7 Cara Melakukan Ekspansi Bisnis dari Offline ke Online

Cara Melakukan Ekspansi Bisnis dari Offline ke Online
sumber gambar: boldbusiness.com

Setiap pengusaha tentu menginginkan adanya pengembangan area atau ekspansi bisnis yang mereka miliki. Yang artinya juga akan membuka kesempatan bagi sebuah bisnis untuk mendapatkan penambahan omzet yang lebih besar.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Agar sebuah bisnis tidak mudah terkena krisis, mudah memberikan pelayanan barang atau jasa di berbagai daerah, dan mampu mendapatkan informasi berharga dari berbagai daerah yang akan membantu kelancaran bisnis kedepannya.

Di zaman serba berteknologi ini, sistem ekspansi bisnis tidak lagi seperti dulu. Perusahaan yang baik kualitasnya tidak hanya dilihat dari seberapa banyaknya perusahaan tersebut memiliki kantor cabang. Namun ada beberapa faktor lain yang turut mendukung ekspansi bisnis seperti ketersediannya website/ blog, traffic website, hingga kualitas SEO (search engine optimization) yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Bahkan ada sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa “Dengan memiliki lebih dari satu website maka itu sama saja dengan Anda memiliki lebih dari satu bisnis”. Google dapat dianalogikan sebagai pasar dan website-website yang terindeks di Google adalah toko-toko kelontongnya. Bisa dikatakan bahwa analogi tersebut memang benar adanya jika ditinjau dari perilaku masyarakat Indonesia.

Tak heran banyak perusahaan-perusahaan e-commerce, trading dan supplier export yang sangat mengandalkan proses digital marketing untuk mendapatkan pendapatan. Untuk bidang perusahaan seperti trading dan supplier mereka kebanyakan adalah perusahaan yang sebelumnya sudah melakukan kegiatan bisnis secara offline namun berekspansi ke bisnis online. Hal ini disebabkan oleh persaingan yang sudah sedemikian ketatnya dan perubahan perilaku pasar. Kabar baiknya, ekspansi bisnis ke versi online tidaklah sulit.

Berikut ini akan kita bahas bagaimana sebuah perusahaan melakukan ekspansi bisnis dari sistem yang bersifat konvensional (offline) ke sistem yang bersifat digital (online). Mari kita simak penjelasannya berikut ini:

1. Riset Kompetitor

Hal ini penting untuk Anda lakukan sesuai dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity & Threat). Keempat aspek ini adalah aspek yang paling umum yang harus dianalisis agar bisnis Anda mengetahui apa saja kekuatan dan kelemahan kompetitor, peluang yang dimiliki, hingga ancaman yang bisa datang terhadap bisnis Anda.

Analisis SWOT akan sangat membantu Anda dalam menentukan langkah-langkah promosi Anda selanjutnya. Tidak akan mungkin strategi pemasaran online akan bisa dijalankan dengan tepat apabila perusahaan Anda tidak memperhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor.

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Mengurangi Pengeluaran dalam Berbisnis

2. Tetapkan Tujuan Website Anda

Penetapan tujuan website akan membuat website Anda menjadi lebih terarah dan fokus pada beberapa hal saja. Apakah website yang Anda gunakan khusus hanya untuk blog atau digunakan untuk berjualan secara online? Kedua tujuan tersebut yang nantinya akan membedakan tampilan website dengan konten website Anda.

Website yang hanya digunakan untuk blog biasanya akan lebih menekankan pada artikel menarik yang berkaitan dengan produk. Sedangkan website yang dikhususkan untuk berjualan memiliki teknik yang sedikit berbeda. Perhatikan website marketplace seperti Lazada, OLX, Bukalapak, Elevenia dan Tokopedia. Situs tersebut tidak hanya memiliki foto-foto produk yang menarik saja tetapi juga memiliki penataan kategori website yang begitu baik.

Website yang memang dikhususkan untuk berjualan sangat menekankan pada spesifikasi dan kategori produk, guna untuk memudahkan pencarian produk yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu jangan lupakan fitur-fitur seperti sistem pembayaran secara online, keranjang belanja dan juga fitur pembuatan akun bagi para pelanggan.

3. Optimasi Produk di Website

Mulailah berpikir dan memilih produk-produk apa saja yang akan Anda jual atau dipromosikan secara online. Perlu dipahami bahwa yang perlu ditampilkan di website adalah produk-produk unggulan, terutama jika usaha Anda memiliki jumlah produk yang sangat banyak bahkan mencapai ribuan.

Usahakan sebisa mungkin tampilan website Anda efektif dan minimalis. Hal ini yang jarang diperhatikan oleh pebisnis yang baru memulai teknik pemasaran digital. Padahal tampilan dan kecepatan adalah unsur penting dalam sebuah website.

Baca Juga: 8 Alasan Penting Mengapa Bisnis Membutuhkan Website

4. Gunakan Jasa SEO Spesialis

Perlu diketahui bahwa SEO adalah sebuah proses pemasaran secara digital dimana output-nya diukur dengan cara “pencarian organik”. Langkah pertama sebelum Anda menjejaki bisnis online adalah tentu saja dengan mencari penyedia jasa pembuatan website dan SEO yang mampu memberikan Anda pelayanan terbaik.

Tips pertama dan paling sederhana yang  penting untuk Anda ketahui adalah mereka tidak melakukan teknik black hat SEO dalam menjalankan bisnisnya namun menggunakan teknik white hat.

Apa itu teknik black hat dan white hat SEO? Dalam “kamus SEO” istilah black hat SEO ini adalah melakukan optimasi SEO dengan teknik kotor yaitu dengan memaksa mesin pencari atau search engine agar melihat situs tertentu dan memaksa peringkat blog tersebut. Sedangkan white hat seo adalah teknik SEO yang baik di mata mesin pencari dan teknik ini di anggap teknik yang etis dalam melakukan SEO. Namun melakukan white hat SEO ini membutuhkan proses dan dedikasi yang tidak instan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Dari mana kita bisa tahu sebuah perusahaan menggunakan cara atau teknik black hat SEO? Mereka menggunakan teknik “beternak link” dimana link yang mereka bangun terlalu banyak dan tidak relevan dengan konten artikel atau produk yang ditulis. SEO dengan cara seperti itu tidak akan mendapatkan peringkat yang baik di Google. Anda bisa cek apakah mereka menempatkan kata kunci pada sebuah bagian yang tersembunyi dengan cara menyamakan warna teks dengan warna background blog atau website yang mereka miliki. Perhatikan apakah mereka menggunakan kata kunci secara berulang-ulang. Jika salah satu dari ketiga hal ini sudah Anda lihat maka sebaiknya Anda perlu menjauhi penyedia jasa SEO tersebut.

Baca Juga: Strategi SEO Menempatkan Website Anda di Nomor 1 Pencarian

5. Coba SEM sebagai Alternatif

Jika Anda merasa bahwa teknik SEO tidak terlalu efektif untuk bisnis Anda karena membutuhkan keahlian yang tinggi. Maka Anda bisa menggunakan jasa SEM (Search Engine Marketing) untuk hasil yang lebih cepat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa SEO adalah proses pemasaran digital secara organik maka SEM adalah proses pemasaran digital dengan cara menggunakan Google AdWords. Perbedaan lain yang membedakan antara SEM dan SEO adalah jasa SEM akan tampil di atas pencarian organik. Atau di atas ranking pertama pencarian organik Google yang berada di sebelah kanan layar komputer atau paling atas smartphone Anda.

Jika dilihat dari besaran modal yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis, SEM membutuhkan modal yang tidak sedikit daripada menggunakan jasa SEO.

6. Promosikan Bisnis Anda di Media Online

Mempromosikan bisnis Anda di media online adalah cara lain yang bisa Anda tempuh agar bisnis Anda tetap survive. Portal berita seperti detik.com, kompas.com bisa Anda gunakan sebagai media promosi. Mengapa memanfaatkan porta berita tersebut penting untuk dilakukan? Portal berita tersebut memiliki puluhan ribu jumlah pengunjung harian yang membaca berita. Dengan pengunjung harian yang begitu besar ini, maka akan membuka kesempatan Anda untuk bisa menggunakan jasa iklan yang ditawarkan.

Sehingga kesempatan promosi Anda di portal berita tersebut untuk diklik pengunjung pun juga akan semakin besar. Kampanye di media online menjadi salah satu cara yang jitu untuk melakukan branding perusahaan Anda, meskipun ada biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Branding dan Fungsinya Dalam Bisnis

7. Gabung ke Forum Diskusi Online

forum
sumber gambar: tourette.ca

Forum diskusi online juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk Anda. Mengapa dikatakan efektif? Promosi dengan menggunakan cara ini bisa dikatakan tanpa biaya. Anda hanya perlu membuat akun dan aktif berkomentar atau membuat postingan di forum online seperti KasKus. Forum online adalah tempat dimana netizen saling berbagi ide, cerita terkini, isu-isu menarik hingga informasi mengenai jual beli barang.

Demikian telah dijelaskan mengenai 7 cara bagaimana perusahaan Anda bisa melakukan ekspansi bisnis yang bersifat offline menjadi sistem digital/ online. Semoga bermanfaat, silakan komen dan share.

Sumber referensi: maxmanroe.com

8 Comments
  1. My brother suggested I migһt like thіѕ website. He waas once entirely right.
    Thhis submit actuɑlly made my dɑy. You cann’t believe simply how much time I һad spent foг thіs info!
    Thanks!

    Heгe is my web-site – online store

  2. magnificent put up, very informative. I’m wondering why the opposite specialists of this sector
    don’t notice this. You must proceed your writing. I’m confident, you have a great readers’
    base already!

  3. Hi there just wantеԀ tо gіve you ɑ quck heads ᥙρ and let
    you knoԝ a few of the pictures aren’t loading properly. Ӏ’m not sure ѡhy ƅut I thіnk
    its ɑ linking issue. I’ve tried it іn two different web browsers and botһ show the same outcome.

    Here is mу website :: shopee

Leave a Reply

Your email address will not be published.