7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim

Pengguna media sosial baik itu facebook, twitter hingga instagram, dewasa ini sering memposting kegiatan travelling yang mereka lakukan. Berbagi momen bahagia dengan berbagi latar belakang foto di berbagai tempat wisata, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, rasanya menjadi sesuatu yang sayang jika tak dibagikan ke media sosial.

Dengan adanya fenomena ini, tentunya merupakan peluang yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang bagi Anda yang ingin memiliki bisnis travel, bahkan dengan modal minim.

7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim
image/pexels.com

Jika modal Anda tidak cukup untuk memiliki tempat khusus atau menyewa tempat, maka bisnis travel online menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Dengan bisnis travel online ini tentu bisa Anda kerjakan dimanapun dan kapanpun, karena semua orang bisa mempelajarinya.

Anda pecinta travelling? Berpikir untuk membangun bisnis travel online? simak tips ampuh berikut ini dalam menjalankan bisnis online:

1. Menyiapkan hardwaresoftware yang sesuai.

Tips pertama untuk membangun bisnis travel online yang sukses adalah mempersiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Seperti peralatan hardware dan software untuk menjalankan bisnis ini.

Komponen hardware tersebut berupa perangkat komputer yang memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Selain itu, komputer tersebut juga harus terhubung dengan jaringan internet yang baik pula agar bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website

Kenapa komputer harus terhubung ke internet? Karena internet lah satu-satunya cara untuk terhubung dengan situs maskapai penerbangan secara cepat dan efisien.

Sedangkan komponen software tersebut berupa program dan sistem operasi yang akan membantu kita melakukan pemesanan tiket secara online. Software ini juga akan membantu proses billing transaksi dan website yang berisi shopping cart.

Untuk mendapatkan software ini, kita bisa bekerja sama dengan master agen tiket online dengan menAndatangi kesepakatan terlebih dahulu, mengingat poin pertama ini merupakan hal yang krusial dalam menjalankan bisnis travel online.

2. Mencintai dunia travelling

Tak lengkap rasanya jika Anda menjalankan bisnis travel online tapi Anda tidak suka jalan-jalan. Mengapa? Karena bisnis yang dibangun berdasarkan passion memiliki peluang sukses lebih besar sehingga bisa menjalankan bisnis dengan maksimal dan sepenuh hati.

Konsumen yang membutuhkan jasa dari bisnis Anda tentunya adalah orang-orang yang menyukai dunia travelling, dan mereka akan sangat senang bukan jika Anda juga punya minat yang sama.

Berbeda jika Anda tidak punya minat pada bidang ini, tentunya akan mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan pelanggan Anda.

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim
images/pexels.com

3. Membangun Brand Bisnis Travel yang Menarik

Bisnis yang sukses merupakan bisnis dengan brand yang sudah dikenal masyarakat dengan baik. Itulah sebabnya, jika Anda ingin membangun bisnis jangka panjang maka bisnis travel online Anda membutuhkan nama atau brand yang menarik bagi konsumen.

Brand ini juga akan membantu memudahkan calon konsumen ketika mereka mencari website atau alamat bisnis Anda di internet. Terlebih jika nama brand Anda unik dan kreatif, tentu orang lain akan dengan mudah mengingatnya

4. Promosi

Karena sebagian besar konsumen di Indonesia biasanya berorientasi pada harga, termasuk di bisnis travel. Banyaknya pemain di bisnis ini membuat perang harga acapkali terjadi. Sehingga promosi besar-besaran mulai bertebaran.

Promosi bisa Anda lakukan secara online maupun secara offline dengan berbagai media yang ada. Promosi offline bisa kita lakukan dengan cara beriklan di media massa, menyebar brosur, dan memasang pamflet di tempat-tempat yang strategis.

Promosi online bisa menjangkau lebih banyak orang, medianya juga sangat banyak dan ada yang gratis. Pemasaran online bisa dilakukan dengan website, media sosial (Facebook, Twitter, BBM Messenger, Instagram, dan lainnya), situs-situs forum, dan lain-lain.

Anda sebagai pemula di bisnis travel online harus punya strategi khusus untuk menghadapi para pebisnis yang ingin ‘perang’ harga. Namun pastikan harga yang Anda patok tidak merusak harga pasaran.

Baca juga: Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis

5. Memperluas relasi

Salah satu caranya untuk mengembangkan inovasi bisnis adalah dengan memperluas relasi dan jaringan bisnis, karena semakin luas jaringan bisnis Anda maka peluang untuk sukses juga akan semakin besar.

Semua jenis bisnis pasti membutuhkan bisnis lain untuk bisa meraih sukses, termasuk bisnis travel online Anda. Selain karyawan Anda, pebisnis lain di bidang yang sama dengan bisnis Anda juga bisa menjadi faktor pendukung bisnis.

Misalnya, bila Anda berbisnis travel dengan berjualan tiket maka Anda bisa bekerjasama dengan bisnis penyewaan mobil (rental) dan jasa tour guide. Nah unutuk contoh yang lain bisa Anda kembangkan sendiri

7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim
images/pexels.com

6. Lokasi

Nah, guna mendukung bisnis online Anda lebih sukses, menyediakan lokasi bisnis juga penting, jika tak cukup modal untuk menyewa Anda bisa menggunakan rumah pribadi untuk dijadikan lokasi bisnis.

Lokasi tempat usaha yang strategis dan ramai juga akan membuat peluang semakin besar untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Selain lokasi yang strategis dan ramai, perlu juga untuk membuat tempat usaha travel Anda nyaman untuk dikunjungi sehingga bisnis Anda terlihat profesional dan terpercaya.

Namun bila lokasi Anda kurang strategis, Anda bisa menggunakan papan reklame untuk menunjukkan lokasi bisnis Anda.

7. Memberikan pelayanan terbaik dan pantang menyerah

Konsumen sekarang ini sudah sangat memperhatikan pelayanan yang mereka dapatkan. Konsumen akan sangat terkesan dengan pelayanan dari bisnis Anda yang memperhatikan kebutuhan mereka.

Untuk memberikan pelayanan terbaik maka Anda harus mengerti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Jika memungkinkan Anda bisa memberikan pelayanan lebih dari yang mereka harapkan.

Baca juga: Waspada! Waktu-Waktu Paling Rawan dalam Bisnis Anda

Misalnya dengan memberikan penawaran harga promo, dan bonus tas atau properti tertentu. Selanjutnya jangan lupa pantang menyerah dalam menjalankan semua lini bisnis Anda dengan sebaik-baiknya.

Dan jangan lupa share ya 🙂

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: