Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda

Suksesnya penjualan produk bisnis tidak hanya ditentukan dari kualitas produk itu sendiri, namun banyak faktor yang menentukan seperti pemilihan segmen pelanggan. Apa segmen pelanggan itu? Segmentasi pelanggan merupakan strategi marketing untuk membagi pelanggan pada kotak-kotak tertentu melalui sebuah ukuran yang telah ditentukan.

Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
images/marketingland.com

Dengan banyaknya segmen-segmen pelanggan, maka Anda harus memilih mana yang benar-benar cocok untuk bisnis Anda. Agar Anda tahu strategi marketing apa yang cocok dan keuntungan bisnis semakin meningkat, yuk kita simak artikel ini hingga selesai.

1. Berdasarkan Pendapatan

Langkah pertama untuk membuat segmentasi pelanggan yakni dengan membuat daftar pelanggan Anda terlebih dahulu, terutama daftar pendapatan dari setiap pelanggan Anda.

Baca juga: 10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

Mungkin Anda akan merasa kesulitan jika memang pelanggan Anda sudah banyak, solusinya Anda bisa membeli software tertentu untuk merekap semua data pelanggan Anda.

Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
images/graystonestrategy.com

Setelah membuat daftar pendapatan pelanggan, kemudian pilihlah pelanggan mana saja yang cocok dengan produk yang ingin Anda tawarkan, misalnya kamera mirrorles.

Produk ini cocok untuk pelanggan dengan pendapatan lima juta ke atas, maka pelanggan yang memiliki pendapatan diatas lima juta adalah segmentasi pasar Anda, begitu seterusnya.

2. Berdasarkan Karakteristik Dasar Pelanggan

Langkah kedua yakni dengan membagi pelanggan Anda berdasarkan ukuran dasar seseorang seperti umur, jenis kelamin, lokasi, dan tingkat pendidikan.

Baca juga: Ini Cara Jitu Membuat Pelanggan Anda Kembali Lagi

Misalnya laptop gaming, segmentasi pasar untuk umur 20-30 tahun, lokasi di Surabaya, jenis kelamin laki-laki, tingkat pendidikan SMA hingga S2, dan seterusnya yang bisa Anda sesuaikan dengan produk Anda.

3. Berdasarkan Kelompok Demografik

Jika berdasarkan karakteristik dasar pelanggan merupakan hal yang terlalu luas, Anda bisa mulai membuat pembagian berdasarkan demografisnya, seperti membagi pelanggan secara lebih spesifik, misalnya berdasarkan pendidikan, etnis, atau bahkan agama, sehingga media iklan dan alat pemasaran lainnya akan mudah untuk diterapkan.

Baca juga: Ingin Tahu Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia

4. Segmentasi Berdasarkan Lokasi

Dalam segmentasi ini buatlah ukuran yang lebih spesifik apakah produk Anda ini akan dipasarkan ke seluruh wilayah sebuah negara atau hanya ke sebagian kota dengan distrik-distrik tertentu.

Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
images/expressanalytics.com

Misalnya jika Jawa Timur menjadi sasarannya, maka mau dipasarkan kemana saja? Hanya Kota Surabaya dan sekitarnya atau seluruh provinsi Jawa Timur. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda, terutama cakupan lokasi yang semakin besar, berarti juga biaya produksi dan sebagainya juga akan membesar.

5. Segmentasi Berdasarkan Psikologis

Langkah selanjutnya adalah membagi konsumen berdasarkan ukuran psikologis seperti kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadiannya. Segmentasi ini juga akan membuat Anda semakin mengenali kriteria dari pelanggan.

Baca juga: 8 Strategi Promosi Paling Efektif Bagi Usaha Kecil

6. Manfaatkan Member Card untuk Segmentasi

Jika Anda pelaku bisnis dalam bidang ritel, layanan member card merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya member card, Anda secara otomatis memiliki database penjualan produk apa saja yang secara rutin dibeli pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mengelompokkan pelanggan berdasarkan produk yang sering dia beli.

7. Segmentasi Perilaku Konsumen

Memahami perilaku konsumen memang tidak mudah, karena juga memahami sisi psikologis mereka. Perilaku konsumen tidak hanya berdasarkan standar hidup si pelanggan, namun juga berdasarkan preferensi membeli produk dan trend pembelian yang pernah di lakukan. Sehingga Anda bisa tahu kegemaran pelanggan Anda.

Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda
images/blog.mailermailer.com

8. Segmentasi Berdasarkan Kebermanfaatan Produk

Selanjutnya, membagi pelanggan berdasarkan manfaat dari produk yang Anda tawarkan. Semakin banyak manfaat produk yang Anda tawarkan pada konsumen, maka semakin luas pelanggan yang akan menjadi segmentasi dari produk Anda. Kebermanfaatan produk juga bisa disesuaikan dengan kondisi dari pelanggan Anda.

Baca juga: Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda

Setelah Anda membuat pengelompokkan segmen berdasarkan ukuran-ukuran diatas. Saatnya untuk memilih segmen mana yang akan Anda fokuskan untuk menjual produk Anda. Hal ini terkait dengan strategi marketing, seperti membuat target dan positioning produk ke pelanggan.

Anda tentu tidak mau kan, strategi pemasaran Anda sia-sia atau salah sasaran karena ternyata segmen pasar yang Anda pilih tidak banyak mendatangkan keuntungan? Oleh karena itu, pilihlah segmen yang benar-benar menguntungkan dan sesuai untuk bisnis Anda.

Selamat mempraktekan dan semoga bermanfaat.

4 Comments
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: