8 Strategi Promosi Paling Efektif bagi UKM

8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi UKM
sumber gambar: leapinnovation.com

Bagi Anda pemilik usaha kecil menengah, dalam pemasaran suatu produk, perlu Anda perhatikan cara promosi produk yang efektif dan tepat sasaran. Dengan menggunakan cara dan strategi yang cocok dan tepat, maka akan lebih mudah untuk meraih keberhasilan dalam berbisnis. Selain itu, perlu untuk menentukan pencapaian target penjualan.

Untuk mencapai itu semua, Anda perlu menggunakan strategi cara promosi produk secara efektif berikut ini, antara lain:

1. Gunakan Social Media

Di era teknologi digital yang serba canggih ini, media sosial adalah kewajiban yang harus dimiliki para pelalu bisnis termasuk Anda, mulai dari Facebook, Instagram dan sebagainya. Terapkan cara promosi dengan mengenalkan produk yang akan dipasarkan dengan menggunakan media sosial. Dengan menggunakan media sosial, akan terasa lebih personal dalam pendekatan dengan pelanggan atau calon konsumen. Anda bisa menyisihkan anggaran untuk iklan di media sosial atau bisa juga memakai jasa selebgram sebagai media dalam berpromosi.

2. Mengadakan Event

Menyelenggarakan event dan menjadi sponsor pada satu event, merupakan salah satu peluang bagi sebuah usaha kecil mengengah untuk mendapatkan pelanggan potensial. Dengan menjadi sponsor sebuah event, kesempatan produk usaha untuk dikenal masyarakat sangat besar. Tinggal bagaimana Anda merencanakan dengan matang dan menerapkan cara promosi produk yang baik dan benar. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan budget, dan estimasi perhitungan apakah akan balik modal atau tidak.

Baca Juga: 7 Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda

3. Bagi-Bagi Produk Gratis

Memberikan produk secara langsung kepada pasar atau calon pelanggan potensial, bisa menjadi metode promosi. Anda bisa memberikan cuma-cuma berupa sample atau contoh produk. Atau jika Anda menjual makanan, bisa berikan tester agar calon konsumen merasakan dulu produk Anda sebelum membeli. Jangan berpikir metode semacam ini akan merugikan bisnis Anda, anggap saja metode ini sebagai investasi bagi bisnis Anda kedepannya.

4. Kumpulkan Data Pelanggan

Anda bisa menerapkan pengumpulan data pelanggan ketika mereka membeli suatu produk selama penjualan berlangsung. Metodenya bisa dengan cara mengisi form yang berisi data nomor telepon dan alamat email. Data ini bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi promosi atau rencana kegiatan yang selanjutnya. Dalam dunia marketing, strategi ini biasa disebut dengan retargeting.

Baca Juga: 3 Cara Menarik Kembali Pelanggan yang Hilang

5. Berikan Intensif bagi Pelanggan

Berikan intensif bagi setiap pelanggan setia Anda. Wujud dari intensif ini bisa berupa diskon, kupon, atau cashback. Tak lupa juga berikan servis lebih bagi pelanggan lama Anda sebagai bentuk apresiasi karena sudah menjalin kerja sama. Hal ini sebagai salah satu wujud cara promosi produk yang baik.

6. Kegiatan Amal

Sstrategi promosi berikutnya adalah dengan menunjukan rasa peduli bagi masyarakat dengan mengadakan kegiatan amal sekaligus bisa menjalankan promosi atau soft-selling di dalamnya. Di perusahaan besar, biasanya disebut dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility). Hal ini lebih efektif untuk mendapatkan nama baik bisnis Anda di mata masyarakat.

7. Menggunakan Barang Promosi

Untuk melaksanakan cara promosi yang baik, Anda bisa menggunakan barang promosi yang sudah ada lebel resminya. Hal inilah yang nanti akan diingat orang tentang produk yang sedang dilihat dan dibelinya sehingga mudah menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

8. Lakukan Survei

Untuk peningkatan mutu produk dan pelayanan, sebaiknya Anda bisa melaksanakan survei kepada setiap pelanggan setelah menjual produk. Anda bisa melaksanakan langsung di tempat, lewat telepon atau email. Dengan melakukan survei, akan memberikan kemudahan untuk penyampaian kritik, saran atau pujian tentang jenis produk yang telah digunakan.

Itulah 8 strategi promosi produk yang menarik dan bisa memberikan kesuksesan bagi setiap produk yang sedang dipromosikan. Untuk menjalankan cara promosi ini, Anda harus perhatikan dan pastikan seperti logo, desain label dan brosur yang digunakan di desain, tersusun dengan baik dan benar.

Hindari untuk mempromosikan suatu produk yang masih belum memiliki lebel resmi walaupun nanti memiliki hasil yang memuaskan. Walaupun memberikan hasil yang positif namun lama-kelamaan akan memberikan dampak negatif karena legalitas suatu produk tergolong ilegal. Hal ini perlu untuk Anda pelajari lebih lanjut.

Disadur dari topcoachindonesia.com.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.