4 Alasan Restoran Wajib Upgrade Menu ke Digital

Tahukah Anda salah satu elemen penting dalam bisnis restoran yang kadang luput dari perhatian?

MENU!

Ya, menu makanan dan minuman terlihat sepele. Namun jika Anda sebagai pemilik usaha restoran mau memberikan perhatian yang lebih, ada potensi dapat memberikan keuntungan tambahan bagi restoran Anda. Salah satu contohnya adalah penggunaan menu digital. Sejak pandemi Covid19, menjaga jarak dan mengurangi sentuhan tangan adalah sebuah kebiasaan baru atau new normal. Menggunakan menu digital jadi alternatif bagi restoran untuk meningkatkan efisiensi dalam sistem pemesanan.

Menu Digital

Menu digital dapat diakses dengan menggunakan scan kode QR yang diletakkan di tiap meja. Setelah scan kode QR dengan smartphone, pelanggan dapat langsung melihat menu tanpa menunggu memanggil pelayan.

Salah satu rekomendasi menu digital adalah InterActive MyOrder. Dengan MyOrder, sistem pemesanan akan terintengrasi dengan software kasir dan software akuntansi.

Nah, sudahkan restoran Anda upgrade menu ke digital?

MyOrder QR Code, sumber: YouTube interactivecorp

Baca Juga: 7 Langkah Membuka Bisnis Restoran Bintang 5

Manfaat Upgrade Menu Digital

1. Menghemat Biaya

Menu konvensional membutuhkan lebih banyak biaya atau pengeluaran, misalnya biaya mencetak buku menu juga biaya foto dan desain. Dengan upgrade ke menu digital, Anda dapat menghemat pengeluaran cetak buku bahkan beban gaji pelayan restoran. Menu digital memungkinkan pelanggan melihat menu dan memesan langsung tanpa perlu memanggil pelayan.

Nah untuk kebutuhan desain menu digital, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengontak InDeo, creative digital agency yang memiliki pengalaman sudah membantu banyak client F&B dalam hal desain website dan pemasaran digital. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website InDeo di www.indeo.id.

2. Memudahkan dalam Update Menu 

contoh menu digital
contoh menu digital, sumber: vecteezy.com

Kapan saatnya Anda sebagai pemilik restoran perlu untuk meng-update menu?

Berikut pertimbangannya:

  • Saat ada penyesuaian harga jual dikarenakan harga bahan baku yang naik.
  • Ada beberapa menu yang kurang laku terjual dan ingin dihilangkan dari daftar menu.
  • Terdapat inovasi menu baru yang sedang tren dan ingin ditambahkan ke daftar menu.

Bayangkan jika Anda masih menggunakan buku menu fisik, pasti akan repot dalam meng-update menu. Lain halnya bila menggunakan menu digital yang bisa dirubah sewaktu-waktu.

3. Lebih Aman dari Virus dan Bakteri

Buku menu akan dipegang oleh banyak orang baik pelayan resto maupun pelanggan. Hal tersebut akan meningkatkan resiko penyebaran virus atau bakteri dari sentuhan tangan. Namun jika upgrade ke menu digital, penyebaran virus bisa diminimalisir karena setiap pelanggan cukup lihat menu melalui masing-masing smartphone mereka.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

4. Serba Terintegrasi

qr code menu MyOrder
contoh menu kode QR, sumber InterActive.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menu digital MyOrder dapat diintegrasikan dengan sistem pembayaran QRIS, software kasir MyResto atau aplikasi kasir MyProfit, dan software akuntansi MyAccounting. Saat ini sudah era-nya penggunaan sistem yang serba terintegrasi, karena terbukti dapat meningkatkan efisiensi.

Demikian penjelasan pentingnya untuk Anda upgrade menu digital. Baik sebagai pemilik restoran, coffee shop, depot, ataupun bar, kami sarankan segera pakai menu digital QR code. Cukup dengan memajangnya di tiap meja, pelanggan bisa melihat menu dan memesan tanpa menunggu pelayan datang. Praktis dan aman kan!

Andrew Santoso

Digital Marketing at InterActive

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.