Cara Menjaga Kebersihan Restoran Agar Terhindar Virus Corona

Langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan secara ekstra. Karena itulah, Anda wajib memastikan seluruh layanan restoran tetap bersih dan steril. Sehingga dapat menambah tingkat kepercayaan dari pelanggan.

Berikut 4 cara menjaga kerbersihan restoran yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari penularan virus corona.

1. Sering Cuci Tangan

Cara menjaga kebersihan restoran yang pertama adalah dengan sering mencuci tangan.

Tangan yang terkontaminasi merupakan faktor utama penyakit bawaan makanan. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) memperkirakan bahwa hingga 40% kasus mungkin terkait dengan kebersihan tangan yang buruk. Tangan dapat membawa dan menularkan patogen berbahaya, termasuk virus Corona, Apalagi selama persiapan makanan, tangan menyentuh berbagai permukaan makanan dan peralatan yang mungkin terkontaminasi virus/ bakteri. Sehingga beresiko menyebar pada makanan yang sedang diolah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar karyawan di restoran dapat menjaga kebersihan tangannya dengan baik.

  • Melatih karyawan dengan prosedur mencuci tangan yang baik dan benar. Serta memberikan kebijakan untuk penggunaan sarung tangan guna meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan.
  • Menyediakan fasilitas mencuci tangan dan pengeringan tangan yang memadai di berbagai lokasi untuk meminimalkan risiko kontaminasi.
  • Menempatkan disinfektan untuk tangan di area kasir, di luar toilet atau pintu masuk dapur untuk kebersihan tangan yang lebih optimal.

Baca Juga: 5 Cara Strategis Restoran untuk Bertahan di Tengah Pandemi

2. Dapur Harus Selalu Bersih

Cara menjaga kebersihan restoran yang kedua adalah dengan membersihkan dapur secara ekstra, atau sesering mungkin.

Dapur merupakan area dimana terdapat tingkat akumulasi kotoran dan minyak yang tinggi. Lantai di dapur bisa menjadi licin dan berlendir seiring dengan berjalannya waktu. Membersihkan dapur adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh semua pengelola restoran. Misalnya dengan mengepel lantai secara berkala.

Beberapa area yang perlu dibersihkan, diantaranya permukaan meja dan lemari dapur, kulkas, serta semua perkakas yang ada di dapur, termasuk kompor dan alat masak lainnya. Saat membersihkan area tersebut, sebaiknya gunakan campuran air dan sabun. Sebab, virus corona rentan terhadap air sabun.

3. Cuci Semua Bahan dan Wadah Makanan

Tidak hanya karyawan yang perlu mencuci tangannya agar tetap bersih dan steril. Untuk menjaga kebersihan restoran, wajib juga mencuci bersih semua bahan makanan beserta wadah yang digunakan untuk menyimpannya. Hal ini sangat penting agar hasil makanan yang diolah restoran Anda tetap terjamin bersih dan steril.

Buah, sayur, dan bahan makanan segar lain cukup dibersihkan dengan membilasnya menggunakan air laurtan garam atau merendamnya. Sedangkan untuk mencuci wadah makanan, disarankan untuk mencuci dengan larutan sabun, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: Tips Melayani Delivery Order Mandiri di Tengah Wabah Corona

4. Jadwalkan Desinfeksi Berkala

Langkah selanjutnya untuk menjaga kebersihan restoran adalah dengan melakukan desinfeksi untuk memastikan seluruh area restoran terbebas dari kuman dan virus.

Bisa juga menggunakan cairan pembersih dapur yang bersifat bleach, biasanya mengandung larutan natrium hipoklorit atau hidrogen peroksida yang memiliki fungsi mensterilkan.

Atau cairan pembersih yang mengandung 70% isopropil alkohol karena jenis ini efektif membunuh virus termasuk corona. Campurkan 4 sdt larutan bleach dalam 1 liter air. Semprotkan cairan ini pada area yang ingin dibersihkan. lalu diamkan selama 1 menit hingga kering.

Demikian 4 cara menjaga kebersihan restoran agar terhindar dari penyebaran virus Corona. InterActive menyediakan berbagai alat kebersihan dan kesehatan yang bisa Anda dapatkan untuk mencegah penularan virus corona. Mulai dari masker, hand sanitizer, desinfektan, hingga Alat Pelindung Diri (APD). Selengkapnya, klik di sini atau kunjungi www.interactive.co.id.

7 Comments
  1. Multiconcomitant therapy using adriamycin, cyclophosphamide, tegafur and tamoxifen was employed as chemo endocrine therapy against progressive breast cancer, and the effects, toxicity and prognosis associated with this regimen were studied taking lasix but not peeing much Read the abstract of Weight Change in Breast Cancer Survivors Compared to Cancer Free Women A Prospective Study in Women at Familial Risk of Breast Cancer

Leave a Reply

Your email address will not be published.