Inilah 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia

Pada tahun 2010, Forbes mencatat setidaknya ada 937 orang miliarder yang ada di dunia. Namun hingga tahun 2017, Forbes kembali menyatakan bahwa saat ini terdapat 2043 total milyarder yang ada di dunia.

Itu berarti selama 10 tahun terakhir, 1106 miliarder baru mulai bermunculan. Suatu angka yang terbilang cukup besar dalam segi pertumbuhan ekonomi. Lalu, apa yang menyebabkan banyaknya miliarder baru bermunculan?

Jika menelusurinya lebih dalam, selain kesamaan dari segi kekayaan yang dimiliki, banyak diantara miliarder memiliki kebiasaan serupa yang turut membantu mereka mengumpulkan kekayaannya. Berikut adalah 7 Mindset Pebisnis Sukses Dunia yang telah berhasil menjadi seorang miliarder.

1. Berpikir Positif

Mindset pebisnis sukses yang pertama adalah senantiasa berpikir positif. Pikiran Anda menentukan siapa diri Anda. Apa yang Anda pikirkan adalah apa yang akan Anda alami. 

Sains telah membuktikan kemampuan kita untuk “mengirimkan pesan” pada otak kita sendiri, melalui perubahan pola pikir dan terlibat dalam praktek-praktek seperti meditasi (itu disebut neuroplastisitas).

Mengapa Anda tidak mengambil keuntungan dari fakta, bahwa Anda benar-benar dapat memprogram diri Anda untuk sukses? Berpikir positif itu sangat penting. Tak seorang pun akan menjadi positif 100% dalam waktu seketika. Percayalah bahwa Anda bisa dan Anda akan melakukannya. Cobalah berbicara pada diri anda sendiri. Yakinkan diri Anda. Karena saya juga melakukan kebiasaan ini.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Baik yang Harus Dimiliki Setiap Pebisnis

2. Praktekkan Apa yang Anda Nasihatkan Kepada Orang Lain

mindset pebisnis sukses

Mindset pebisnis sukses selanjutnya adalah senantiasa mempraktekkan apa yang mereka nasihatkan kepada orang lain.

Tak seorang pun mau mempercayai seseorang yang tidak pernah melakukan apa yang ia katakan. Dan Anda dapat bercerita kepada siapapun ketika seseorang tidak dapat melakukan sesuatu dengan benar. Buktikanlah! Jangan hanya bicara tentang hal itu. Jadilah orang tersebut.

Buatlah rencana setiap hari, dan laksanakan rencana tersebut. Jika Anda tidak melakukan semua  yang ada pada rencana/daftar tugas Anda, jangan khawatir. Yang terpenting adalah bahwa anda telah mampu memunculkan ide-ide dan rencana setiap hari. Tanggapi semua dengan serius, sedikit tekanan pada diri sendiri itu baik, tetapi Anda juga harus tahu bahwa ini merupakan latihan sehari-hari yang dapat memberikan keuntungan besar di masa mendatang.

3. Menyapa Hari Lebih Awal

Bangunlah pada dini hari seperti kebanyakan orang, atau bahkan sebelum mereka bangun dan beraktifitas. Bangun saat matahari sudah terbit bukanlah kebiasaan yang baik, meskipun Anda tidak harus buru-buru ke kantor di pagi hari.

Pagi hari adalah kunci. Ini adalah waktu yang tepat untuk berolahraga atau menggerakkan tubuh Anda, power up dengan makan makanan sehat, dan me-refresh pikiran Anda.

Ini adalah tentang bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk hari ini dan hari berikutnya. Jika Anda mencalonkan diri sebagai presiden, apakah Anda akan melompat tepat ke hari pemilihan, tanpa kampanye apapun, dengan piyama setelah tidur sampai  jam 1 siang? Tentu tidak. Anda harus segera bangun tidur dan mempersiapkan segalanya yang diperlukan untuk hari ini.

Kebiasaan bangun pagi ini juga menjadi mindset pebisnis sukses dunia. Kebanyakan dari mereka adalah seseorang yang suka bangun pagi, dan melakukan berbagai aktifitas yang produktif di pagi hari.

4. Kolaborasi Terbuka

mindset pebisnis sukses

Sukses tidak mungkin secara eksklusif berasal dari tangan Anda sendiri. Itu benar-benar suatu kebohongan besar. Selama kita dapat bertanggung jawab pada mimpi yang membawa kita kepada sebuah sukses besar, maka sesuai dengan judul artikel ini, kita tidak pernah mendapatkan kesuksesan kita sendirian. Kita benar-benar saling membutuhkan, kita perlu mentor, kita perlu masyarakat. Apabila Anda melakukan segalanya sendirian, maka hal tersebut sama saja dengan Anda menggali jauh ke dalam lubang besar. Selain itu, Anda perlu sebuah tim.

Menjadi solopreneur itu sangat baik, asalkan cocok untuk Anda dari awal Anda mebangun bisnis Anda. Tetapi cobalah Anda berusaha untuk melakukan segala sesuatu sendiri, ketika Anda tumbuh ke titik bahwa bisnis Anda benar-benar menekankan Anda untuk menjalankan bisnis dengan cara Anda sendiri. Seorang pemimpin tidak hanya semata-mata memimpin hidupnya sendiri, tetapi juga memimpin orang lain di jalan menuju kesuksesan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Millenial

5. Konsistensi Adalah Kunci

Mindset pebisnis sukses selanjutnya adalah konsisten. Konsisten melakukan hal-hal positif setiap hari, dan konsisten dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan sukses. Konsistensi memang suatu hal yang sulit dilakukan. Untuk tetap bisa konsisten dalam mengembangkan bisnis, kita harus pintar-pintar dalam menjaga fokus hidup kita.

Fokuslah pada sesuatu yang penting. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain atau terlalu banyak khawatir tentang masa depan. Fokuslah pada apa yang dapat Anda lakukan hari ini, sekarang, untuk diri Anda sendiri.

6. Selalu Berintegritas

mindset pebisnis sukses

Kata-kata Anda merupakan cermin dari diri Anda. Jika Anda ingin dilihat sebagai pemimpin, bertindaklah seperti one in all yang tidak terbatas pada bisnis yang telah Anda bangun. Manifestasi fisik dari keberhasilan dan kekayaan materi lebih pucat jika dibandingkan dengan pertumbuhan karakter yang Anda alami ketika Anda mengerti apa artinya membangun sesuatu yang bernilai.

Jika Anda membuat sesuatu yang akan berdampak pada kehidupan orang lain, mau tidak mau, itu akan berdampak pada kehidupan Anda dengan cara yang luar biasa juga. Anda harus selalu berintegritas, bicaralah dengan niat, dan bertindaklah seperti seseorang yang bermartabat. Ini adalah salah satu mindset pebisnis sukses yang berhasil dalam menggapai impiannya.

7. Syukur dan Kesadaran

Ketika Anda mensyukuri apa yang sudah Anda punya, dan tidak menjalani hidup Anda apa adanya saja, sebenarnya Anda sedang menuju kebahagiaan. Hal ini membuat semua langkah sebelumnya jauh lebih mudah. Mulailah setiap hari dengan daftar tiga hal yang patut Anda syukuri. Berikan cinta untuk diri sendiri, keluarga, teman, serta tim Anda. Hidup ini singkat. Menghargai itu sekarang, bukan nanti.

Baca Juga: Cara Jitu Unggul dalam Persaingan Bisnis

Itulah beberapa mindset pebisnis sukses dunia yang perlu kita tiru dalam kehidupan kita sehari-hari. yang Sebenarnya, 80% hal terpenting dari seorang pemimpin adalah belajar untuk memimpin diri sendiri. Menjaga pola pikir Anda tentang suatu hal, selalu berintegritas, dan menghargai apa yang Anda miliki. Latih diri Anda dengan beberapa kebiasaan tersebut, dan buat jalan kesuksesan Anda sendiri. Jika Anda tetap konsisten dengan kebiasaan tersebut, saya yakin, hidup Anda akan berubah jauh lebih baik dari hari kemarin.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: