Belajar Cara Bisnis Wizz Mie, Resto yang Viral di Surabaya

Belajar Cara Bisnis Wizz Mie, Resto yang Viral di Surabaya

Kalian yang domisili di Surabaya pastinya sudah tahu Wizz Mie, restoran yang viral dan setiap hari selalu ramai pengunjung. Resto yang baru buka tanggal 24 Juli 2022 ini sukses menarik perhatian warga Surabaya. Bahkan di hari pertamanya buka, berhasil mencapai lebih dari 1000 jumlah transaksi. Tidak hanya di outlet, di sosial media juga viral. Dalam waktu kurang dari 24 jam, konten Wizz Mie mendapatkan jumlah penonton sebanyak 450.000 lebih di platform TikTok. Wow!

Bagi Anda pemilik usaha F&B, mungkin penasaran gimana sih strategi dari Wizz Mie agar bisa viral dan laris manis? Yuk simak artikel ini dan silakan share agar orang lain juga bisa belajar.

1. Branding

Dilansir dari Fullstop Indonesia, pencetusan ide sudah ada sejak awal tahun 2022. Wizz Mie melakukan riset menu apa yang bakal disajikan, perkiraan harga, dan target pasarnya. Selanjutnya merancangkan logo dan brand persona seperti apa yang unik dan bakal disukai oleh masyarakat.

Akhirnya terbentuklah maskot seorang pemuda retro bergaya tahun 80-an yang suka musik disko, ditemani oleh kucingnya yang lucu. Didominasi oleh warna-warna yang colorful ciri khas anak muda, yaitu ungu, pink, merah, dan oranye. Dari poin pertama ini, dapat kita pahami bahwa sebuah brand sangatlah penting. Sebuah bisnis yang tidak memiliki ciri khas atau karakteristik yang unik, akan kurang diingat oleh publik.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Branding dan Fungsinya Dalam Bisnis

2. Menggandeng Influencer

Setelah mematangkan branding, langkah selanjutnya memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi lewat online. Mulai dari membuat akun Instagram dan TikTok, serta menyampaikan materi semenarik mungkin lewat konten. Wizz Mie juga menggandeng food blogger, KOL, TikToker, dan komunitas-komunitas lainnya di Surabaya untuk mampir di outlet dan ikut membuat konten. 

Cara ini terbukti sukses mem-viralkan dan memberikan informasi kepada khalayak ramai atas grand opening dari Wizz Mie. Masyarakat sudah antusias menanti pembukaan outlet pertamanya akibat pengaruh dari para influencer tersebut.

3. Membuka Peluang Kerja Sama Waralaba

franchise wizz mie
sumber gambar: Instagram wizzmie

Setelah memiliki brand image yang kuat, Wizz Mie berani menawarkan franchise/ waralaba kepada investor yang ingin bekerja sama. Dengan sistem franchise, sebuah bisnis akan cepat berkembang. Pada umumnya dalam sistem waralaba, investor tinggal menyiapkan modal dan lokasi, nanti pihak manajemen yang mengatur operasional dan pemasaran. Klausul pembagian keuntungan akan dicantumkan di kontrak perjanjiannya.

Terbukti setelah outlet pertama di Jalan Raya Jemursari 319 Surabaya, Wizz Mie sukses membuka cabang yang kedua di Jalan Raya Lidah Wetan No. 19-21 Surabaya. Tepatnya pada tanggal 28 Agustus 2022. Wah, hanya berselang sebulan dari pembukaan outlet pertama di bulan Juli.

4. Pakai Teknologi Self Order

self order
sumber gambar: Instagram nonikchubby

Self order yang digunakan di Wizz Mie berupa kiosk layar sentuh yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan secara mandiri. Dengan adanya self order, antrian yang panjang bisa berkurang dan restoran memiliki kesan yang modern.

Jika Anda juga ingin coba pakai self order tapi bingung cari info dimana? Kami rekomendasikan untuk mencoba MyOrder, self order terlengkap dengan 4 jenis sesuai kebutuhan Anda. Beberapa keunggulan dari MyOrder yaitu dapat mengurangi antrian panjang, terknoneksi menu digital, serta terintegrasi dengan aplikasi kasir dan software accounting.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Self Order dan Manfaatnya untuk Restoran & Cafe

5. Inovasi Menu

menu wizz mie
sumber gambar: fullstopindonesia.com

Meski terkesan meniru konsep dari kompetitor yang sudah ada, Wizz Mie melakukan inovasi pada menunya. Tidak hanya mengandalkan mie pedas dan dimsum, tapi yang menarik juga tersedia gelato dengan berbagai macam rasa. Dari segi harga, rata-rata harga yang ditawarkan termasuk murah meriah. Menu mie-nya mulai dari Rp 8.500 dan menu minuman mulai dari Rp 7.000, wah cocok nih bagi kantong anak muda.

6. Menyediakan Pembayaran QRIS

Agar lebih memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembayaran, Wizz Mie juga menyediakan QRIS sebagai alat transaksi. Apapun dompet digital yang dimiliki pelanggan, bisa membayar melalui QRIS. Praktis dan anti ribet. Manfaat lainnya, karyawan kasir tidak perlu susah lagi mencari uang kembalian jika pelanggan membayar dengan uang tunai.

Jadi semakin cepat proses transaksi, akan semakin banyak pula kesempatan menambah volume transaksi yang pada akhirnya jumlah omzet ikut meningkat. Bagi Anda yang ingin menggunakan QRIS agar menambah omzet, silakan daftar di www.qris.id.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Wajib Pakai QRIS Sekarang Juga

Terima kasih sudah membaca sampai akhir! Nah setelah belajar cara-cara bisnis di atas, sekarang saatnya Anda bagikan ke teman-teman agar mereka juga ikut terinspirasi. Selamat berbisnis dan semoga sukses.

Andrew Santoso

Digital Marketing at InterActive

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.