8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil

Bagi Anda pemilik usaha kecil menengah, dalam pemasaran suatu produk, perlu Anda perhatikan cara promosi produk yang efektif dan tepat sasaran. Dengan menggunakan cara dan strategi yang cocok dan tepat, maka akan lebih mudah untuk meraih keberhasilan dalam berbisnis. Selain itu, perlu untuk menentukan pencapaian target penjualan.

8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil
image/leapinnovation.com

Untuk mencapai itu semua, Anda perlu menggunakan strategi cara promosi produk secara efektif berikut ini, antara lain:

1. Manfaatkan Media Sosial

Di era globalisasi dengan teknologi yang serba canggih ini, media sosial adalah kewajiban yang harus dimiliki para pelalu bisnis termasuk Anda, mulai dari facebook, instgram dsb nya.

Baca juga: Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda

Terapkan cara promosi dengan mengenalkan produk yang akan dipasarkan dengan menggunakan media sosial. Dengan menggunakan media sosial, akan terasa lebih personal dalam pendekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan Anda.

2. Ikut Serta dalam Mengadakan Event

Menyelenggarakan event dan menjadi sponsor pada satu event, merupakan salah satu peluang bagi sebuah usaha kecil mengengah untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Dengan menjadi sponsor sebuah event, kesempatan produk usaha untuk dikenal masyarakat sangat besar. Tinggal bagaimana Anda merencanakan dengan matang dan menerapkan cara promosi produk yang baik dan benar.

3. Bagi-Bagi Produk

Memberikan produk secara langsung kepada pasar atau calon pelanggan potensial, bisa menjadi metode promosi untuk produk Anda. Anda bisa memberikan cuma-cuma dengan bentuk yang simpel atau sistem pembelian produk lain yang sama, dan batasan jumlah produk yang Anda bagikan agar tidak mengalami kerugian.

Jangan berfikir metode semacam ini akan merugikan bisnis Anda, anggap saja metode ini sebagai investasi bagi bisnis Anda kedepannya.

Baca juga: Ini Cara Jitu Membuat Pelanggan Anda Kembali Lagi

4. Kumpulkan Data Pelanggan

Anda bisa menerapkan pengumpulan data pelanggan ketika mereka membeli suatu produk selama penjualan berlangsung. Dengan mendapatkan data ini, bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi promosi atau rencana kegiatan yang selanjutnya.

8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil
image/pinterest.com

5. Berikan Intensif Bagi Pelanggan

Berikan intensif bagi setiap pelanggan setia Anda. Wujud dari intensif ini bisa berupa diskon, kupon, uang atau produk yang sedang hangat dipasarkan. Tak lupa pula berikan pelayanan terbaik dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan. Hal inilah sebagai salah satu wujud cara promosi produk yang baik.

6. Lakukan Kegiatan Amal

Untuk menerapkan strategi promosi salah satunya adalah dengan menunjukan rasa peduli bagi setiap masyarakat dengan mengadakan kegiatan amal sekaligus bisa menjalankan promosi di dalamnya. Hal ini lebih efektif untuk mendapatkan nama baik bisnis Anda di mata masyarakat.

7. Menggunakan Barang Promosi

Untuk melaksanakan cara promosi yang baik, Anda bisa menggunakan barang promosi yang sudah ada lebel resminya. Hal inilah yang nanti akan diingat orang tentang produk yang sedang dilihat dan dibelinya sehingga mudah menarik hati masyarakat.

Baca juga: 10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

8. Laksanakan Survei Daya Beli Sebelum Menjual

Untuk peningkatan mutu produk dan pelayanan, sebaiknya Anda bisa melaksanakan survei kepada setiap pelanggan setelah menjual produk. Anda bisa melaksanakan langsung di tempat, lewat telepon atau email.

Dengan melakukan survei inilah, yang akan memberikan kemudahan untuk penyampaian kritik, saran atau pujian tentang jenis produk yang telah digunakan.

8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil
image/pinterest.com

Itulah strategi cara promosi produk yang menarik dan bisa memberikan kesuksesan bagi setiap produk yang sedang dipromosikan.

Untuk menjalankan cara promosi ini, Anda harus perhatikan dan pastikan seperti logo, desain label dan brosur yang digunakan di desain, tersusun dengan baik dan benar.

Hal inilah yang nantinya akan mempengaruhi cara promosi dan strategi yang diterapkan berjalan dengan lancar dan bisa memberikan keuntungan yang besar dan menjanjikan bagi usaha  Anda.

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

Hindari untuk mempromosikan suatu produk yang masih belum memiliki lebel resmi walaupun nanti memiliki hasil yang memuaskan.

Walaupun memberikan hasil yang positif namun lama-kelamaan akan memberikan dampak negatif karena legalitas suatu produk tergolong ilegal. Hal ini perlu untuk Anda pelajari lebih lanjut.

Disadur dari topcoachindonesia.com

1 Comment
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: