Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website

Dewasa ini sudah banyak pengusaha yang memanfaatkan internet dalam perkembangan bisnis mereka. Salah satunya adalah dengan membuat website sebagai identitas dari bisnis.

Namun begitu, masih banyak pemilik usaha kecil menengah yang berpikir bahwa memiliki website bagi bisnisnya itu belum begitu penting. Ada yang berpikir membuat website itu ribet, mahal dan tidak ada dalam anggaran usahanya.

Alasan lain dari pemilik usaha kecil menengah ini adalah karena usaha mereka masih manual dan tidak didukung dengan penggunaan komputer atau software, sehingga kepemilikan website belum begitu penting.

Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website
images/pexels.com

Untuk itu, di jaman yang serba canggih ini, mau tidak mau kita dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman, demi keberlangsungan dan perkembangan bisnis.

Baca juga: Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati?

Berikut ini, beberapa alasan mengapa bisnis Anda sudah harus memiliki website, apapun bidang usaha yang Anda geluti.

1. Meningkatkan Kredibilitas Bagi Usaha Kecil Menegah

Di jaman yang serba teknologi ini, sudah dimanfaatkan banyak orang untuk mencari barang kebutuhan yang mereka inginkan. Usaha kecil menengah Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa memiliki website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang sudah memiliki website.

Jika Anda sudah memiliki website, namun belum maksimal dama hal fitur dan tampilan, ada baiknya Anda mendesain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, untuk membuat bisnis Anda mendapatkan kepercayaan yang lebih besar dari pelanggan.

Pun bagi Anda yang baru merintis usaha, bisa langsung menggunakan website untuk berjualan secara online tanpa perlu memiliki toko secara online. Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website yang sudah terpercaya dari indeo.id.

2. Menghemat Pengeluaran Bisnis Anda

Sebagai pemilik usaha kecil menengah, biaya merancang sebuah situs web dapat bervariasi, mulai dari harga Rp 300.000,- per bulan hingga jutaan rupiah perbulannya. Tergantung dari tampilan dan fitur yang ada dalam website nantinya.

Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website
images/pexels.com

Baca juga: 6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda

Berbeda hal dengan biaya iklan di surat kabar, harganya bisa jauh lebih mahal daripada menggunakan website. Hal ini dapat memicu pasar potensial Anda untuk berkembang, dan merupakan cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

3. Memberikan Informasi Terbaru kepada Pelanggan dengan Cepat dan Tepat

Jika Anda memiliki sebuah website, Anda akan jauh lebih mudah dalam memberikan informasi terbaru kepada pelanggan atau calon pelanggan. Informasi yang disampaikan dalam website dapat beragam, bisa seputar produk atau jasa yang Anda tawarkan, informasi edukasi, layanan terbaru hingga promosi khusus pun, bisa Anda tampilkan dengan cepat.

Hal ini tentu berbeda jika Anda masih menggunakan media cetak konvensional dalam beriklan, biayanya akan jauh lebih mahal dan tidak secara cepat dan tepat sampai kepada pelanggan yang potensial.

4. Jangkauan yang Lebih Mudah

Anda bisa menentukan waktu dan hari dalam layanan yang Anda berikan dalam website yang Anda miliki. 24 jam dalam 7 hari, 12 jam dalam sehari, senin sampai jumat, atau apapun jam dan hari nya, bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Para pelanggan Anda akan tetap bisa nyaman melihat produk dan jasa di website Anda ketika toko kantor online Anda sudah tutup.

5. Dapat Menarget Pangsa Pasar yang Lebih Luas

Memiliki website toko online bisa menjadi tempat yang bagus untuk menjual produk atau jasa Anda ke pasar yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi, seperti instagram, facebook hingga google.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim

Tinggal bagaimana Anda meyakinkan pelanggan akan produk dan jasa yang Anda tawarkan memang benar-benar nyata dan bukan rekayasa. Kepercayaan pelanggan itu yang utama, jangan sampai pelanggan beralih ke pesaing karena produk yang Anda tawarkan tidak sesuai dengan asli nya.

Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website
images/pexels.com

6. Sebagai Tempat untuk Memperlihatkan Karya Anda

Apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah website adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya yang akan Anda jual.

Dengan memasukkan portofolio karya yang pernah Anda buat sebelumnya, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda unik dari bisnis yang lain. Tak lupa pula untuk menjaga keaslian dari produk yang Anda buat.

7. Menghemat Waktu Berharga Anda

Memberikan informasi kepada pelanggan seperti menawarkan produk melalui telepon, bertatap muka, melalui brosur iklan, ataupun email, akan menguras banyak waktu Anda.

Solusinya dengan membuat katalog online, Anda dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda. Jadi, tunggu apa lagi untuk Anda tidak segera memiliki sebuah website?

8. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan memiliki sebuah website, Anda bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pelanggan Anda, seputar dunia bisnis, desain, keamanan bisnis dsb nya.

Baca juga: 10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

Anda bisa menambahkan halaman tanya jawab, atau menyediakan newsletter di website maupun melalui email untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, agar mereka selalu up to date dengan bisnis Anda. Layanan pelanggan bisa Anda sesuaikan dengan gaya atau kebutuhan bisnis Anda sendiri.

Setelah membaca alasan-alasan diatas, mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Dimana tempat yang bagus untuk membuat sebuah website yang profesional?” Jawaban dan solusi nya adalah dengan menggunakan jasa dari Indeo yang siap membantu dan memberikan layanan terbaik dalam pembuatan dan pengelolaan website secara profesional dan tepat sasaran.

Jadi tunggu apalagi? Segera miliki website demi keberlangsungan dan perkembangan  bisnis Anda.

Semoga bermanfaat, dan menginspirasi Anda.

3 Comments
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: