Chat with us, powered by LiveChat

10 Cara Optimasi Instagram untuk Restoran (Part 1)

Dibandingkan bisnis lainnya, bisnis restoran berpeluang lebih besar untuk memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran. Biasanya, para pemilik restoran mengunggah foto-foto makanan, kebersamaan para pelanggan yang datang, hingga desain interior di dalam restoran. Tak heran, muncul istilah restoran yang instagrammable (sebutan untuk restoran yang memiliki tampilan bagus dan menarik jika diunggah di Instagram).

Nah, kali ini Intermezzo akan berbagi tips tentang bagaimana cara optimasi Instagram agar dapat meningkatkan engagement (interaksi audiens/ pengguna Instagram). Sehingga, secara perlahan mampu meningkatkan branding dan pemasaran restoran Anda.

Berikut 10 cara optimasi Instagram untuk restoran Anda:

1.  Posting Foto yang Menarik di Feed Instagram Anda

Cara optimasi Instagram yang pertama adalah posting foto-foto yang menarik. Dengan fitur terbaru dari Instagram, Anda bisa mengirim 10 foto sekaligus (carousel) dan bahkan memadukannya dengan video.

Supaya Instagram Anda tampil unik dan berbeda, tentukan terlebih dahulu tema feed pada Instagram Anda. Misalnya, Anda hanya akan memposting foto-foto bernuansa hijau, karena restoran Anda hanya menjual makanan-makanan sehat.

Pastikan foto yang Anda unggah diambil dari angle paling menarik, pencahayaan yang tepat, serta ditambah dengan caption yang mendukug. Untuk membuat caption yang tepat, sesuaikan dengan bagaimana Anda mencitrakan restoran Anda di mata khalayak.

Misalnya, Anda pemilik kafe yang mayoritas pelanggannya adalah anak-anak muda, maka coba buat caption dengan bahasa yang santai. Bahkan, akan lebih baik jika Anda  padukan  dengan bahasa slang yang sedang populer. Sehingga mampu menarik interaksi follower sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Apa Itu Branding dan Manfaatnya Untuk Bisnis

2. Tambahkan Hashtag yang Relevan

cara optimasi instagram

Cara optimasi Instagram selanjutnya adalah penambahan hashtag atau tagar (#), agar foto Anda mudah ditemukan pengguna Instagram lainnya. Tagar di Instagram sendiri dibatasi hingga maksimal 30 tagar. Namun, penggunaan tagar yang baik dan disarankan dalam sekali postingan adalah 3-5 buah saja.

Sangat disarankan juga untuk membuat hashtag campaign yang bisa Anda buat secara khusus untuk menandai postingan-postingan dalam campaign yang sama. Misalnya, saat Anda memiliki program promo, diskon, atau giveaway, Anda bisa membuat hashtag yang berkaitan dengan program tersebut. Dengan membuat hashtag campaign, tentu pengguna yang ingin mendapatkan promo tersebut mau tidak mau harus mencantumkan hashtag yang telah kita buat.

3. Gunakan Fitur Geo-Tagging

Cara optimasi Instagram yang ketiga adalah manfaatkan fitur Geo-Tagging. Saat Anda mengunggah foto, pastikan untuk mencari dan memasukkan lokasi dimana restoran Anda berada. Instagram secara otomatis akan mengkompilasi foto-foto yang menambahkan lokasi di setiap postingan yang diunggah.

Anda juga bisa melihat foto lain yang diambil oleh pelanggan di lokasi restoran Anda. Terlebih lagi jika lokasi restoran atau cafe Anda berada di kota-kota besar atau dekat dengan tempat populer, maka sangat besar kemungkinan pengguna Instagram lain yang akan memberikan keterangan tempat di postingannya. Tentu peluang postingan Anda dilihat pengguna lain juga semakin besar.

Baca Juga: Strategi Branding Restoran Agar Cepat Populer

4. Manfaatkan Postingan Video

cara optimasi instagram

Cara optimasi Instagram berikutnya adalah manfaatkan postingan video. Anda perlu mencoba cara ini untuk menambah keberagaman postingan di Feed Instagram Anda. Sehingga, Anda bisa menunjukkan kepada followers Anda bagaimana proses pembuatan dan makanan di restoran Anda, siapa saja karyawan Anda, atau aktivitas pelanggan yang sedang bersantap di restoran Anda.

5. Gunakan Call To Action

Cara optimasi Instagram yang kelima adalah tambahkan Call To Action (CTA) pada setiap  postingan yang Anda unggah. Sehingga postingan tersebut bisa mendorong audiens atau calon customer Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda bisa menambahkan kata-kata seperti “Segera kunjungi restoran kami!” atau “Reservasi sekarang juga” yang bisa Anda tempatkan pada caption. Tapi, pastikan CTA tersebut relevan dengan postingan Anda.

Jika Anda sukses mendorong follower atau audiens postingan Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan, maka secara otomatis keterlibatan follower di Instagram Anda akan meningkat.

Baca Juga: Cara Optimasi Instagram untuk Bisnis Restoran (Part 2)

Cara optimasi Instagram untuk memaksimalkan pemasaran restoran pada poin 6-10 akan kami jelaskan dalam artikel berikutnya di sini.

cara optimasi instagram

Untuk memudahkan Anda mengelola bisnis restoran, coba gunakan software InterActive MyResto. Sehingga Anda bisa mencatat transaksi lebih cepat dan tepat, mendapatkan laporan penjualan otomatis, hingga mengecek stok produk secara real time. Bahkan, software InterActive MyResto telah terintegrasi kitchen print out dan software accounting. Klik di sini untuk mendapatkan info lengkap mengenai InterActive MyResto.

No Comments Yet

Leave a Reply