10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

Keinginan konsumen merupakan salah satu hal dalam pemasaran suatu produk yang tidak mudah untuk dimengerti.

Produk seperti apa yang mereka suka, apa yang tidak mereka sukai dari produk kita, berapa harga yang mereka inginkan dan banyak rahasia lain yang tersimpan rapat di benak mereka.

Baca juga: Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda

Untuk itu kita perlu memerlukan pendekatan psikologis kepada calon pelanggan, untuk mengerti keinginan dan masalah mereka, sehingga kita bisa menjual produk yang bermanfaat bagi mereka.

10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
images/pexels.com

Berikut ini mari kita simak beberapa hal untuk menguak tentang keinginan konsumen yang perlu Anda ketahui.

1. Mayoritas orang menyukai kejutan

Karena akan menciptakan rasa penasaran untuk perubahan pada rutinitas kehidupan mereka secara tiba-tiba. Tentu kejutan yang diharapkan bersifat positif bukan sebaliknya.

Anda bisa menyesuaikan kejutan apa yang sekiranya pas untuk Anda berikan pada pelanggan yang membeli produk Anda, bisa berupa barang maupun jasa.

Pastikan nilai dari kejutan ini sesuai dengan budget yang Anda miliki dan bukan justru membuat Anda rugi.

Baca juga: Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis

2. Kebanyakan orang, ingin hidup lebih praktis.

Jadi, sederhanakan cara pemesanan dan cara menggunakan produk yang Anda jual. Semakin praktis pemesanan dan penggunaan produk yang Anda jual, semakin besar peluang Anda untuk mendatangkan pelangan.

10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
images/pexels.com

Anda juga bisa menciptakan keunikan cara pemesanan atau pembelian produk Anda dari yang sudah dilakukan oleh kompetitor, sehingga produk Anda akan lebih mudah diingat orang banyak.

3. Setiap orang menginginkan rasa aman.

Beritahu calon konsumen, bahwa Anda memiliki jaminan sistem pemesanan yang aman dan penggunaan barang yang Anda jual juga aman.

Jaminan tersebut bisa berupa garansi pengiriman maupun garansi produk jual dalam kurun waktu tertentu untuk membuat pelanggan percaya menggunakan produk Anda.

Baca juga: 6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda

4. Mayoritas orang menyukai pujian terhadap prestasi yang pernah dicapai.

Untuk itu Anda bisa memberikan sedikit ucapan pujian kepada calon pelanggan Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa senang dan dihargai atas apa yang pernah dicapai. Setelah mereka merasa diperhatikan, barulah Anda mulai untuk menawarkan produk yang bermanfaat untuk mereka.

5. Banyak orang yang penasaran dengan hal-hal yang bisa merubah gaya hidupnya.

Gunakan kata-kata yang membuat pembaca iklan Anda merasa penasaran. Mulai dari judul hingga konten buat semenarik mungkin untuk menggugah rasa keingin tahuan mereka akan apa yang Anda tulis dalam iklan.

10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
images/pexels.com

Tak lupa pula kedepankan unsur kejujuran dalam apa yang Anda tulis dalam iklan. Jangan sampai calon pelanggan Anda tertipu dengan apa yang Anda tulis.

Baca juga: Ini Cara Jitu Membuat Pelanggan Anda Kembali Lagi

6. Kebanyakan orang, ingin berinventasi untuk masa depannya.

Pastikan Anda memberikan kalimat penawaran yang tepat kepada pelanggan. Jangan sampai kalimat pertama yang Anda lontarkan kepada calon pelanggan akan ditolak begitu saja.

Contohnya saja, kalimat yang tepat untuk penawaran seperti “Investasikan uang Anda dengan produk dari kami…“, lebih baik daripada Anda menggunakan kalimat “Belilah produk kami…”.

7. Banyak orang menginginkan model produk terbaru atau yang sedang menjadi hits di pasaran.

Jelaskan kepada calon pelanggan, bahwa produk Anda adalah produk terbaru saat ini. Tapi perlu di ingat bahwa produk yang sedang menjadi tren tidak banyak yang bertahan lama, karena hanya bersifat musiman. Namun karena sifat musiman ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan yang banyak pula.

10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen
images/pexels.com

8. Setiap orang, pasti ingin mengatasi permasalahannya.

Tuliskan masalah mereka dan tunjukkan bagaimana produk Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Berikan solusi yang tidak berlebihan tetapi masuk akal untuk segera di praktekkan ke calon pelanggan Anda.

Baca juga: Ingin Tahu Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia

Dalam memberikan solusi dari masalah calon pelanggan, Anda bisa menggunakan bahasa yang persuasif untuk mempengaruhi dan membuat pelanggan untuk segera membeli produk Anda.

9. Kebanyakan orang, ingin membahagiakan orang disekelilingnya.

Tunjukkan bagaimana manfaat dari produk yang Anda jual kepada calon pelanggan, akan bisa membuat bahagia orang yang ada disekeliling mereka. Pun dengan mereka yang telah membeli produk Anda juga akan merasa bahagia.

10. Kebanyakan orang, ingin mengatasi penghalang dalam mencapai tujuan hidupnya.

Tunjukkan apa saja yang bisa mereka raih dengan produk Anda. Lagi-lagi ini soal manfaat produk yang dibutuhkan oleh pelanggan, karena pelanggan lebih peduli dengan manfaat dari produk yang Anda jual daripada fitur-fitur produk Anda, yang tidak semua calon pelanggan akan mengerti.

Baca juga: Rahasia Program Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda

Setelah Anda memahami 10 pendekatan psikologis diatas, jangan lupa untuk segera Anda terapkan dalam bisnis Anda, karena HASIL tak akan pernah mengkhianati USAHA Anda. Selamat bekerja.

3 Comments
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: