Menjanjikannya Peluang Bisnis Kuliner di Era Teknologi

Dewasa ini teknologi sudah semakin jauh berkembang sehingga semakin membuka banyak peluang usaha untuk tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Salah satu peluang tersebut adalah usaha kuliner.

Mengapa usaha kuliner itu pada masa sekarang ini bisa berkembang dengan pesat? Nah hal itu karena perkembangan teknologi yang semakin maju, mulai dari akses informasi, internet, komunikasi dan sebagainya.

Dengan adanya pengaruh teknologi, maka semakin membuat informasi dengan cepatnya menyebar dan diterima oleh masyarakat luas. Akses internet juga memudahkan konsumen dalam mendapatkan informasi seputar kuliner disekitar mereka.

Menjanjikannya Peluang Bisnis Kuliner di Era Teknologi
image/pexels.com

Beberapa bisnis kuliner bahkan juga eksis dimedia sosial, sebagai sarana promosi sekaligus mendekatkan diri dengan konsumen. Eksistensi usaha kuliner dimedia sosial ini tak bisa dipungkiri dapat membuat siapapun, kapanpun, dan dimanapun berada dengan mudahnya mengetahui informasi terkini dari usaha kuliner tersebut. Mulai dari promo diskon, menu-menu yang dijual hingga mengadakan giveaways tertentu.

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dengan Fotografi

Nah, sekarang bagi Anda yang akan membuka usaha kuliner atau sudah membuka usaha kuliner dan ingin mengembangkan bisnis Anda, yuk mari kita simak bersama betapa menjanjikannya peluang bisnis kuliner di era teknologi ini:

1. Makanan Cepat Saji

Hampir di setiap daerah baik di kota besar maupun  kota kecil, sering kita menemui restoran atau outlet makanan cepat saji. Makanan cepat saji membantu banyak orang untuk mendapatkan makanan secara cepat tanpa harus menunggu lama, mengingat keterbatasan waktu dari masing-masing orang yang berbeda

Dengan adanya teknologi masa kini, akan turut serta mempengaruhi  perkembangan usaha makanan siap saji. Iklan kreatif dimedia sosial, internet atau bahkan portal berita online, akan dengan mudah menjangkau konsumennya.

Di sisi lain, Anda juga harus siap, disaat hadirnya teknologi juga semakin membuka kompetisi dengan kompetitor baru (baik produk sejenis maupun yg berbeda).

2. Snack Sehat

Siapa sih yang tidak suka dengan snack atau camilan ini? Dari muda hingga tua semua suka, baik itu snack yang berharga murah sampai mahal. Ragamnya pun juga sangat banyak dan mudah kita dapati di pasar, minimarket, hingga penjual keliling.

Akhir-akhir ini mungkin dari kita sering melihat, membeli atau mencoba snack sehat yang terbuat dari bahan aman konsumsi untuk segala usia, yang tak kalah lezatnya dengan snack pada umumnya. Perkembangannya juga semakin pesat di kalangan masyarakat.

Teknologi informasi dan segala kampanye yang dilakukan oleh beberapa komunitas dimedia sosial dan secara langsung, tentang pentingnya makanan sehat juga turut serta dalam berkembangnya snack sehat ini.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya gaya hidup sehat. Trend ini tidak lepas juga dari teknologi yang membuat masyarakat dengan cepat dan mudah mendapat informasi.

image/www.pexels.com

Setelah Anda paham dengan hal-hal diatas dan mulai menemukan ide-ide baru untuk menjalankan atau mengembangkan bisnis, ada satu hal penting yang sayang sekali jika Anda lewatkan, yakni tentang pemasaran atau iklan.

Sudah banyak iklan maupun kampanye kreatif suatu produk makanan dan minuman, mampu mengubah pola pikir seseorang. Dengan iklan kreatif yang sarat akan pesan-pesan moral, mampu meningkatkan nilai jual dari suatu produk kepada konsumen.

Seperti contoh pada iklan dibawah ini:

Iklan kreatif dari Coklat Mars

image/liputan6.com

Iklan deterjen

Menjanjikannya Peluang Bisnis Kuliner di Era Teknologi
image/www.designer-daily.com

Dengan berkembangnya teknologi ini, maka peluang usaha makanan dan minuman terbuka lebar, baik dari segi iklan, produksi, pemasaran dan sebagainya. Jadi semua tergantung bagaimana pintar-pintarnya Anda memanfaatkan teknologi informasi.

Nah sekarang bagaimana dengan Anda?

1 Comment
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: