Apa Itu Fitur Table Management? Pemilik Resto Wajib Tahu!

Sebagai pemilik sebuah restoran atau cafe, tentunya Anda ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Di samping itu, Anda juga dituntut untuk meningkatkan efisiensi sumber daya manusia atau karyawan restoran.

Mengatur tempat duduk pelanggan, menerima dan menyajikan pesanan, serta membuat tamu tetap nyaman selama berada di restoran bukanlah hal yang mudah. Bagi rumah makan atau kedai kecil mungkin masih bisa mengatasi masalah tersebut. Namun bagi restoran atau cafe yang besar, ini merupakan sebuah tantangan setiap harinya.

Belum lagi ketika jam sibuk (jam makan) atau ada event khusus, karyawan bisa kewalahan menghadapi tamu yang datang silih berganti. Misalnya saat weekend, acara buka puasa bersama, atau Christmas dinner. Jika tidak pintar dalam mengelola manajemen resto, pelanggan bisa merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk pindah ke tempat lain.

Anda pernah mengalami masalah di atas? Saatnya Anda mencoba fitur table management. Table management hadir untuk mengatasi masalah pengelolaan meja secara efisien. Dengan cara melacak meja dan melayani pelanggan selama bersantap di restoran. Ini membantu staf menghindari kebingungan dan membuka jalan bagi kepuasan pelanggan yang lebih tinggi. Jika pelanggan puas, mereka akan merekomendasikan resto Anda, artinya potensi omzet juga bisa lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Memilih Software Kasir Terbaik untuk Restoran Anda

Fitur dari Table Management:

1. Replikasi dari denah atau tata letak restoran

Anda bisa mengkustomisasi tampilan di software resto yang digunakan sesuai dengan denah asli restoran Anda. Berapa jumlah meja dan kursi juga bisa disesuaikan seperti aslinya.

2. Mengatur tempat duduk tamu

Fitur ini sangat memudahkan karyawan untuk mencarikan meja kosong bagi tamu yang baru datang. Dari layar monitor atau tablet, bisa terlihat meja yang sedang kosong atau yang sudah diisi oleh tamu.

3. Reservasi

reservasi table management
sumber gambar: dokumen pribadi

Pelanggan yang ingin reservasi bisa tercatat dengan table management. Berapa orang yang akan datang dan jam berapa kira-kira akan berkunjung, akan tampil di meja tertentu.

4. Melacak pesanan

Karyawan kasir bisa melacak status pesanan dan status pembayaran dari setiap meja. Selain memudahkan karyawan, juga mengurangi resiko kesalahan pengiriman pesanan ke pelanggan.

Baca Juga: 5 Inovasi Bisnis Restoran yang Harus Anda Lakukan

Sedangkan manfaat dari table management adalah sebagai berikut:

table management myprofit
sumber gambar: dokumen pribadi

1. Meningkatkan efisiensi pelayanan

Anda bisa lebih mudah mengontrol standar pelayanan di restoran Anda. Misalnya pembersihan meja, mengganti sendok garpu, memberikan tagihan dan lain-lain. Tidak akan ada karyawan yang menganggur dengan alasan menunggu tamu atau pesanan. Karena semua meja bisa dikontrol melalui software atau aplikasi resto.

2. Mengurangi antrian pelanggan

Dibandingkan dengan cara konvensional, penggunaan table management dapat mempercepat proses pengaturan tempat duduk pelanggan. Sehingga pelanggan yang baru datang bisa segera diberi meja dan tempat duduk tanpa perlu mengantri panjang di depan pintu.

3. Meningkatkan pendapatan

Semakin efisien manajemen sebuah restoran dalam mengelola tamu dan pesanan, semakin bertambah juga peluang untuk meningkatkan pendapatan.

Sebagai ilustrasi, pelanggan yang sudah selesai bersantap akan meninggalkan mejanya. Dari layar monitor, bisa diketahui meja tersebut sudah kosong dan bisa dilakukan pembersihan secepat mungkin. Jika meja tersebut cepat dibersihkan, makan akan siap digunakan untuk pelanggan berikutnya.

4. Mendapatkan informasi tentang pelanggan

Manfaat yang tidak kalah pentingnya yaitu dapat menyimpan semua data dari pelanggan di database Anda dan dengan mudah mengaksesnya sesuai kebutuhan. Menyimpan catatan tentang preferensi pelanggan adalah kunci untuk meningkatkan pengalaman bersantap yang positif.

Misalnya di mana lokasi tempat duduk yang disukai pelanggan, menu favorit apa yang biasanya dipesan, atau berapa lama biasanya mereka makan. Dengan memahami pelanggan lebih personal, mereka akan merasa lebih dihargai yang akhirnya bisa menjadi pelanggan loyal.

Baca Juga: 7 Langkah Membuka Bisnis Restoran Kelas Dunia

Demikian penjelasan tentang table management yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis restoran dan cafe. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur table management adalah MyProfit. Keunggulan dari table management MyProfit yaitu tampilannya yang menarik, kemudahan pengguna (user interface & user experience), dan serba terintegrasi.

Info selengkapnya silakan klik pada gambar di bawah ini.

MyProfit
Andrew Santoso

Digital Marketing at InterActive

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.