3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran

Dunia bisnis restoran memang sangat menarik. Mulai dari bagaimana menyajikan hidangan makanan dan minuman yang memiliki ciri khas, menciptakan suasana restoran yang nyaman hingga menciptakan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan untuk menarik perhatian banyak pengunjung.

Membuka sebuah restoran terus menjadi impian yang sangat diminati bagi para pecinta kuliner dan pengusaha. Meskipun bisnis ini begitu menariknya, namun tidak mudah untuk sukses didalamnya. Faktanya, sekitar 60 persen bisnis restoran mengalami kebangkrutan  dalam tahun pertama dan 80 persen tidak sampai ke tahun lima.

3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran
image/pinterest.com

Meskipun fakta-fakta diatas terdengar bisa mengecilkan hati, namun tidak semuanya buruk. Masih ada pengusaha baru yang mampu membangun restoran dengan sukses sepanjang waktu. Dan setelah menggali lebih banyak studi penelitian, dapat ditemukan bahwa tahun 2017 mungkin benar-benar akan menjadi waktu yang tepat bagi pengusaha untuk masuk ke bisnis restoran, mengingat tren orang Indonesia khususnya generasi milenial yang gemar makan di luar.

Baca juga: 8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Meski pasarnya tidak mudah, namun permintaan akan bisnis restoran tetap masih ada. Berdasarkan statistik dari Restaurant Marketing Labs, generasi milenial (lahir tahun 1998-2000) lebih banyak pergi restoran atau cafe daripada generasi sebelumnya. Generasi ini juga bisa menghabiskan hingga $174/Rp2.319.420,00 sebulan hanya untuk pergi ke restoran atau cafe.

Tren kenaikan makan di luar adalah berita bagus bagi pemilik restoran. Tapi mengambil keuntungan dari keadaan ini membutuhkan beberapa perencanaan yang strategis. Ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan kesuksesan Anda bahkan sebelum membuka kesempatan Anda:

1. Orisinalitas (Keaslian)

Salah satu cara terbaik untuk melakukan gebrakan pada bisnis kuliner adalah dengan menawarkan pengalaman baru. Terlepas dari tempat tinggal Anda, konsumen akan selalu tergugah dengan ide baru. Selain itu, selalu ada potensi untuk memanfaatkan pasar yang belum tersentuh (dibutuhkan beberapa ide yang tak biasa/out of the box)


Pada tahun 2016, aktris Jessica Biel yang juda istri dari penyanyi Justin Timberlake, membuka Au Fudge, sebuah restoran ramah anak di Los Angeles. Sekarang, mungkin banyak yang mengalihkan pandangan pada restoran atau cafe yang sedang populer di suatu kota, tapi niat Biel tidak hanya untuk memperluas merek pribadinya. Sebaliknya, dia melihat kebutuhan yang berbeda untuk setiap jenis restoran baru.

3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran
image/www.aufudge.com

Biel, juga seorang orang tua, tentu ingin bisa bersantap bersama anaknya tanpa mengorbankan kualitas dan pengalaman bersantap. Biasanya, restoran yang melayani anak cenderung tidak memiliki pilihan menu paling inovatif atau sehat.

Baca juga: 3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda

Au Fudge memenuhi kebutuhan dan telah membuka pintu untuk pasar restoran baru di Los Angeles, terutama kelas atas, ramah anak dan organik/sehat. Dalam restoran Au Fudge ini, juga terdapat ruang bermain yang aman. Sementara itu, orang tua mereka bisa menikmati istirahat sambil menikmati koktail dan salad Caesar quinoa vegan. Konsep seperti inilah menjadi solusi terbaik untuk semua dan tentu menjadi pengalaman baru bersantap yang ramah keluarga.

Restoran ramah keluarga ini juga sudah mulai banyak menyebar diberbagai daerah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Surabaya dlsb nya.

2. Rencana bisnis

Rencana bisnis yang solid sama pentingnya dengan kesuksesan sebuah restoran, namun seringkali masih banyak pebisnis yang tergesa-gesa hingga mengabaikan proses perencanaan bisnis. Rencana bisnis akan membantu Anda, mitra dan investor Anda memetakan tujuan menuju kesuksesan dan juga merencanakan kemungkinan hal terburuk sebagai antisipasi.

Rencana bisnis Anda harus mencakup gambaran umum pasar, analisis kompetitif, target wawasan pemirsa dan proyeksi anggaran yang realistis.

3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran
image/score.org

Membuka restoran bisa menjadi proses yang mudah berubah, namun merencanakan setiap skenario yang mungkin dapat membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk usaha Anda. Rencana bisnis yang komprehensif juga akan membantu Anda memetakan kebutuhan modal Anda secara keseluruhan.

Pakar ahli merekomendasikan enam sampai sembilan bulan untuk mengumpulkan  modal sebelum Anda mulai membuka bisnis restoran.

Scott Mowrey, seorang managing partner di grup konsultasi hotel dan restoran VSAG, mengutip perencanaan yang tidak lengkap sebagai perangkap yang sangat dapat dicegah, namun terlalu umum bagi para pemilik restoran.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal

“Sangat menggoda untuk menuangkan seluruh waktu Anda untuk merancang ruang yang ramping dan menciptakan menu inovatif, namun operasi restoran Anda, mulai dari menciptakan model keuangan yang realistis hingga sistem kasir, sistem kontrol pelatihan dan biaya merupakan kontributor nyata kesuksesan dan umur panjang restoran.” Mowrey juga mengatakan, “Menentukan kebutuhan operasional restoran dimulai dengan rencana bisnis yang solid.”

3. Lokasi utama

Lokasi yang kurang bagus akan membuat atau menghancurkan kesuksesan restoran Anda. Pembukaan di area tanpa banyak lalu lintas atau akses jalan akan membuat pengunjung potensial tidak tertarik. Di sisi lain, menyewa sebuah tempat di blok yang dipenuhi dengan tempat-tempat yang dicintai juga akan menyulitkan menarik pelanggan baru.

3 Hal Penting untuk Sukses Berbisnis Restoran
image/uk.pinterest.com

Menemukan lokasi terbaik sangat bergantung pada kota Anda dan bervariasi dari daerah perkotaan sampai daerah pinggiran kota. Selain itu, persyaratan penyewaan dan izin bangunan juga akan mempengaruhi pemilihan lokasi akhir Anda, dan karena proses tersebut dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan, sebaiknya segera memulai proses memilih lokasi sedini mungkin.

Ketiga prioritas ini akan menjadi pondasi kesuksesan restoran Anda. Dengan konsep asli, rencana bisnis dan lokasi, Anda kemudian dapat beralih untuk mengembangkan aspek bisnis Anda yang lebih kreatif, termasuk menemukan bakat yang tepat, mengembangkan menu dan merancang pengalaman pelanggan.

Memulai restoran bisa terasa seperti film the Hunger Games, namun dengan perencanaan yang matang, Anda bisa mengatur usaha masa depan Anda untuk sukses. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Sumber rujukan

Dengan menggunakan software InterActive MyResto, Anda dapat mengelola semua kebutuhan restoran secara otomatis.

1 Comment
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: