7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda

7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik – Saat ini keberadaan teknologi di berbagai bidang usaha semakin berkembang pesat. Salah satunya di bidang usaha kuliner, seperti restoran/ kafe. Hampir semua pengusaha restoran telah meninggalkan cara manual dalam manajemen bisnis mereka. Mereka lebih memilih investasi software restoran terbaik untuk memudahkan manajemen bisnis restoran/ kafe mereka secara otomatis.

Umumnya, para pengusaha restoran ini menggunakan software kasir/ POS (Point of Sale) yang memiliki beragam fitur terkini untuk memudahkan manajemen restoran. Mulai dari fitur pencatatan transaksi, pemantauan stok bahan, hingga merekap laporan penjualan.

Jadi, sebagai pengusaha/ calon pengusaha restoran/ kafe, apakah Anda telah memilih software restoran terbaik untuk bisnis Anda?

Kali ini, Intermezzo akan membahas 7 cara memilih software restoran terbaik yang dapat membantu Anda meningkatkan pelayanan di restoran/ kafe Anda.

Mengenal Software POS Secara Umum

Software POS (Point of Sale) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran/ kafe. Umumnya, sebuah sistem POS terdiri dari seperangkat komputer dan beberapa peralatan kasir yang telah terintegrasi dengan sebuah software (program komputer) khusus restoran.

Software POS memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Mencatat transaksi yang masuk beserta metode pembayaran yang digunakan
  • Menghitung kas jatuh tempo untuk setiap order yang dimasukkan
  • Melacak uang tunai di laci uang tunai
  • Membuat laporan penjualan per jam dan harian
  • Mengizinkan karyawan per jam untuk masuk dan pergi
  • Melacak item menu yang terjual dan mengetahui data item terlaris/ sebaliknya
  • Mencatat data pelanggan berulang/ pendaftaran member, dll

Baca Juga: 4 Keuntungan Menggunakan Sistem Software untuk Usaha Anda

Nah, setelah mengetahui beberapa fungsi dasar software POS di atas, saatnya kita mengetahui 7 kriteria yang harus diperhatikan sebelum membeli software POS berikut ini

1. Fitur yang Ditawarkan

cara memilih software restoran terbaik

Cara memilih software restoran terbaik yang pertama adalah cari software restoran yang memiliki beragam fitur unggulan sesuai kebutuhan bisnis restoran/ kafe Anda. Sebab, setiap merk software POS memiliki fitur yang berbeda-beda, dan sebagai konsumen Anda harus jeli dalam memilih software manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan, Anda bisa membaca deskripsi lengkap software tsb melalui website atau berkonsultasi langsung dengan tim marketing-nya. Supaya Anda tidak salah pilih, sebaiknya Anda memilih software POS yang menawarkan fitur terlengkap dan fleksibel untuk digunakan (bisa dipilih fitur mana saja yang ingin digunakan/ tidak).

Software InterActive MyResto adalah software POS yang secara konsisten menawarkan fitur-fitur terlengkap untuk manajemen bisnis restoran/ kafe. Dari segi penawaran, InterActive MyResto juga sangat fleksibel. Karena tersedia beberapa paket harga yang bisa dipilih berdasarkan fitur-fitur apa saja yang Anda butuhkan.

2. Hardware/ Perangkat Keras yang Dibutuhkan

cara memilih software restoran terbaik

Cara memilih software restoran terbaik selanjutnya adalah perhatikan jenis hardware/ perangkat keras apa saja yang diperlukan. Setelah memilih software-nya, saatnya Anda pilih perangkat keras apa saja yang diperlukan untuk menjalankan program tsb.

Beberapa hardware yang Anda perlukan untuk menjalankan software restoran antaralain:  monitor layar sentuh di loket layanan, cash drawer (laci uang), printer untuk mencetak struk, printer dapur (jika diperlukan), dll.

Anda bebas memilih perangkat mana saja yang Anda butuhkan untuk restoran/ kafe Anda. Yang pasti, perangkat utama yang harus Anda miliki adalah All in One PC atau monitor layar sentuh untuk menjalankan software-nya. Sedangkan untuk printer, Anda bisa mempertimbangkannya sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan spesifikasi perangkat keras yang akan Anda beli, apakah kompatibel untuk menjalankan software restoran yang telah Anda pilih. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda membeli paket hardware dari vendor yang sama dengan penyedia software restoran yang Anda pilih. Sehingga, hardware yang Anda dapatkan dijamin telah memenuhi minimal kompatibilitas yang telah ditentukan.

Baca Juga: Inilah 7 Langkah Mudah Membuka Bisnis Restoran Berkelas Dunia

3. Pelaporan Keuangan

cara memilih software restoran terbaik

Cara memilih software restoran terbaik yang ketiga adalah, pertimbangkan bagaimana sistem back office yang disediakan oleh software. Pastikan sistem back office/ halaman admin dari software yang Anda pilih memungkinkan Anda untuk mendapat laporan penjualan harian secara terperinci. Sehingga, Anda bisa menganalisis hasil penjualan bisnis Anda secara maksimal.

Anda juga disarankan untuk memilih software restoran yang bisa diintegrasikan dengan software akuntansi, sehingga laporan penjualan yang Anda dapatkan bisa lebih lengkap dan detail. Mulai dari neraca keuangan, arus kas, laporan laba-rugi, faktur pajak, dll.

4. Keramahan Penggunaan

Dalam memilih software restoran terbaik, poin keempat yang perlu Anda perhatikan adalah keramahan/ kemudahan penggunaan. Pastikan Anda memilih software yang mudah digunakan dan tidak perlu mengikuti pelatihan ekstensif untuk menggunakannya. Karena sistem yang rumit hanya akan membuat karyawan frustrasi dan memperlambat kecepatan layanan.

5.Data Pemasaran

Cara memilih software restoran terbaik selanjutnya adalah, pertimbangkan software restoran yang mampu melacak data pelanggan seperti nomor telepon, alamat email dan perintah favorit. Sehingga, Anda bisa membangun database informasi pelanggan yang berguna untuk kampanye pemasaran bisnis Anda.

6. Dukungan Teknis/ Technical Support

cara memilih software restoran terbaik

Kriteria keenam yang perlu Anda perhatikan dalam memilih software restoran terbaik adalah dukungan teknis (technical support) yang disediakan. Pastikan vendor yang Anda pilih memiliki layanan technical support yang selalu siap melayani pelanggan jika software/ hardware yang telah dibeli mengalami gangguan tertentu.

Sebab, sehebat apapun software yang Anda gunakan, tidak dipungkiri akan adanya error, bugs, atau kendala-kendala teknis lainnya. Sehingga, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih vendor yang memberikan layanan technical supporting terbaik. Yaitu, mereka yang bisa memberikan training, pendampingan selama beberapa hari, serta bisa diandalkan kapan pun saat terjadi gangguan pada software/ hardware. Selain itu, pastikan juga layanan technical supporting tsb disediakan di berbagai media komunikasi, mulai dari chat, telepon, hingga PC-remote.

Jangan sampai Anda memilih vendor yang tidak memiliki layanan technical support. Karena Anda akan ditelantarkan oleh mereka. Ketika software/ hardware yang Anda gunakan mengalami gangguan, Anda pun akan kebingungan sendiri.

7. Harga

Poin terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam memilih software restoran terbaik adalah harga yang ditawarkan. Pilih vendor yang menyediakan berbagai pilihan paket harga, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Baca Juga: Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan

Nah, demikian pembahasan tentang 7 Cara Memilih Software Restoran Terbaik untuk Meningkatkan Pelayanan Restoran Anda.

cara memilih software restoran terbaik

Untuk memilih software restoran terbaik, kami rekomendasikan Anda menggunakan software InterActive MyResto. Jika diukur dari 7 kriteria di atas, software InterActive MyResto telah memenuhi semua kriteria tersebut, dan bahkan memiliki BANYAK kelebihan lainnya seperti berikut ini:

  • Software asli Indonesia dengan tim programmer asli Indonesia.
  • Telah digunakan di lebih dari 3000 resto/ kafe di seluruh Indonesia, menandakan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap software InterActive MyResto
  • Kenyamanan dalam kepemilikan hardware, karena InterActive hanya menjual hardware dalam kondisi baru dan bergaransi resmi
  • Support sistem food court, dine in take away dan delivery, dan FREE unlimited tables.
  • Telah terintegrasi dengan software InterActive MyAccounting untuk membuat laporan akuntansi lengkap secara otomatis
  • Layanan Technical Support terbaik, dengan dukungan tim IT Support yang bisa melayani training, pendampingan, dan maintenance selama 24 jam, baik secara langsung maupun melalui berbagai media komunikasi (chat, telepon, PC-remote, dll)
  • Tersedia banyak pilihan paket harga yang bisa dipilih sesuai anggaran dan kebutuhan Anda

Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang software InterActive MyResto.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: