Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal

Bisnis restoran atau kuliner di Indonesia dipercaya sebagai salah satu industri yang memiliki prospek menjanjikan. Sekarang ini sudah makin banyak pelaku usaha yang mencoba peruntungannya di bisnis restoran. Beragam nama restoran, menu dan ide kreatif lainnya semakin bermunculan.

Coba Anda amati tempat restoran di suatu tempat yang ramai atau bahkan disekeliling Anda? Banyak dari restoran tersebut silih berganti dalam berjualan. Ada yang sedang booming dan ramai pengunjung hanya bertahan beberapa bulan saja, setelah itu gulung tikar.

Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal
images/pexels.com

Walaupun menyediakan  nama dan menu yang unik pun belum cukup untuk membuat pelaku usaha tersebut bertahan, lebih lagi sukses.

Baca juga: Sudahkah Anda Tahu 5 Kebiasaan Bisnis Ritel yang Sukses?

Nah, untuk menghindari kesalahan-kesalahan terdahulu yang pernah dilakukan usaha sebelumnya, berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menjalankan bisnis kuliner:

1. Banyaknya Menu yang Ditawarkan

Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal
images/pexels.com

Alangkah baiknya jika Anda tidak menawarkan menu yang terlalu banyak karena hal tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti:

  • Terlalu banyak menu membuat pelanggan membutuhkan waktu lebih lama untuk memilih pesanan yang  diinginkan, hal itu berarti setiap menit pula sudah terbuang kesempatan Anda untuk menghasilkan uang.
  • Dengan banyaknya menu berarti Anda membutuhkan lebih banyak bahan baku. Banyaknya bahan baku berarti membutuhkan banyak tempat untuk penyimpanan. Hal itu berarti setiap bahan makanan yang dibeli mempunyai potensi untuk cepat basi.
  • Banyak menu berarti membutuhkan banyak waktu untuk memasak. Terlebih jika seorang koki tidak bisa mencampurkan berbagai variasi bahan makanan pada saat bersamaan. Berbeda jika Anda fokus pada menu tertentu dengan jumlah yang tidak banyak, Anda bisa menghemat semua hal di atas.

2. Pemasaran yang Kurang Efektif

Masih banyak sekali restoran yang berpendapat bahwa masyarakat akan mudah mengenal suatu restoran hanya dengan melalui pemasaran yang terjadi dari mulut ke mulut. Hal ini cukup beralasan karena pemasaran dari mulut ke mulut cukup efektif dan masih merupakan metode paling efektif sepanjang masa.

Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal
images/pexels.com

Namun, pernahkah Anda memkirkan, bagaimana mereka akan melakukan promosi dari mulut ke mulut jika pelanggan yang datang saja tidak berkenan untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada kerabat dan rekan-rekan mereka?

Baca juga: 5 Tips Penting untuk Marketing Bisnis Ritel Anda

Solusinya, Anda bisa memberikan faktor “X” yang bisa membuat orang untuk kembali lagi ke restoran Anda bahkan mengajak rekan dan kerabat untuk datang.

3. Manajemen yang Lemah

Faktor yang sering terlewatkan oleh pemilik restoran adalah minimnya pengawasan dan ditambah dengan sistem yang belum terbangun dengan baik. Sehingga hal itu akan berakibat pada kurang solidnya manajemen yang sudah ada.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Berjualan Online

Selanjutnya Anda harus melakukan pengawasan untuk kinerja karyawan sekaligus terus menerus membangun sistem yang baik dan terukur.

 4. Masih Menggunakan Sistem Manual

Tidak sedikit usaha restoran yang masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari pencatatan menu, order menu, jumlah harga yang dipesan pelanggan, stok bahan baku untuk restoran, dan lain sebagainya masih dilakukan secara manual.

Hal ini tentu akan menyita banyak waktu, sehingga tingkat kesalahan yang dilakukan (human error) juga semakin besar. Apalagi jika restoran tersebut ingin berekspansi, tentu tak banyak waktu untuk dilakukan.

Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal
images/pexels.com

Hal berbeda akan Anda temukan jika segera beralih menggunakan sistem software. Dengan menggunakan sistem software, segala hal manual (operasional) yang dilakukan diatas, bisa Anda lakukan dengan jauh lebih mudah.

Anda tak perlu repot-repot menulis pesanan pelanggan, menghitung jumlah laba dan rugi, stok bahan baku, dan sebainya, karena semua sudah dalam satu jangkuan jari Anda, tinggal klik saja.

Baca juga: 4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software dalam Usaha Anda

Bahkan Anda akan punya banyak waktu untuk berekspansi atau membuka cabang usaha restoran Anda sekaligus, dan waktu untuk keluarga juga makin banyak.

Nah pertanyaannya, software restoran apa yang paling pas untuk digunakan dalam restoran Anda? Jawabannya adalah InterActive My Resto.

Mengapa Anda harus memilih InterActive My Resto? Software ini sudah digunakan lebih dari 2000 pelanggan yang tersebar ke seluruh Indonesia yang sudah terbukti mampu mengembangkan bisnis resto dengan cepat dan efisien. Software ini 100% asli buatan anak bangsa, Indonesia. Jadi Anda tak perlu lagi kualitasnya.

5. Eksekusi dan Pelayanan yang Buruk

Layanan pelanggan yang buruk dan ketidakmampuan karyawan dalam menjalankan tugasnya dengan baik bisa membuat bisnis cepat tenggelam. Pastikan karyawan Anda benar-benar memiliki kemampuan yang sesuai dengan tujuan usaha Anda.

Untuk itu kembangkanlah sistem dan proses yang baik untuk bisa diselesaikan karyawan dengan sempurna, dan sekaligus menciptakan pengendalian internal untuk memantau kinerja karyawan Anda.

6. Lokasi yang Tidak Strategis

Lokasi yang strategis belum menjadi jaminan restoran Anda akan ramai pelanggan, apalagi jika lokasi tidak strategis malah-malah bisa membuat usaha restoran tutup lebih cepat dari yang diharapkan.

Ini Alasan Mengapa Banyak Bisnis Restoran yang Gagal
images/pexels.com

Untuk itu Anda perlu menghindari memilih lokasi di tempat yang terlalu sepi. Tempat yang terlalu sepi bisa membuat restoran Anda tidak dikenal banyak orang dan tentu mengancam keberlangsungan bisnis Anda.

Selain itu hindari berada di lokasi yang terlalu ramai, karena dengan berada di tempat yang terlalu ramai akan membuat restoran Anda tak menarik karena biasanya jalan yang ramai cenderung merupakan jalur cepat.

7. Rencana Bisnis yang Tidak Jelas

Sebuah rencana bisnis yang baik harus Anda pikirkan dengan terstruktur dan jelas yang mencakup pemikiran tentang masa depan usaha dan juga tantangan yang akan Anda hadapi kedepannya.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim

Hal ini juga akan memaksa Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan keuangan bisnis Anda mulai dari rencana pemasaran dan manajemen, pesaing, dan strategi Anda secara keseluruhan.

8. Kurangnya Pengalaman

Anda sudah memiliki konsep menu yang menarik dengan pilihan yang tidak terlalu banyak dan metode pemasaran yang unik dan beda. Lalu, apakah itu semuanya akan bisa menjamin bahwa restoran Anda tidak akan gagal? Jawabannya, belum tentu.

Faktor-faktor di atas hanya sebagian dari point yang menjadi alasan banyaknya restoran yang gagal. Lebih dari itu masih banyak faktor lain yang berbeda-beda untuk dialami tiap pelaku bisnis restoran.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi

Banyak dari kegagalan usaha restoran yang baru memulai bisnisnya dikarenakan terlalu percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Untuk itu jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang yang sudah lebih berpengalaman atau pihak ketiga dalam bisnis Anda.

Nah, setelah Anda memahami faktor-faktor diatas, Anda bisa jadikan hal ini sebagai pertimbangan Anda dalam mempersiapkan bisnis restoran dengan lebih baik lagi. Selamat berjuang.

1 Comment
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: