3 Cara Menarik Kembali Pelanggan yang Hilang

cara menarik kembali pelanggan yang hilang
sumber gambar: pexels.com

Bagi Anda para pelaku bisnis tentunya ingin bisnis yang dijalankan dapat berkembang dan pendapatan terus meningkat. Namun, sadarkah ketika Anda terfokus pada bagaimana mendapatkan pelanggan baru, Anda sebenarnya perlu mengeluarkan biaya Customer Acquisition Cost (CAC) yang besar. Pernahkah Anda terpikir strategi bagaimana cara menarik kembali pelanggan yang hilang?

So, mari kita simak beberapa cara jitu dibawah ini:

1. Diskon Khusus

Memberikan diskon khusus dalam periode tertentu (mingguan atau bulanan) merupakan cara yang bagus untuk membuat pelanggan Anda mempertimbangkan membeli lagi di tempat Anda. Dengan adanya diskon, akan membuat calon pelanggan tertarik. Bahkan mereka mungkin akan ingat lagi bahwa pernah membeli produk Anda. Kadang sisi psikologis konsumen akan menggerakkan mereka untuk membeli produk yang sedang diskon meskipun tidak dibutuhkan pada saat itu.

Tentunya diskon yang akan Anda berikan sudah diperhitungkan dengan total pendapatan yang diterima. Jangan sampai malah boncos dan Anda mengalami kerugian.

Baca Juga: Perbedaan Diskon & Cashback, Mana yang Paling Menguntungkan?

2. Kupon untuk Pembelian Selanjutnya

Cara jitu yang lainnya, anda bisa memberikan kupon hadiah ataupun voucher kepada pelanggan untuk berbelanja lagi di tempat Anda pada kunjungan berikutnya. Kupon bisa berupa berbentuk fisik maupun elektronik. Tak lupa juga gunakan desain yang unik agar pelanggan selalu ingat dengan kupon tersebut yang mencerminkan identitas bisnis anda.

Dengan demikian, Anda tidak hanya akan mendapatkan kedatangan pelanggan Anda kembali. Tapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan setia Anda.

3. Sistem Pengingat

Sistem ini dapat digunakan secara maksimal bagi bisnis jasa seperti bengkel, dokter gigi, salon, perawatan kecantikan dan lain-lain. Pelanggan akan menghargai catatan pengingat, misalnya “Sekedar mengingatkan, enam bulan lalu Anda melakukan servis mobil berkala di bengkel kami. Sudah saatnya mobil Anda dijadwalkan servis kembali, silahkan hubungi customer service kami untuk penjadwalan. Terima kasih”

Cara ini juga bisa dilakukan bisnis floris atau bisnis yang menyediakan barang hadiah, dengan cara mendapatkan daftar ulang tahun pelanggan dan keluarganya, jelas Anda bisa mendapatkan penjualan lebih banyak hanya dengan menggunakan sistem pengingat.

Baca Juga: Ingin Tahu Bagaimana Membuat Pelanggan Lebih Bahagia?

Nah itu tadi 3 cara jitu cara menarik kembali pelanggan yang hilang, segera praktekan dalam bisnis anda. Semoga bermanfaat!

Disadur dari actioncoachsouthjakarta.com

7 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.