Strategi Promosi Online Agar Meningkatkan Penjualan UKM

Sebelumnya, Intermezzo telah membahas tentang Strategi Marketing Organik. Nah, apakah Anda sudah mencobanya? Seperti yang telah dibahas pada artikel tersebut, marketing organik memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi, jika Anda tidak melakukannya secara konsisten. Pasti hasilnya tidak akan segera tampak.

Karena itulah, Intermezzo ingin memberikan alternatif bagi pengusaha UKM untuk mencoba promosi online berbayar. Tidak perlu khawatir untuk besarnya biaya yang harus Anda keluarkan. Karena beriklan secara online jauh lebih murah dibanding beriklan di media konvensional, seperti TV, radio, atau bahkan billboard.

Untuk beriklan di internet, Anda bisa menyesuaikan berapa anggaran sesuai kebutuhan. Jika anggaran sedikit, iklan tetap bisa dijalankan, akan tetapi jangkauannya tentu lebih sedikit. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Berikut adalah 5 Strategi Promosi Online yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM Anda!

Baca Juga: Strategi Marketing Organik untuk Meningkatkan Penjualan UKM

1. Giveaway

Strategi promosi online yang pertama adalah dengan mengadakan giveaway di media sosial bisnis Anda. Jenis promosi ini paling banyak dilakukan di Facebook, Instagram, Twitter.

Giveaway adalah membagikan produk gratis kepada follower media sosial yang telah memenuhi syarat tertentu. Biasanya dilakukan dengan sistem kuis. Follower harus menjawab pertanyaan tertentu di komentar atau pun me-repost postingan dan menandai temannya. Pemenang dipilih secara acak atau diseleksi berdasarkan kriteria tertentu.

Anda bebas menentukan mekanisme giveaway yang ingin Anda lakukan. Biasanya, syarat yang diberlakukan pada giveaway cenderung memudahkan dan tidak terlalu sulit. Karena nilai hadiah yang dibagikan pun kadang tidak terlalu tinggi.

Yang pasti, dalam membuat giveaway, Anda harus memperhatikan tujuan yang ingin Anda capai. Jangan asal bagi-bagi hadiah. Tapi, tetapkan target khusus dari promosi tersebut. Misalnya, Anda mengadakan giveaway dengan membagikan 5 produk gratis. Tujuannya apa? Salah satunya, Anda bisa menargetkan untuk meningkatkan jumlah follower dan engagement di media sosial Anda.

2. Gunakan Jasa Influencer

pakai jasa influencer

Strategi promosi online selanjutnya adalah kerjasama dengan influencer media sosial. Ini termasuk jenis promosi yang mulai banyak digunakan oleh para pemilik online shop saat ini.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum kerjasama dengan influencer adalah melakukan riset terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. Pilih influencer yang memiliki citra positif, memiliki engagement yang tinggi di media sosialnya, serta profil follower yang sesuai dengan target pasar Anda.

Misalnya, Anda seorang pengusaha hijab. Anda bisa kerjasama dengan influencer yang kesehariannya mengenakan hijab. Dengan begitu, peluang menggaet follower dan customer baru akan semakin besar. Untuk mencari influencer yang tepat, Anda bisa memanfaatkan berbagai situs marketplace influencer di internet. Seperti halnya situs marketplace produk, situs marketplace influencer ini menampilkan berbagai profil influencer, jumlah follower, dan bahkan tarif kerjasama yang diberlakukan. Dengan layanan tesb, Anda bisa lebih mudah dalam menemukan influencer yang tepat untuk usaha Anda.

Oh ya, kerjasama dengan influencer ini terdapat beberapa jenis. Dua yang paling populer adalah endorsement dan paid promotion/ paid partnership. Bedanya endorse dan paid promotion terletak pada orisinalitas konten. Dalam kerjasama endorsment, Anda cukup mengirimkan produk Anda dan melakukan pembayaran sejumlah biaya yang ditentukan.

Lalu, influencer akan mempromosikan produk Anda di media sosial miliknya dengan konten (foto/ video/ caption) yang dibuat sendiri oleh si influencer bersama timnya. Sehingga, hasilnya akan terkesan lebih natural bahwa produk yang diunggah adalah rekomendasi langsung dari influencer (bukan iklan/ endorse).

Sedangkan untuk kerjasama paid promotion, konten promonya tidak dibuat sendiri oleh influencer bersangkutan. Jadi, jika Anda hendak melakukan kerjasama paid promotion, maka Anda lah yang harus menyiapkan kontennya sendiri. Kelebihannya, harga yang ditawarkan kadang lebih murah dibanding endorsment. Namun, konten yang diunggah nanti akan terkesan tidak natural dan terlihat sebagai iklan. Sehingga kurang mendapat impresi dari follower si influencer.

Baca Juga: 5 Penyebab UKM Tradisional Sulit Berkembang

3. Facebook/ Instagram Ads

strategi promosi online berbayar

Strategi promosi online yang ketiga, coba beriklan di Facebook (FB Ads) dan Instagram (IG Ads). Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau audiens baru dari berbagai latar belakang yang Anda inginkan. jika Anda mengatur iklan dengan tepat, Anda bisa menyasar audiens sesuai dengan target pasar Anda.

Menariknya, saat beriklan di Facebook/ Instagram, Anda bisa menyesuaikan  tujuan beriklan secara lebih spesifik, apakah hanya untuk brand awareness, mempromosikan media sosial, atau pun untuk konversi (penjualan).

Anda juga bisa menentukan besarnya anggaran sesuai kebutuhan Anda. Sehingga, tidak perlu takut iklan Anda akan memakan banyak biaya, karena besarnya anggaran tergantung pada tujuan iklan dan jangkauan iklan tersebut.

Namun, jangan langsung kecewa jika iklan pertama Anda tak terlalu menghasilkan. Karena dalam beriklan di Facebook/ Instagram memang bukan pekerjaan mudah. Butuh latihan panjang yang dilakukan berulang-ulang, sehingga Anda bisa menemukan pola yang tepat. Mulai dari pemilihan konten iklan, audiens yang menjadi sasaran, dan lain-lain.

4. Marketplace Ads

Bagi Anda yang berjualan di marketplace, seperti di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, coba manfaatkan fitur iklan untuk meningkatkan penjualan Anda. Iklan marketplace akan menempatkan toko Anda di pencarian teratas atau dalam daftar produk unggulan. Dengan begitu, toko Anda di marketplace berpeluang lebih besar untuk diklik pengunjung, dan akhirnya melakukan pembelian di toko online Anda.

Masing-masing situs marketplace punya kebijakan yang berbeda-beda dalam beriklan. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee, memiliki aturan tersendiri bagi seller/ merchant yang ingin beriklan. Untuk mengetahui syarat lebih lanjut, Anda bisa langsung membuka situs mereka dan mempelajari mekanisme iklan yang diterapkan.

Baca Juga: 10 Ide Promo Diskon untuk Meningkatkan Penjualan

5. Google Ads

strategi promosi online berbayar

Jika Anda mempunyai website, maka cara promosi online yang kelima ini bisa Anda coba. Beriklan di Google adalah alternatif jitu bagi Anda yang baru membuat website dan belum memiliki banyak pengunjung. Cara ini juga lebih praktis dibanding melakukan strategi SEO yang membutuhkan waktu dan usaha yang lebih panjang.

Dengan beriklan di Google, Anda bisa memilih keyword tertentu sesuai bisnis Anda, dan menjadikan website Anda di posisi terbaik saat pengguna mencari keyword tersebut di Google. Misalnya, Anda menjual sepatu kulit di Bandung. Anda bisa beriklan di Google Ads untuk keyword “jual sepatu kulit”, “sepatu kulit bandung”. Sehingga, saat seseorang mengetik keyword tersebut di Google, maka hasil pencarian akan menunjukkan website Anda di posisi teratas. Harapannya, tentu saja akan lebih banyak pengunjung tertarget yang mengunjungi website Anda dan berpeluang besar melakukan pembelian.

Sebelum beriklan ke Google, Anda juga perlu mempelajari kebijakan Google Ads dengan baik, sehingga iklan Anda berhasil ditampilkan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset keyword yang tepat, agar iklan Anda tepat sasaran.

Perlu Anda ketahui juga, harga tiap keyword akan berbeda-beda. Ada keyword tertentu yang tingkat persaingannya tidak terlalu tinggi (jarang dicari), sehingga harganya murah. Namun, ada juga yang tingkat persaingannya tinggi, sehingga harganya pun mahal. Untuk itu, riset keyword sangat perlu Anda lakukan secara matang. Jangan sampai telah mengeluarkan banyak biaya, tapi iklan Anda justru tak menghasilkan.

Demikian 5 strategi promosi online yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan bisnis UKM Anda. Sama halnya dengan promosi online gratis, jangan hanya mencoba sekali saja. Lakukan berulang sampai Anda temukan pola beriklan yang tepat dan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Jika Anda masih kesulitan melakukan iklan sendiri, bisa mencoba jasa Digital Marketing yang sudah berpengalaman. Percayakan saja promosi online bisnis Anda ke InDeo, untuk informasi lebih lanjut silakan klik pada gambar di bawah ini.

InDeo
3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.