7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya

7 Penyebab Bisnis Restoran Bangkrut beserta Cara Mengatasinya – Apakah Anda salah satu  pengusaha restoran? Atau, Anda berencana membangun sebuah restoran?

Pastikan Anda menghindari beberapa penyebab gagalnya bisnis restoran berikut ini, agar bisnis restoran Anda bisa terus bertumbuh dan terhindar dari kebangkrutan.

Hal ini penting sebagai pemcegahan. Karena menurut survei yang dihimpun Small Business Association (SBA), sekitar 30% bisnis baru mengalami kebangkrutan dalam dua tahun pertama setelah dibuka, 50% dalam lima tahun pertama, dan 66% selama 10 tahun pertama, dst.

Data tersebut sangatlah mengkhawatirkan. Apalagi, survei lain menyebutkan, hampir 70% pemilik bisnis restoran mengalami kegagalan dan hanya mampu bertahan selama 3-5 tahun sejak awal berdiri.

Jangan sampai Anda menjadi korban berikutnya. Untuk itu, pelajari 7 penyebab bisnis restoran bangkrut berikut ini, serta pahami cara praktis untuk mencegahnya.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal

1. Tidak Melakukan Survei Pasar

penyebab bisnis restoran bangkrut

Penyebab bisnis restoran bangkrut yang pertama adalah tidak melakukan survei pasar. Idealnya, setiap pengusaha yang ingin membuka suatu bisnis harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Siapa saja target pasar Anda, berapa usianya, bagaimana status sosialnya, jenis kelamin, hingga dimana lokasi tempat tinggal mereka.

Hal ini menjadi masalah besar jika Anda tidak melakukan survei pasar terlebih dahulu. Bisa jadi, Anda salah membidik target pasar. Misalkan, Anda membidik kalangan menengah, namun harga makanan di restoran/ kafe Anda terlampau mahal dan kurang terjangkau bagi target pasar Anda.

Atau, Anda ingin membangun sebuah restoran siap saji. Anda sudah menghitung besaran modalnya, strategi promosinya, dll. Namun, Anda tidak menyadari di tempat yang Anda pilih ternyata telah menjamur bisnis restoran siap saji lainnya yang telah lama berdiri.

Sehingga, ketika Anda ingin masuk ke pasar tersebut, persaingan bisnisnya sangat tajam dan Anda pun kesulitan menarik pengunjung.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknaya Anda rencanakan dengan matang siapa yang akan menjadi target pasar Anda. Lakukan riset secara mendalam tentang karaketer dan pola hidup target pasar Anda. Pastikan Anda menawarkan layanan dengan harga yang tepat untuk mereka.

Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari siapa saja kompetitor Anda, dan bagaimana strategi pemasaran yang mereka lakukan.

2. Business Plan Anda Bermasalah

penyebab bisnis restoran bangkrut

Penyebab bisnis restoran bangkrut yang kedua terletak pada business plan Anda yang bermasalah. Business plan yang terssusun secara realistis merupakan dasar dari bisnis yang sukses.

Sehingga, Anda harus bisa menentukan tujuan yang realistis untuk bisnis Anda, bagaimana cara mencapainya, apa saja ancaman yang mungkin terjadi, serta bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Sama halnya dengan poin pertama, minimnya riset dan analisis secara mendalam hanya akan membuat bisnis Anda cepat bangkrut. Untuk itu, coba matangkan kembali konsep bisnis Anda yang tertuang dalam business plan.

3. Tim Tidak Bisa Diandalkan

penyebab bisnis restoran bangkrut

Penyebab bisnis restoran bangkrut yang ketiga terletak pada rendahnya kualitas SDM. Hal ini terjadi saat tim atau karyawan Anda tidak menguasai jobdesk yang harus dikerjakan, minim keterampilan, atau memiliki pelayanan yang buruk terhadap pelanggan.

Tentu ini menjadi masalah yang cukup menganggu, karena pelanggan akan memberikan penilaian yang buruk terhadap restoran Anda.

Bayangkan saja, jika tim dapur yang harusnya menyajikan masakan secara prima, tiba-tiba memasak resep yang salah. Atau pelayan yang harusnya bersikap ramah kepada pelanggan, tapi selalu memasang wajah tidak bersahabat. Atau, kasir yang harusnya teliti dalam menerima pembayaran, malah sering salah hitung dan merugikan pelangan. Tentu, berbagai masalah tersebut akan membuat pelanggan kecewa dan memilih untuk tidak akan kembali lagi ke restoran Anda.

Sebagai pencegahan, beri pelatihan yang mumpuni untuk seluruh karyawan Anda, baik hard skill maupun soft skill, sehingga, mereka bisa melayani pelanggan secara profesional. Anda juga perlu melakukan audit internal secara berkala, agar pekerjaan karyawan Anda berjalan sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga: 7 Modus Kecurangan Karyawan Restoran

4. Bisnis Owner Kehabisan Waktu untuk Bekerja

penyebab bisnis restoran bangkrut

Penyebab bisnis restoran bangkrut yang keempat ini masih ada kaitannya dengan poin ketiga. Saat tim atau karyawan Anda tidak bisa diandalkan, tentu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggantikan pekerjaan mereka.

Saat karyawan tidak bekerja secara kompeten, kebanyakan business owner langsung meng-handle tugas-tugas kecil yang harusnya dikerjakan oleh karyawan mereka. Mulai dari mengurus operasional dapur, melakukan kegiatan promosi, hingga membuat laporan akuntansi.

Hal seperti ini perlu Anda kurangi, dan bahkan kalau bisa Anda hilangkan. Sebab, dengan melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang harusnya dikerjakan karyawan, Anda akan kehilangan banyak waktu dan tidak bisa fokus memikirkan strategi bisnis.

5. Terlalu Cepat Puas dan Malas Berinovasi

penyebab bisnis restoran bangkrut

Penyebab bisnis restoran bangkrut selanjutnya adalah munculnya sifat terlalu cepat puas dan malas berinovasi. Jangan terlalu puas jika saat ini Anda merasa restoran/ kafe Anda telah mencapai kesuksesan besar. Meskipun telah memiliki banyak pelanggan, Anda harus tetap memikirkan bagaimana cara mempertahankan loyalitas mereka.

Anda juga harus terus melakukan inovasi, baik dari segi menu makanan, packaging, program promosi, hingga desain interior restoran Anda. Dengan terus melakukan inovasi, para pelanggan pasti akan terus menanti program inovasi terbaru yang Anda buat. Sehingga,  mereka pun akan bertambah loyal terhadap restoran Anda.

6. Bisnis Owner kehabisan Modal

penyebab bisnis restoran bangkrut

Penyebab bisnis restoran bangkrut yang keenam ini cukup sering terjadi. Banyak pebisnis (terutama yang baru), mengatakan tidak bisa menjalankan bisnisnya degan baik karena tidak punya modal yang cukup.

Padahal, menjalankan bisnis dengan baik tidak selalu dengan modal yang cukup. Bayangkan jika Anda memiliki modal yang cukup banyak, tapi Anda tidak bisa mengelola bisnis dengan baik, maka ujung-ujungnya pasti habis dan membuat Anda rugi.

Jadi, mulailah berfokus pada bagaimana cara mengelola keuangan bisnis secara baik. Berapa pun modalnya, asal dikelola secara baik, pasti hasilnya akan baik. Pastikan Anda memantau keuangan bisnis Anda secara berkala dan mengetahui laba-rugi, neraca keuangan, serta arus kas bisnis Anda secara detail. Sehingga, Anda bisa mengambil keputusan terbaik setiap kali akan mengeluarkan biaya-biaya tertentu.

Untuk memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis restoran, coba gunakan software akuntansi InterActive MyAccounting. Software ini sangat memudahkan Anda dalam membuat laporan akuntansi lengkap, mulai dari laba rugi, arus kas, dan neraca keuangan. Anda pun tidak perlu susah payah belajar akuntansi, karena software ini bisa melakukannya secara praktis dan otomatis.

7. Bisnis Masih Menggunakan Sistem Manual

penyebab bisnis restoran bangkrut

Hingga saat ini, masih banyak pengusaha yang menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnisnya. Padahal, cara manual sangatlah riskan dan menjadi salah satu penyebab bisnis restoran bangkrut. Karena dapat menghambat operasional bisnis Anda sehari-hari, apalagi di jaman yang serba digital seperti sekarang ini.

Misalnya saja dalam melakukan tugas administrasi seperti perhitungan laba rugi, transaksi penjualan dan pembelian, serta pencatatan stok barang. Jangan sampai di zaman serba digital seperti sekarang Anda masih melakukan semua kegiatan tersebut secara manual. Tentu akan memakan banyak waktu dan beresiko terjadi kesalahan yang cukup fatal.

Jadi, Bagaimana Membuat Sistem yang Baik untuk Bisnis Restoran Anda?

Jika Anda masih menggunakan sistem manual dalam berbisnis, mulailah untuk beralih menggunakan software dalam menunjang bisnis Anda. Dengan menggunakan software, maka tingkat kecurangan dan human error dalam bisnis Anda bisa berkurang secara signifikan.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software untuk Usaha Anda

Tak hanya itu, sistem software akan jauh lebih memudahkan Anda dalam mengelola aspek-aspek penting dalam berbisnis. Seperti laporan laba rugi, stok barang produksi, hingga mencetak label barang pun bisa dilakukan secara otomatis menggunakan software.

Untuk pebisnis restoran seperti Anda, kami rekomendasikan software InterActive MyResto yang bisa membantu Anda mengelola bisnis restoran secara MUDAH dan PRAKTIS. Mulai dari pencatatan transaksi, penyimpanan master data, memantau stok, hingga diintergasikan dengan sofware InterActive MyAccounting untuk otomatisasi pembuatan laporan akuntansi.

Demikian pembahasan tentang 7 penyebab bisnis restoran bangkrut beserta cara pencegahannya. Hindari 7 kesalahan berbisnis restoran di atas, agar Anda terhindar dari kebangkrutan.

Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang InterActive MyResto dan InterActive MyAccounting. Selamat mencoba! Semoga bisnis restoran Anda semakin sukses dan maju.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: