6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online

Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online
sumber gambar: freepik.com

Dalam berbisnis online sangat erat kaitannya dengan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Bagi para pebisnis online harus berhati-hati ketika menawarkan produknya, karena ada hal-hal yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menimbulkan keraguan konsumen.

Keraguan dari pelangganpun cukup beralasan, karena tidak sedikit kasus dari pelanggan yang tidak mendapatkan barang sebagaimana mestinya ketika mereka membeli online. Hal ini bahkan dialami toko online terpopuler di Indonesia. Kasus seperti ini juga sampai diliput media mainstream ternama. Alhasil, keraguan pelanggan untuk berbelanja online makin bertambah.

Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

1. Buat tampilan toko online yang menarik

Tampilan toko online yang menarik dan rapi dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen. Sehingga konsumen akan tertarik untuk mencari informasi tentang produk yang ditawarkan. Hindari informasi yang tidak terlalu penting. Pastikan pula tautan yang ditampilkan pada toko online dapat diakses.

Demi kemudahan bagi pelanggan untuk menjelajahi produk yang Anda tawarkan di website, buat dan pilihlah tampilan website toko online yang responsif agar mudah diakses lewat berbagai gadget. Dengan kemudahan akses via smartphone, tablet maupun gadget yang lain, maka akan memudahkan pelanggan mencari produk yang diinginkan.

Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website profesional, pilihannya pun juga banyak. Namun Anda tak usah bingung dalam memilih jasa pembuatan website tersebut. Percayakan saja ke InDeo (InterActive Design Studio) untuk layanan profesional, berkualitas, cepat, terpercaya oleh banyak klien, dan pastinya harganya lebih bersahabat.

Baca Juga: Terpaksa Menaikkan Harga Produk? Jaga Pelanggan Tetap Setia

2. Berikan kebijakan retur yang jelas dan mudah

Memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang aturan pengembalian barang juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online Anda.

Informasi yang disampaikan dapat berupa kategori barang apa saja yang bisa dikembalikan oleh pembeli, lama garansi produk. Serta siapa yang membayar biaya pengembalian barang, hingga jaminan kepuasan pelanggan yang disertai dengan syarat dan ketentuan tertentu.

3. Deskripsikan produk secara rinci

Tampilkan foto produk yang jelas, dan berikan deskripsi yang jelas agar konsumen tidak kecewa ketika menerima produk yang Anda tawarkan. Selain itu, keraguan konsumen juga dapat dihilangkan dengan adanya testimonial atau review produk yang tertera pada toko online Anda.

Review ataupun testimonial ini dapat Anda tampilkan dari pelanggan yang memiliki nama atau sudah dikenal banyak orang agar tidak terkesan dibuat-buat.

4. Berikan informasi kontak yang jelas

Konsumen tidak akan ragu membeli di toko online Anda ketika penjual mudah dihubungi. Maka, pemilik bisnis online sebaiknya memberikan kontak alamat email, nomor ponsel, layanan instant messaging dan sebagainya. Anda sebaiknya juga memiliki staf admin khusus untuk melayani permintaan konsumen di kolom chat jika mereka bertanya.

5. Gunakan jasa kurir terpercaya

Konsumen dapat melihat keseriusan suatu bisnis online dari jasa kurir yang digunakan untuk mengirim barang pesanan. Maka sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas. Jasa kurir ini Anda bisa gunakan lebih dari satu sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pelanggan nantinya.

Baca Juga: 4 Alasan Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek

6. Berikan pilihan pembayaran

Tidak semua bank melakukan free of charge atau bebas biaya. Maka sebaiknya gunakan beberapa akun bank yang berbeda untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi. Sekaligus sebagai pilihan pembayaran via cash on delivery maupun pay later.

Atau bisa juga menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran yang praktis dan aman. Cara daftarnya silakan cek disini.

Dari artikel diatas semoga bisa membantu bisnis online Anda untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi. Nantikan artikel menarik selanjutnya hanya di Intermezzo.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.