3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda

Ketika kita pergi ke sebuah restoran atau cafe dlsb, masih sering kita jumpai ketika memesan makanan atau minuman akan dilayani dengan pena dan kertas. Konsep tradisional seperti ini masih bertahan hingga sekarang di banyak restoran kota-kota besar.

Restoran telah berjalan dengan baik tanpa banyak kemajuan teknologi selama berabad-abad. Tapi dewasa ini, sudah mulai banyak pula restoran yang menggunakan teknologi (software restoran) khususnya dibidang layanan pemesanan makanan atau minuman. Pengunjung hanya perlu memilih atau mengklik pesanan yang diinginkan melalui perangkat layar monitor yang ada dibagian pemesanan tanpa perlu menulis dikertas.

Baca juga: 8 Rahasia Mendesain Interior Kafe Agar Lebih Menarik

Teknologi seperti ini juga sudah digunakan di industri perhotelan secara keseluruhan, mulai dari cara mereka menerima pemesanan kamar hotel dan mengelola daftar tunggu mereka dengan cara yang sangat praktis.

Di antara semua kemajuan teknologi yang berdampak pada layanan restoran, media sosial menyebabkan perubahan yang terlihat signifikan, terutama Instagram, layanan berbagi foto yang telah mengguncang dunia hanya dalam enam tahun, sejak pertama kali diluncurkan 6 oktober 2010.

3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda
image/www.digitaltrends.com

Di kota-kota metropolitan seperti Surabaya, Jakarta dlsb nya, sebagian besar restoran pada akhirnya mulai menggunakan Instagram yang sudah berkembang pesat sebagai alat pemasaran baru untuk terhubung dengan pelanggan mereka.

Berdasarkan statistik dari Restaurant Marketing Labs, generasi milenial (lahir tahun 1998-2000) lebih banyak pergi restoran atau cafe daripada generasi sebelumnya. Generasi ini juga bisa menghabiskan hingga $174/Rp2.319.420,00 sebulan hanya untuk pergi ke restoran atau cafe.

Baca juga: Tips dan Trik Ampuh untuk Pemasaran Bisnis Cafe Anda

Riset terbaru yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2016, usia 20-24 tahun ditemukan 22,3 juta jiwa pengguna internet yang setara 82 persen dari total penduduk di kelompok itu. Sedangkan pada kelompok usia 25-29 tahun, terdapat 24 juta pengguna internet atau setara 80 persen total jumlah jiwa. Sedangkan pengguna aktif instagram di Indonesia, ada sekitar 22 juta pengguna.

Dengan meningkatnya popularitas Instagram, sudah seharusnya sebuah restoran untuk lebih bisa beradaptasi dengan teknologi yang user friendly untuk menarik  pelanggan baru (terutama generasi muda) yang lebih terobsesi dengan foto-foto dari sebuah restoran (makanan, desain interior maupun eksterior) dengan tiga cara sebagai berikut:

1. Dekorasi dan desain menjadi lebih penting.

Dekorasi dan desain interior maupun eksterior telah menjadi bagian yang semakin penting dari pengalaman bersantap di restoran atau cafe, karena zaman sekarang pengunjung lebih memperhatikan elemen, seperti seni di dinding, seperti permukaan meja yang kontras dengan piring dan pencahayaannya.

3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda
image/Alex Stein – www.tastingtable.com

Menumbuhkan penekanan pada desain bukan hanya sebuah kebetulan belaka. Bahkan, pemilik salah satu restoran terkenal di New York, Seamore’s, Michael Chernow, mencatat pentingnya saat merancang tempat makanan hidangan lautnya yang eye catching untuk difoto pelanggan.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Instagram Terlalu Besar untuk Anda Abaikan dalam Bisnis

“Instagram itu mutlak, 100 persen diperhitungkan” katanya.

Ken Fulk, perancang interior restoran yang menggarap desain restoran terkenal lainnya, Sadelle’s, mengatakan “Anda terinspirasi oleh (Instagram), karena orang menjadi hebat dalam mendokumentasikan ruang dan benda-benda… Anda sekarang memiliki jutaan orang di luar sana yang memposting gambar-gambar indah ini, dan bagaimana Anda bisa tidak terinspirasi olehnya?”

3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda
image/www.zagat.com

Berinvestasi dalam desain adalah investasi ditengah ramainya penggunaan media sosial dalam pemasaran, yang mana sangat penting di pasar konsumen dalam era digital saat ini.

2. Presentasi makanan menjadi lebih penting.

Tren Instagram juga telah menghasilkan presentasi makanan yang lebih kreatif dan penekanan yang lebih besar pada plating (penyajian) makanan. Salah satu hidangan paling populer untuk disajikan di tempat makanan pada tahun 2016, berkat viral dimedia sosial adalah milkshake dari Black Tap Craft Burgers and Beer di New York.

3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda
image/pinterest.com

Milkshake tersebut penuh dengan dekorasi, sajiannya penuh dengan warna yang membuat hasil foto di media sosial menjadi begitu indah hanya untuk sebuah minuman.

Menurut Chef dari Black Tap’s Joe Isidori, “Instagram telah membuat Black Tap’s menjadi salah satu tren makanan terbesar tahun ini. Setiap kali kita memposting sebuah kolaborasi baru atau milkshake, foto-foto itu sepertinya menjadi virus, dan sudut-sudut di restoran terus berkembang – momentum tidak pernah berhenti. “

Seperti dilansir Bloomberg, bahkan desain tempat makanan cepat saji pun telah meningkat di postingan yang ada di Instagram.

Restoran kasual Chili’s Grill & Bar telah memutuskan untuk memanfaatkan “tambang emas” (instagram) pemasaran ini dengan menyajikan kentang goreng di piring stainless steel dan mengganti roti di burger mereka agar lebih menyenangkan secara estetika, sebagaimana dianjurkan oleh Wyman Roberts, CEO perusahaan induk Chili’s Grill & Bar, Brinker International Inc.

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

Menyajikan presentasi makanan yang penuh inspirasi, akan mampu berkontribusi pada pengalaman layanan secara keseluruhan dari sebuah restoran. Selain itu juga  akan mampu membuat pelanggan restoran membagikan hasil foto tersebut berulang-ulang di media sosial, sebagai sarana promosi gratis dari pelanggan ke pelanggan lain. Dan hal ini sekaligus merupakan bagian dari kesuksesan persamaan sebuah restoran.

3. Momen-momen berharga yang dibuat untuk berbagi di lingkungan (media) sosial menjadi lebih penting.

Kita juga melihat adanya pergeseran bagaimana restoran menciptakan momen tertentu dan menyenangkan dengan sentuhan khusus yang sengaja dirancang agar  menarik pelanggan untuk berbagi ke media sosial.

3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda
image/www.weeloy.com

Dante, sebuah restoran Italia yang populer di New York, yang menyajikan koktail khusus dibuat dengan varian es, dan diberi label nama restoran. Sentuhan semacam ini sangat bagus, mudah diingat, sangat mudah dibagikan dan efektif, dengan banyak pengunjung memajang foto minuman atau makanan mereka kepada teman (follower) mereka.

Demikian pula, Mission Chinese Food, The Lucky Bee dan ZZ’s Clam Bar juga sengaja menyajikan minuman mereka dengan cara yang sangat menakjubkan dan unik. Dengan desain yang sangat menakjubkan dan unik dari sebuah restoran, akan mampu menghasilkan kesan ikonik (ciri khas).

3 Tips Ampuh Memanfaatkan Instagram untuk Meningkatkan Omset Restoran Anda
image/www.timeout.com

Dengan karakter pelanggan sekarang ini yang suka memotret dan mengunggahnya ke instagram ketika bersantap, sudah seharusnya membuat sebuah restoran untuk berpikir lebih tentang layanan makanan dan minuman yang disajikan itu, lebih dari sekedar menu. Mulai dari food plating (penyajian makanan) sampai dekorasi, seluruh pengalaman bersantap merupakan fokus yang utama.

Nah, itu tadi tips ampuh memanfaatkan instagram untuk meningkatkan omset di restoran Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya 🙂

Apabila Anda butuh jasa social media marketing terpercaya bisa hubungi InDeo.

Sumber rujukan

4 Comments
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: