6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda

Dalam berbisnis online sangat erat kaitannya dengan kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Bagi para pebisnis online harus berhati-hati ketika menawarkan produknya, karena ada hal-hal yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang dapat menimbulkan keraguan konsumen.

6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
images/robmcqueary.wordpress.com

Keraguan dari pelangganpun cukup beralasan, karena tidak sedikit kasus dari pelanggan yang tidak mendapatkan barang sebagaimana mestinya ketika mereka membeli online.

Hal ini bahkan dialami toko online terpopuler di Indonesia. Kasus seperti ini juga sampai diliput media mainstream ternama. Alhasil, keraguan pelanggan untuk berbelanja online makin bertambah.

Baca juga: Ini Cara Mudah Riset Produk Populer di Pasaran untuk Toko Online Anda

Menurut seorang internet marketer bernama Shaun Rasulov, untuk menghilangkan keraguan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dapat dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

1. Buat tampilan toko online yang menarik dan mudah diakses

Tampilan toko online yang menarik dan rapi dapat memberikan kesan yang baik bagi konsumen, sehingga konsumen akan tertarik untuk mencari informasi tentang produk yang ditawarkan.

6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda
images/storenvy.com

Hindari informasi yang tidak terlalu penting. Pastikan pula tautan yang ditampilkan pada toko online dapat diakses.

Demi kemudahan bagi pelanggan untuk menjelajahi produk yang Anda tawarkan di website, buat dan pilihlah tampilan website toko online yang responsive agar mudah diakses lewat berbagai gadget.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website

Dengan kemuduhan akses via smartphone, tablet maupun gadget yang lain, maka akan memudahkan pelanggan mencari produk yang diinginkan.

Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website profesional, pilihannya pun juga banyak. Namun Anda tak usah bingung dalam memilih jasa pembuatan website tersebut. A

nda bisa pilih layanan dari InDeo (InterActive Design Studio) untuk layanan profesional, berkualitas, cepat, terpercaya oleh banyak klien, dan pastinya harganya lebih bersahabat dengan Anda. Jangan ragu, Ayo buktikan!

2. Berikan kebijakan pengembalian barang yang jelas

Memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang aturan pengembalian barang juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis online Anda.

Baca juga: Sudahkah Anda Tahu Alasan Mengapa Pelanggan Anda Pindah Ke Lain Hati?

Informasi yang disampaikan dapat berupa kategori barang apa saja yang bisa dikembalikan oleh pembeli, lama garansi produk, siapa yang membayar biaya pengembalian barang, hingga jaminan kepuasan pelanggan yang disertai dengan syarat dan ketentuan tertentu.

3. Deskripsikan produk secara rinci beserta reviewnya

Tampilkan foto produk yang jelas, dan berikan deskripsi yang jujur dan jelas supaya konsumen tidak kecawa ketika menerima produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, keraguan konsumen juga dapat dihilangkan dengan adanya testimonial atau review produk yang tertera pada toko online Anda.

Review ataupun testimonial ini dapat Anda tampilkan dari pelanggan yang memiliki nama atau sudah dikenal banyak orang (public figur) agar tidak terkesan dibuat-buat.

4. Berikan informasi kontak yang jelas

Konsumen tidak akan ragu membeli di toko online Anda ketika penjual mudah dihubungi. Maka, pemilik bisnis online sebaiknya memberikan kontak alamat email, nomor ponsel, layanan instant messaging dan sebagainya.

Baca juga: 8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil

5. Gunakan jasa kurir terpercaya

Konsumen dapat melihat keseriusan suatu bisnis online dari jasa kurir yang digunakan untuk mengirim barang pesanan. Maka sebaiknya gunakan jasa pengiriman barang yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas. Jasa kurir ini Anda bisa gunakan lebih dari satu sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pelanggan nantinya.

Baca juga: Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis

6. Berikan pilihan pembayaran

Tidak semua bank melakukan free of charge, maka gunakan beberapa akun bank yang berbeda untuk memudahkan pembeli mentransfer biaya yang harus dibayarkan sekaligus pilihan pembayaran via cash on delivery maupun kartu kredit.

Dari hal diatas semoga bisa membantu bisnis online untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

2 Comments
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: