Berkarir sebagai pengusaha telah menjadi impian banyak orang. Apalagi, jika bisa menjadi pengusaha sukses yang dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Tapi, bagaimana jika usaha yang kita rintis mengalami stagnansi omzet alias tidak ada peningkatan penghasilan? Ini berarti ada yang salah dengan sistem bisnis yang kita jalankan. Tentu kita tidak ingin mengalami kegagalan dalam berbisnis apapun itu bisnisnya.
Di era digital seperti sekarang, persaingan bisnis semakin ketat. Selain dituntut kreatif dalam melakukan inovasi produk, setiap pengusaha diharuskan menguasai IT (information technology). Mengapa? Tentu saja untuk mengikuti perkembangan zaman dan perubahan selera masyarakat. Baca sampai habis artikel berikut, untuk memahami cara menghindari kegagalan dalam berbisnis online.
Belajar dari Kegagalan Pengusaha Konvensional
Sekarang mari kita ingat kesuksesan Kodak di tahun 90-an. Mereka terlalu percaya diri hingga lupa berinovasi. Bahkan, Kodak menyepelekan kehadiran kamera digital yang dianggapnya sebagai tren sesaat. Tapi, lihatlah industri kamera sekarang. Kodak collapse digantikan kejayaan kamera digital.
Kebangkrutan sejenis juga dialami beberapa industri ritel di Indonesia. Sebut saja Lotus, Seven Eleven, Matahari, hingga Ramayana. Apakah daya beli masyarakat Indonesia menurun? Atau kondisi perekonomian nasional sedang memburuk? Jawabannya TIDAK. Masyarakat Indonesia masih gemar membeli. Kondisi perekonomian nasional juga baik baik saja. Yang berubah hanyalah pola belanja masyarakat. Dari konvensional, kini beralih ke digital. Dulunya pasar-pasar swalayan, kini beralih ke berbagai toko-toko online.
Kini, berbagai website online shop ramai dibanjiri pembeli. Coba lihat saja statistik pengunjung Lazada, Blibli, Bukalapak, atau Shopee. Keempat market place tersebut bisa menarik lebih dari 500 ribu pengunjung per hari. Bayangkan bagaimana sesaknya jika ratusan ribu pengunjung tersebut memadati antrian belanja di toko konvensional. Inilah salah satu keuntungan belanja online yang disukai masyarakat. Tidak perlu antri atau keluar rumah. Cukup manfaatkan smartphone dan koneksi internet saja.
Jadi, solusinya adalah dengan membuat sebuah website untuk bisnis Anda!
Kenapa Harus Punya Website?
Sekarang kita sudah memahami pentingnya mengikuti perubahan selera masyarakat di era digital. Sebagai permulaan, mari kita ingat:
- Dimana orang sekarang mencari kebutuhan? Internet.
- Kemana orang sekarang survei produk sebelum memutuskan berbelanja? Internet.
- Kemana orang sekarang mencari tahu image perusahaan? Ya internet.
Jadi sebagai pengusaha cerdas, kita harus menampilkan semua informasi perusahaan, produk, hingga aplikasi belanja produk kita di internet dong? Yap, benar sekali. Bagaimana caranya? Kita mulai dari memiliki website perusahaan.
Website adalah salah satu tools di internet yang dapat menampilkan berbagai informasi secara lengkap. Mulai dari profil perusahaan, daftar produk, hingga aplikasi belanja. Karena itulah dalam artikel ini kami memaparkan pentingnya memiliki website bagi perusahaan.
Baca Juga: 5 Alternatif Cara Membuat Website untuk Meroketkan Penjualan
Pengertian dan Jenis Website
Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat website, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dan jenis-jenisnya. Website atau yang biasa disingkat web adalah sekumpulan halaman yang memiliki satu domain name yang sama. Sebuah website memiliki beberapa explicit link yang dapat digunakan untuk berpindah-pindah halaman sesuai link konten yang kita cari. Untuk mengakses sebuah web, kita hanya perlu mengetik domain name pada browser, lalu tekan enter. Setelah itu, beranda website yang kita cari pun akan muncul.
Berdasarkan konten yang disajikan, website dibedakan dalam beberapa jenis, diantaranya: website search engine, social networking, news portal, dan sebagainya. Namun, dalam artikel ini kita hanya akan membahas jenis-jenis website yang paling relevan untuk kebutuhan perusahaan, yaitu: website company profile dan website e-commerce.
1. Website Company Profile
Pada umumnya, website company profile menampilkan profil perusahaan meliputi: sejarah, visi-misi, nomor kontak dan lokasi perusahaan, hingga daftar produk yang dihasilkan. Beberapa website jenis ini juga dilengkapi fitur berita, artikel terkait produk, hingga forum diskusi yang dapat diikuti pelanggan.
2. Website E-Commerce
Seiring menjamurnya aktifitas e-commerce di Indonesia, muncul inovasi berupa pembuatan website e-commerce tersendiri. Jenis wesite ini juga sering disebut sebagai website online store atau online shop. Tujuan utama website e-commerce adalah menampilkan katalog atau portofolio produk dan jasa dari seseorang atau perusahaan. Biasanya, jenis website ini juga dilengkapi fitur belanja online yang dapat digunakan secara mudah oleh pengguna.
Pentingnya Memiliki Website bagi Bisnis
Coba kita baca kembali judul artikel ini: “8 Alasan Penting Mengapa Bisnis Membutuhkan Website” Memangnya sehebat apa manfaat website? Apakah sebuah website dijamin meningkatkan jumlah penjualan dan menaikkan omzet? Tentu saja bisa.
Ya, tentu saja. Asal dikelola dengan baik, sebuah website dapat menawarkan berbagai manfaat tak terduga bagi setiap pengusaha. Berikut lima diantaranya.
1. Sebagai Media Informasi Digital
Dengan memiliki website company profile, sebuah perusahaan dapat menyajikan beragam informasi untuk menunjang brand awareness di mata pelanggan. Tentu kita tidak boleh lupa bahwa di era digital sekarang, mayoritas orang di dunia memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Termasuk saat mereka hendak mencari referensi seputar produk atau perusahaan tertentu. Salah satu sumber rujukan utama yang digunakan adalah website.
Kita tidak ingin para pelanggan membatalkan rencana pembelian hanya karena informasi produk kita tidak tersedia di internet. Memang ada yang seperti itu? Jangan sepelekan, 92% masyarakat melakukan survei online terlebih dahulu sebelum membeli produk secara online maupun offline. Tujuannya untuk mengetahui spesifikasi produk, harga, dan tentunya profil penyedia produk tersebut.
2. Sebagai Sarana Promosi
Sebagai bagian dari digital marketing, website juga memiliki kemampuan promosi yang efektif. Ini adalah peluang yang tepat untuk mempromosikan produk kita melalui website. Misalnya, dalam website company profile, kita dapat menampilkan katalog produk dengan lengkap, fitur iklan display, artikel advertorial, atau beberapa testimonial pelanggan. Konten ini bisa menjadi media promosi yang efektif untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.
3. Sebagai Sarana Branding
Membangun brand dan company profile yang baik kini bisa dilakukan dengan mudah melalui website. Dulu, sebuah perusahaan harus mengundang sejumlah wartawan untuk menulis artikel yang baik tentang kesuksesan perusahaannya. Kini, tak perlu lagi. Selama perusahaan memiliki website, kita bisa membangun image yang baik di mata pelanggan dengan menulis dan mengunggah news feature buatan kita sendiri.
4. Sebagai Media Customer Support
Sebagai customer support, sebuah website company profile biasanya dilengkapi sejumlah informasi khusus untuk mendukung layanan pelanggan. Beberapa informasi yang ditampilkan seperti informasi disclaimer dan FAQ (Frequently Asked Questions).
Informasi ini disajikan untuk menjawab pertanyaan umum yang sering ditanyakan customer secara berulang. Tentu informasi ini akan sangat berguna untuk membangun citra dan kredibilitas perusahaan yang baik di mata pelanggan.
5. Sebagai Media Komunikasi
Sebuah website tidak hanya bersifat satu arah atau sekadar mempengaruhi khalayak. Website termasuk media komunikasi dua arah. Kita dapat berkomunikasi secara langung dengan pelanggan hanya dengan bermodal website. Untuk melakukannya, kita dapat mengintegrasikan website dengan fitur live chat, nomor telepon atau media sosial perusahaan.
Fitur tersebut dapat memudahkan pelanggan untuk menghubungi kita sewaktu-waktu. Misalnya, jika ingin menyampaikan saran, pertanyaan, atau keluhan tertentu. Kita pun bisa membalasnya dengan segera melalui fitur live chat.
Baca Juga: 10 Penyebab UKM Bangkrut yang Harus Anda Hindari
Keuntungan Memiliki Website
Kita sudah mengetahui berbagai manfaat website bagi perusahaan. Lalu, apa keuntungan yang bisa kita dapat setelah merasakan manfaat tersebut? Tentu banyak sekali. Tapi dalam artikel ini kami hanya akan memaparkan lima diantaraya:
1. Meningkatkan Penjualan
Dengan memiliki website, kita dapat meningkatkan jumlah penjualan produk kita secara maksimal. Jika selama ini kita hanya berfokus penjualan offline, dengan adanya website kita dapat melakukan penjualan secara online yang terbukti mendatangkan lebih banyak calon pembeli potensial.
2. Menghemat Biaya
Dengan emiliki website company profile dan e-commerce, kita dapat melakukan promosi online secara terintegrasi. Sistem promosi yang kita jalankan pun dapat berjalan lebih mudah dan murah. Bayangkan jika kita hanya mengandalkan promosi secara konvensional di lapangan. Kita harus keliling-keliling mengunjungi calon customer potensial yang belum tentu membeli produk kita.
Hitunglah berapa biaya yang kita perlukan untuk kegiatan tersebut. Mulai dari transportasi hingga gaji marketer. Tentu biaya yang kita keluarkan dapat dihemat semaksimal mungkin jika kita melakukan promosi online melalui website. Biaya promosinya lebih murah dan jangkauannya tak terbatas ruang dan waktu.
3. Memudahkan Calon Pelanggan untuk Menemukan Produk
Keuntungan lain jika suatu perusahaan memiliki website yaitu memudahkan pelanggan melakukan survei pasar. Kita tidak perlu lagi menyebar ribuan brosur untuk memperkenalkan promo produk kita ke masyarakat. Cukup menulis artikel di website, dan para pelanggan pun dapat membacanya lebih mudah.
Tentu informasi yang kita buat di website akan lebih disukai pembaca. Mengapa? Karena kita bisa menyajikan konten yang lebih detail, atraktif (disertai gambar dan video), serta dapat dihubungkan dengan berbagai sumber yang relevan.
4. Berpeluang Menarik Lebih Banyak Pelanggan Tanpa Batasan Ruang dan Waktu
Sekali lagi keuntungan yang bisa kita dapat dari memiliki website masih berhubungan dengan kegiatan marketing. Menarik lebih banyak pelanggan tanpa batasan ruang dan waktu. Hal ini sesuai dengan sifat internet yang menyebar tanpa batasan ruang dan waktu.
Sehingga, materi promosi produk kita yang ditampilkan di website akan berpeluang besar dibaca oleh banyak orang dari berbagai kota atau negara. Bagaimana dampaknya? Jika kita bisa menulis mataeri promosi dengan sangat baik dan powerful, bukan tidak mungkin para pembaca yang mengunjungi website kita akan menjadi customer potensial.
5. Lebih Cepat Menerima Feedback dari Pelanggan
Sifat internet yang dapat menjadi media komunikasi dua arah memungkinkan kita berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Tentu hal ini sangat menguntungkan. Kita dapat mengetahui respon pelanggan secara lebih cepat dan mudah. Selain itu, juga dapat menanggapi setiap saran, pertanyaan, atau bahkan keluhan pelanggan secara langsung.
Mengapa proses ini sangat penting? Ingat, dalam berbisnis, customer adalah raja. Setiap masukan yang mereka ungkapkan harus secepatnya dikelola dengan baik. Supaya bisnis semakin lancar dan para pelanggan juga semakin nyaman.
Baca Juga: 8 Kebiasaan Baik yang Harus Dimiliki oleh Setiap Pebisnis
Saatnya Membuat Website yang Bagus
Setelah memahami pentingnya membuat website bagi perusahaan, terdapat satu hal lagi yang perlu kita perhatikan: Bagaimana cara membuat website yang baik?
Sebab, tidak semua website dapat meningkatkan konversi. Ada beberapa website yang justru menyulitkan pengunjung untuk mencari informasi. Alhasil, bukan konversi yang kita dapatkan, tapi jutru keluhan.
Apa saja kriteria website yang baik? Berikut 4 diantaranya.
1. Mudah Digunakan Staf Perusahaan
Kriteria website yang baik yang pertama adalah mudah digunakan oleh pengelola alias staf perusahaan. Semakin rumit dan sulit digunakan tentu tidaklah baik. Sebab, produktifitas website tentu akan terhambat dan tujuan marketing tidak dapat terlaksana dengan baik.
2. Mudah Digunakan Pengunjung (User Friendly)
Kita juga harus memastikan website perusahaan kita dapat digunakan secara mudah oleh pengunjung. Apa saja parameternya? Yang pertama, harus bisa diakses di segala macam perangkat. Mulai dari PC hingga mobile smartphone.
Selanjutnya, website harus memiliki desain dan tata letak yang sederhana dan mudah digunakan. Tidak ada menu bertumpuk atau spam link aktif tertentu yang dapat membingungkan pengguna. Salah satu ciri website user friendly lainnya yaitu memiliki konten-konten yang relevan dengan profil perusahaan.
3. Mudah Ditemukan dalam Pencarian Browser (SEO Friendly)
Kriteria website yang baik selanjutnya adalah memiliki SEO (Search Engine Optimization) yang baik. Salah satunya ditandai dengan pemunculan keyword tertentu yang paling sering digunakan oleh user ketika mencari informasi terkait. Sehingga, website kita akan mudah ditemukan oleh pencarian browser, khususnya ketika user memasukkan keyword tertentu.
4. Terkoneksi dengan Media Sosial
Kriteria keempat dari website yang baik yaitu terkoneksi dengan media sosial perusahaan. Kita perlu mencantumkan alamat media sosial perusahaan beserta link aktif yang dapat mengarahkan user mengunjungi media sosial tersebut secara langsung. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah berkomunikasi dengan admin website melalui alamat media sosial yang mereka suka.
Tools ini juga dapat dimanfaatkan user untuk membagikan konten website yang dianggapnya menarik di media sosial yang mereka gunakan.
Baca Juga: Belajar Cara Bisnis Wizz Mie, Resto yang Viral di Surabaya
Demikian pembahasan lengkap tentang pentingnya memiliki website sebagai solusi ampuh dalam menghindari kegagalan berbisnis online.
Jika Anda ingin sukses dalam berbisnis online, pastikan Anda memiliki website terbaik. Percayakan pembuatan dan desain website perusahaan Anda kepada penyedia jasa pembuatan website berkompeten, yaitu InDeo. Pelajari lebih lanjut di link ini.