Instagram Terlalu Sulit untuk Anda Abaikan dalam Bisnis

Masih ingat, 6 tahun yang lalu saat Instagram hanya sebuah aplikasi startup kecil yang biasa digunakan untuk ajang pamer foto atau keterampilan kamera DSLR Anda, tidak lebih dari itu.

Pengamat bahkan mempertanyakan mengapa Facebook mengakuisisi Instagram seharga USD 1 miliar. Tapi setelah melihat pertumbuhan pengguna Instagram yang sangat besat, semua orang sekarang mengerti ancaman nyata yang dikeluarkan Instagram ke Facebook.

image/lmgpr.com

Om Malik, dari GigaOm, mengatakan bahwa karakter Instagram dan sejumlah besar data adalah membuatnya begitu berharga. “Mereka takut,” katanya. “(Facebook) tahu bahwa untuk pertama kalinya dalam hidupnya, ini bisa dibilang memiliki pesaing yang tidak hanya bisa bersaing, tapi juga menghancurkan prospek masa depannya.”

Pertumbuhan Pengguna

Jumlah pengguna Instagram secara global kini telah lebih dari 600 juta dan 22 juta pengguna di Indonesia, yang berarti telah berkembang lebih dari 800 persen sejak diakuisisi oleh Facebook .

Bagi kebanyakan pemasar (marketers) atau penjual, Instagram tidak pernah menjadi platform pemasaran yang layak dibandingkan dengan situs media sosial raksasa seperti Facebook dan Twitter.

Baca juga: 3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda

Tapi kemudian pemasar yang sama mulai memperhatikan: Instagram mencapai 150 juta pengguna dalam setengah waktu yang dibutuhkan Twitter untuk perkembangan pengguna.

Dan pada akhirnya benar-benar mengejutkan bagi sebagian besar pemasar, Instagram benar-benar melampaui jumlah pengguna aktif Twitter di kuartal keempat tahun 2014. Apakah angka-angka ini mulai memicu minat Anda?

Mungkin sudah saatnya Anda mengalihkan pandangan pemasaran Anda ke Instagram juga. Karena pemasaran di media ini cukup sedikit berbeda dari pada Facebook dan Twitter. Nah, mari kita lihat strategi pemasaran dari akun akun instram inspirasional berikut ini.

Instagram Terlalu Sulit untuk Anda Abaikan dalam Bisnis
image/www.dynamicbusiness.com.au

Strategi pemasaran

Mengembangkan strategi pemasaran di Instagram membawa kreativitas, usaha dan yang terpenting tentang kepribadian.

Chase Zimmerman dan Sean Perelstein, partner di StingHD, mengelola @SPJeweler, akun Instagram yang menampilkan dan menjual gelang mewah, jam tangan dan mobil sport.

Mereka mengaitkan perhiasan dengan gaya hidup mewah telah menjadi teknik pemasaran yang sangat efektif, dan melakukannya melalui Instagram yang telah membantu pengusaha ini memperoleh hampir seperempat juta pengikut.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi

“Saya merasa nyaman untuk mengatakan bahwa lebih dari 90 persen penjualan online kami berasal dari Instagram,” Zimmerman menjelaskan. “Ini akan menjadi lebih efektif selama bertahun-tahun, dan telah membantu kami mencapai konsumen kelas atas dengan mengarahkan hashtag (tagar) dari kami.”

Olek, seorang seniman di Instagram, mengelola akun @oleknyc yang penuh dengan karya seni yang aneh dan mengesankan yang terbuat dari benang. Dia telah mengumpulkan lebih dari 56 ribu pengikut di Instagram selama beberapa tahun terakhir. “Kami ingin (pekerjaan kami) menjadi lebih unik, sesuatu yang benar-benar akan dinikmati orang,” kata Olek.

Olek mungkin menyukai suatu konten yang aneh dan kontroversial disukai dan dibagikan jauh lebih cepat daripada pembaruan foto biasa, dan aspek seni ini telah membantunya membuat halaman meledak dalam popularitas.

Kesimpulan

Instagram pastinya bukan aplikasi yang populer beberapa tahun yang lalu. Dan dengan pertumbuhannya, setelah diakuisisi oleh Facebook, Instagram telah berkembang menjadi platform pemasaran yang solid bagi pemilik bisnis. Apabila Anda masih pemula dan belum terlalu banyak pemahaman dengan strategi pemasaran melalui instagram, Anda bisa bisa menggunakan jasa digital agency yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson

Potensi menjanjikan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, dengan hanya menampilkan satu gambar atau lebih berupa slide yang bisa digabungkan dengan video pada satu waktu, tampaknya tak terkalahkan. Dan penggunaan hashtag atau tagar dari Instagram telah sempurna untuk menargetkan pembeli (customer) potensial.

Jadi, sudahkah Anda memanfaatkan Instagram dalam strategi pemasaran bisnis Anda? Jika sudah, jelaskan usaha Anda di komentar di bawah ini ya 🙂

Sumber rujukan

1 Comment
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: