunakan secara fleksibel, terutama dalam mengatur skema penggajian di kantor/ perusahaan Anda. Sebab, dalam pembagian gaji dan pengelolaan SDM, sebuah kantor/ perusahaan pasti menerapkan aturan yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Misalnya di tahun ini belum ada tunjangan makan siang, namun di tahun berikutnya diberlakukan tunjangan makan siang. Maka skema penggajian di aplikasi HRIS pun ikut berubah. Jadi, pastikan Anda memilih aplikasi yang bisa diatur dan diubah-ubah secara fleksibel.

6. Harga Terjangkau dan Sistem Pembayaran Fleksibel

Cara terakhir dalam memilih aplikasi HRIS yang perlu Anda perhatikan yaitu dari segi harga dan sistem pembayaran. Pilih aplikasi yang menawarkan harga kompetitif dan sistem pembayaran fleksibel, sehingga tidak menyulitkan Anda dalam melakukan pembayaran.

Baca Juga: 7 Permasalahan HRD Ini Bisa Diselesaikan dengan Cara Berikut

Aplikasi HRIS Berkualitas - INTRAX

Aplikasi HRIS yang berkualitas dan memiliki fitur lengkap adalah Intrax. Fitur-fiturnya antara lain pengajuan izin, pengajuan lembur, manajemen BPJS, absen geotagging, manajemen payroll, PPH 21 dan lain-lain. Anda bisa memilih paket Intrax Lite atau Intrax Premium tergantung dari kebutuhan perusahaan.

Cek informasi lebih lengkap dan harga langganannya dengan cara klik pada gambar di atas.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.