Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan Action coach, salah satu kelemahan terbesar yang menghambat usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan bisnisnya ke tahap selanjutnya adalah kurangnya perencanaan.

Bagi sebagian pelaku usaha kecil dan menengah, membuat rencana bisnis atau business plan hanya sebatas formalitas saja, karena awalnya bisnis mereka bergerak dari lingkup yang sangat sederhana.

Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
images/vakilsearch.com

Sebagai seorang pemilik usaha kecil dan menengah yang memulai bisnis dari hal sederhana, pernahkah Anda bermimpi untuk memperbesar usaha Anda?

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

Pernahkah Anda menyadari bahwa dengan perencanaan yang matang dan efektif, besar kemungkinannya bisnis Anda akan berkembang dengan lebih cepat?

Berikut ini ada 4 alasan pentingnya membuat rencana bisnis jangka pendek untuk bisnis Anda. Mari kita simak.

1. Membuat Anda lebih fokus

Dengan mendefinisikan dan memahami visi, misi, dan daftar tujuan yang spesifik dari bisnis Anda, kemudian bagaimana menjalankan bisnis dan kapan bisnis harus mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Mau tidak mau, Anda akan dituntut untuk terus mewujudkan dengan segenap tenaga, tetap fokus dan konsisten dalam menuju tujuan tersebut.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim

2. Mengetahui dimana posisi bisnis Anda sekarang

Salah satu tujuan dari rencana bisnis jangka pendek adalah mengetahui dimana posisi Anda berada saat ini. Mengetahui posisi bisnis Anda saat ini, ibarat Anda mengetahui garis start pada sebuah pertandingan marathon menuju garis finish.

Apabila Anda tidak pernah tahu dimana harus memulai, kecil kemungkinannya Anda bisa berhasil mencapai garis finish tersebut.

Inilah 4 Alasan Mengapa Membuat Rencana Bisnis Jangka Pendek Begitu Penting
images/www.rightequation.ae

3. Mengetahui kebutuhan bisnis Anda

Dalam merencanakan sebuah bisnis, Anda berkesempatan untuk menguraikan berbagai kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Mulai dari modal, jumlah karyawan, penyedia barang yang akan Anda jual (supplier), biaya operasional dan lain sebagainya. Semua hal yang dibutuhkan perlu dirincikan dengan lebih spesifik dan tentukan strategi untuk memenuhinya agar jelas apa yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Jenius Membangun Bisnis yang Sehat

4. Membantu Anda dalam persaingan dengan kompetitor

Dengan perencanaan bisnis yang memadai dan tentunya efektif, Anda bisa lebih fokus dalam mencari ke-eksklusifan bisnis Anda dibandingkan dengan pesaing untuk kemudian bersaing secara sehat. Tentu saja, hal ini perlu didahului dengan menganalisa pesaing kita terlebih dahulu.

Nah, sekarang bagaimana dengan Anda? Sudah membuat rencana bisnis jangka pendek yang efektif? Mengingat betapa pentingnya perencanaan bisnis?

Disadur dari actioncoachsouthjakarta.com

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: