10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan

Kali ini Intermezzo akan berbagi 10 ide promo diskon yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Mengapa harus memberi diskon? Apa pengaruhnya diskon terhadap penjualan? Nah, simak sampai habis ya.

Menurut data Voucher Cloud, sekitar 57% konsumen lebih termotivasi melakukan pembelian saat mendapat diskon. Semakin banyak dan sering dilakukan promo diskon, maka semakin sering pula intensitas seseorang melakukan pembelian.

Jadi, jangan anggap remeh pemberian diskon di toko Anda. Tak heran, banyak vendor yang memberikan diskon besar-besaran saat mereka baru launching produk/ jasa tertentu. Istilahnya, mereka bakar duit dulu, baru nanti akan mendapat keuntungan yang lebih besar.

Sedikitnya, ada 5 keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika rajin memberi diskon kepada pelanggan.

5 Keuntungan Menawarkan Promo Diskon

1. Meningkatkan Penjualan

Bukan hal yang aneh jika program diskon bisa meningkatakn penjualan produk/ jasa Anda secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kecenderungan konsumen untuk membeli produk-produk yang sedang turun harga. Seperti yang telah dibuktikan oleh riset Voucher Cloud di atas. Bahwa 57% konsumen lebih termotivasi melakukan pembelian saat mendapatkan diskon. Hal ini yang kemudian dimanfaatkan oleh banyak vendor besar untuk memberikan program diskon secara rutin.

2. Menghabiskan Stok Lama yang Belum Terjual

Tingginya antusiasme konsumen untuk membeli produk-produk yang diskon, sudah pasti dimanfaatkan para pengusaha untuk menjual stok produk lama. Nah, ini bisa Anda jadikan contoh. Jika di gudang Anda saat ini masih tersisa banyak stok produk lama, segera jual dengan diskon besar-besaran, supaya banyak yang membeli produk tersebut.

3. Membangun Reputasi/ Meningkatkan Branding

giveaway burger king

Dengan aktif memberikan diskon, maka toko Anda akan lebih dikenal oleh pelanggan. Ini adalah salah satu langkah efektif untuk membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kualitas branding produk dan bisnis Anda lebih baik lagi.

Sebab, dengan sering memberikan diskon, maka toko Anda akan dinilai lebih peduli terhadap pelanggan. Sebaliknya, jika Anda tidak pernah mengadakan program promosi, maka pelanggan Anda pun tidak akan tertarik untuk berbelanja kembali ke toko Anda.

4. Mendapatkan Pelanggan Baru

Saat mengadakan diskon besar-besaran, peluang mendapatkan pelanggan baru juga semakin besar. Sebab, seseorang cenderung menyebarkan info promo kepada teman atau orang terdekatnya. Sehingga, informasi diskon pun tersebar secara meluas. Orang yang awalnya tidak tahu produk-produk yang Anda jual pun menjadi tahu, dan berpeluang melakukan transaksi. Disinilah langkah emas untuk mendapatkan pelanggan baru sebanyak-banyaknya.

5. Mempertahankan Pelanggan Setia

Bukan hanya pelanggan baru yang berdatangan, tapi pelanggan lama juga semakin loyal jika Anda sering memberikan diskon. Mereka akan merasa lebih dipedulikan dan dimanjakan dengan berbagai program promosi yang Anda buat. Sehingga, mereka akan melakukan repeat order dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Perbedaan Diskon & Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?

Nah. Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika sering-sering memberi diskon kepada pelanggan. Pertanyaannya sekarang, bagaimanakah cara membuat promo diskon yang bisa menarik perhatian calon konsumen?

Sebab, tak jarang pula program diskon yang kurang mendapat perhatian, karena mekanismenya yang terlalu rumit atau potongan harga yang ditawarkan terlalu kecil dan kurang menguntungkan pelanggan.

Supaya program diskon yang Anda jalankan nanti tidak berbuntut pada kegagalan, Anda bisa mencoba 10 ide promo diskon yang telah terbukti meningkatkan penjualan secara signifikan berikut ini.

10 Ide Promo Diskon

1. Diskon pada Jam Tertentu

Ide promo diskon yang pertama bisa Anda lakukan pada jam tertentu. Misalnya, khusus pembelian di atas pukul 21.00 bisa mendapatkan diskon 50%. Atau khusus pembelian jam 3-5 sore bisa mendapatkan potongan harga. Hal ini akan memicu semangat seseorang untuk membeli produk yang Anda diskon. Sebab mereka akan berpikir harus beli sekarang juga, karena kalau jamnya lewat nanti diskonnya habis.

Promo diskon berbatas jam ini sering dilakukan oleh department store atau outlet bakery yang ingin menghabiskan stoknya. Tapi, meskipun bidang usaha Anda bukanlah kedua jenis usaha tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis promo diskon ini.

2. Diskon Awal Bulan

Ide promo diskon yang kedua bisa Anda lakukan setiap awal bulan. Mengapa di awal bulan? Karena, mayoritas pegawai negeri dan karyawan swasta di Indonesia memperoleh gaji di awal bulan. Nah, ini waktu yang tepat untuk menarik perhatian mereka agar berbelanja di toko Anda. Siapkan promo diskon dari jauh-jauh hari yang akan diluncurkan pada awal bulan, misalnya tanggal 1-5.

3. Diskon Hari Khusus

Ide yang ketiga bisa Anda berikan setiap ada peringatan hari-hari besar tertentu. Khususnya, pada momen hari besar yang memiliki keterkaitan dengan usaha Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk-produk baby care, Anda bisa memberikan diskon spesial setiap hari anak atau hari ibu. Atau jika Anda menjual peralatan sekolah, Anda bisa memberikan diskon khusus setiap hari pendidikan nasional atau saat menjelang pergantian semester.

Pemberian diskon di momen-momen hari besar ini bisa lebih meningkatkan reputasi toko Anda menjadi lebih baik lho! Karena, dengan mengadakan program diskon di perayaan hari tertentu, maka otomatis toko Anda dianggap telah ikut menyemarakkan momen hari besar yang bersangkutan. Tentunya, langkah ini akan meninggalkan kesan yang baik di mata pelanggan. Jadi, coba eksplor lebih dalam momen hari besar apa saja yang bisa Anda coba untuk memberikan diskon spesial.

4. Diskon Ulang Tahun

Ide promo diskon selanjutnya bisa Anda lakukan secara personal kepada para pelanggan setia toko Anda. Yaitu, dengan memberikan diskon khusus bagi pelanggan yang sedang berulang tahun. Pemberian diskon ini tentu sangat spesial di mata pelanggan. Mereka merasa diistimewakan, karena momen ulang tahunnya ikut Anda rayakan melalui pemberian diskon di toko Anda.

Baca Juga: Ingin Tahu Bagaimana Membuat Pelanggan Lebih Bahagia?

5. Diskon Sesuai Nama/ Profesi/ Pencapaian Tertentu

Ide promo diskon yang satu ini terbilang cukup baru dan unik. Jadi, Anda memberikan diskon spesial khusus bagi pemilik nama, profesi, atau seseorang yang memiliki pencapaian tertentu. Misalnya, saat ini memasuki bulan Agustus, Anda bisa memberikan diskon bagi pelanggan yang bernama Agus. Atau misalnya saat ini tengah viral seorang polisi lucu, maka Anda bisa memberikan diskon kepada para polisi.

6. Diskon Beli Satu Gratis Satu

buy 1 get 1

Kalau ide promo diskon yang satu ini sudah ada sejak lama, dan masih tetap populer hingga sekarang. Selain beli 1 gratis 1, Anda juga bisa menawarkan paket produk (bundle) tertentu yang menguntungkan bagi pelanggan. Atau, menawarkan kesempatan tebus murah jika mencapai total belanja sekian rupiah.

7. Diskon Bagi Pelanggan yang Repost Konten Sosmed

Ide promo diskon yang ketujuh ini bisa disebut juga sebagai kuis media sosial atau biasanya diberikan dalam bentuk hadiah gratis/ giveaway. Jadi, bagi pelanggan Anda yang repost info promo ke media sosial miliknya, lalu mengajak teman-temannya untuk ikut promo tersebut, maka bisa mendapatkan diskon khusus dari toko Anda. Dengan cara ini, toko Anda akan lebih populer di media sosial dan tentunya semakin dicintai para pelanggan Anda.

8. Diskon Grup

Ide promo diskon yang satu ini dilakukan dengan memberikan diskon khusus dengan minimal pembelanjaan bersama sejumlah orang. Misalnya, diskon menu spesial dengan minimal pembelian untuk 4 orang, dan lain-lain. Cara ini akan sangat efektif untuk menggaet lebih banyak pembeli, karena diskon hanya bisa ditukar jika minimum jumlah orang sesuai dengan peraturan yang ditentukan.

Tapi ingat, jangan menyulitkan pelanggan dengan menerapkan minimum jumlah pembeli hingga mencapai 10 orang/ lebih. Tentu, pelanggan akan kesulitan untuk mengumpulkan orang sebanyak itu. Ujung-ujungnya, mereka mengurungkan niat untuk membeli produk diskon dari Anda.

9. Diskon Member

Kalau ide promo diskon kesembilan ini wajib Anda terapkan dalam jangka panjang. Hal ini sangat penting, agar member toko Anda merasakan banyak manfaat dengan bergabung sebagai member. Program ini pula yang bisa memicu pembeli non-member untuk ikut mendaftar sebagai member. Sehingga, loyalitas mereka semakin bertambah dan peluang repeat order pun semakin besar.

10. Diskon Berupa Cashback

Ide promo yang terakhir sedang booming akhir-akhir ini, terutama karena sedang menjamurnya berbagai brand e-wallet di kota-kota besar. Dibandingkan diskon yang langsung memberikan potongan harga pada saat terjadinya transaksi, cashback lebih menguntungkan Anda karena dapat memicu pembeli melakukan repeat order di kemudian hari.

Sebab, dalam mekanisme cashback, jumlah potongan harga yang didapat pembeli akan disimpan melalui kartu member atau e-wallet tertentu, dan hanya bisa digunakan saat transaksi berikutnya. Dengan begitu, si penerima cashback akan membeli ke toko Anda lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Tetap Setia

Demikian 10 ide promo diskon yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan di toko Anda secara signifikan. Ingat: berikan diskon yang menguntungkan pelanggan dan buat mekanisme yang tidak terlalu menyulitkan. Sehingga, program diskon yang Anda jalankan bisa menarik perhatian banyak orang.

MyProfit

Untuk mendukung program diskon di toko Anda, kini aplikasi kasir InterActive MyProfit telah dilengkapi fitur “Diskon Manual”. Sehingga, Anda tidak perlu repot menghitung berapa total yang harus dibayar pelanggan setelah dikurangi diskon. Semua itu bisa Anda lakukan secara otomatis melalui fitur “Diskon Manual” di InterActive MyProfit versi terbaru.

Download aplikasi MyProfit di Google Play Store dan dapatkan BANYAK kemudahan mengelola penjualan. Coba sekarang juga!

2 Comments
  1. Awalnya untuk pengguna smartphone, aplikasi revenue keeper dirancang untuk pengguna PC. Financial gain Middle adalah aplikasi yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan uang dari PC.Application yang dapat digunakan buat mengelola stok pembelian penjualan & laporan keuangan secara prompt dalam berbagai jenis usaha pertokoan seperti : swalayan, minimarket, grocery store, dst sejenis. Tanpa harus terlalu dalam memahami teori matematika & akutansi yang rumit serta menyederhanakan aktivitas konvensional menjadi lebih mudah & ringkas dgn basis knowledge komputerisasi & network (buat akurasi perhitungan & Portabilitas aplikasi). point of sales Aplikasi ini juga mendukung manner customer server & backup databases secara menyeluruh supaya lebih Harmless.Pada beberapa tahun yang lalu, kita mungkin menggunakan Personal computer untuk mencatat penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.