Ilmu Mujarab agar Website Melesat di Posisi 1 di Search Engine

Memangnya ilmu mujarab apa sih yang bisa menempatkan website kita pada no. 1 hasil pencarian Search Engine seperti Google?

Jangan-jangan ilmu gaib nih!

Eits, tenang saja. Ilmu yang kami bagikan disini aman kok. Legalitasnya terjamin dan ilmunya bisa dicerna oleh akal sehat.

Baiklah, sebelum menjelaskan ilmu apakah itu, mari kita pikirkan ulang:

Mengapa harus website? Mengapa harus internet?

Bagaimana dengan para pengusaha gaptek yang tidak tahu sama sekali tentang internet? Pasti akan kesulitan mewujudkan website yang dapat menempati no. 1 pencarian.

Inilah yang harus kita ubah sekarang juga! Coba ingat kembali fakta-fakta tentang pentingnya internet dalam tren bisnis zaman now.

Apakah Anda ingin mengikuti kegagalan para pebisnis konvensional itu? Tentu tidak kan? Disinilah yang berkali-kali kami tekankan: Miliki website sekarang juga.

Mengapa?

Website Terbukti Meningkatkan Penjualan

Website merupakan komponen vital dalam upaya internet marketing. Menurut data Google, setiap harinya ada 132,7 juta penduduk Indonesia yang melakukan pencarian informasi melalui internet.

Jika bisnis Anda memiliki website, peluang khalayak mengetahui produk atau jasa Anda melalui internet pun semakin besar.

Hal ini pernah dialami oleh seorang kolega saya, founder Inspire Management Consulting, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi manajemen bisnis dan SDM.

Sebelum memiliki website, klien yang menggunakan jasanya terbatas di wilayah Jawa Timur. Namun, sejak memiliki website yang beralamat di www.inspire.co.id, jumlah klien yang ditangani kolega saya tersebar dari berbagai kota di Indonesia.

Tidak cukup sampai disini.

Hasil riset IPSOS Hongkong, sebuah lembaga penelitian terkemuka di dunia juga membuktikan pentingnya website untuk bisnis.

Menurut riset, pendapatan akan meningkat sebesar 300% setelah seorang pebisnis mengoptimasi website-nya.

IPSOS Hongkong juga mengklaim jika menggunakan strategi internet marketing mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis sebesar 2.8 kali

Bagaimana itu bisa terjadi? Hasil temuan Google bisa menjadi jawabannya.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Bisnis Anda Memerlukan Website

Google menganalisis: Website berpengaruh sangat besar dalam menentukan keputusan berbelanja seseorang.

Bahkan, 87% pengguna internet mengubah keputusannya untuk membeli suatu produk, setelah menemukan produk lain melalui internet.

  • Tentu menguntungkan jika pengguna internet yang semula tidak mengetahui produk Anda, kemudian memborong produk Anda karena terkesan dengan website yang Anda tampilkan.
  • Tapi, bagaimana jika sebaliknya? Seseorang mengurungkan niat membeli produk Anda karena kesulitan menemukan website Anda melalui mesin pencari. Pasti menyesal kan?

Disinilah pentingnya menguasai “ilmu mujarab” untuk menempatkan website pada no.1 hasil pencarian.

Jika Anda pernah membaca artikel kami 7 Cara Melakukan Ekspansi Bisnis dari Offline Menuju Online, Anda pasti tahu “ilmu” apa yang kami maksud.

Jadi,

Ilmu tersebut

adalah….

SEO alias Search Engine Optimization

Yakni, usaha yang dilakukan secara kompleks untuk mengoptimalkan website agar mudah ditemukan mesin pencari, seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Mengapa Harus SEO?

Singkatnya, untuk menempati posisi terbaik hasil pencarian, sehingga meningkatkan traffic pengunjung website.

Nah, semakin banyak pengunjung, tentu semakin besar peluang kita meningkatkan penjualan.

Bahkan, manfaat SEO ini bisa bertahan lama. Nggak cuma  1-2 hari saja.

Hal ini saya buktikan sendiri. Saya memang tidak terlalu ahli dalam bidang IT, sehingga saya mempercayakan pembuatan wesbite beserta optimasi SEO-nya pada InDeo, studio desain terpercaya di Indonesia.

Sejak menggunakan jasa SEO dari InDeo, traffic pengunjung website meningkat secara stabil. Sebab, satu kata kunci yang telah dioptimasi mampu mengundang klik dari jutaan pengguna internet setiap harinya.

Hasil optimasi satu kata kunci ini pun bisa bertahan dalam waktu lama. Sehingga, ledakan pengunjung yang datang ke website kita bisa tetap stabil.

Lalu, apa saja manfaat mempelajari ilmu SEO dalam berbisnis? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Pengunjung Lebih Tertarget

Menerapkan SEO untuk website perusahaan akan membantu kita menemukan target pasar yang tepat.

Sebab, pengunjung yang datang ke website kita berangkat dari kata kunci tertentu yang dimasukkan pada mesin pencari.

Dengan melakukan optimasi kata kunci sedemikian rupa, kita mampu mengundang banyak pengunjung paling potensial untuk menjadi pelanggan produk/ jasa kita.

Bagaimana itu bisa terjadi?

Simak ilustrasi berikut. InDeo merupakan penyedia jasa pembuatan website profesional yang berlokasi di Surabaya.

Untuk memperoleh pengunjung sesuai target pasar, InDeo mengoptimasi kata kunci yang relevan dengan layanan yang ditawarkan. Misalnya: jasa pembuatan website surabaya.

Sekarang, lihatlah hasil pencarian Google untuk keyword tersebut. Dengan melakukan strategi SEO secara maksimal, website InDeo berada di no. 1 hasil pencarian.

Tentu ini keuntungan yang sangat fantastis.  Sebab, terdapat beberapa kemungkinan ketika seseorang memasukkan keyword “jasa pembuatan website surabaya”.

Salah satunya, seseorang bermaksud memesan website perusahaan pada penyedia jasa pembuatan website di Surabaya.

Nah, karena menempati no. 1 hasil pencarian, peluang InDeo diklik oleh pengguna internet pun semakin besar. Dengan begitu, kesempatan menerima order jasa website juga semakin besar.

2. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Dalam jangka panjang, website yang SEO friendly dapat meningkatkan reputasi perusahaan menjadi lebih baik.

Semakin mudah website kita ditemukan di mesin pencari, semakin baik reputasi perusahaan kita di mata pelanggan.

Pelanggan akan menilai perusahaan kita lebih kredibel dan profesional.

3. Menghemat Waktu dan Biaya Promosi

Teknik optimasi website melalui strategi SEO lebih menghemat waktu ketimbang Social Media Optimization (SMO) alias optimasi media sosial.

Jika SEO untuk website kita sudah stabil, kita bisa mendapat banyak traffic tanpa perlu melakukan promosi dari saluran satu ke saluran yang lain.

Beda halnya degan SMO. Kita harus senantiasa memonitor materi promosi yang kita sebar di berbagai media. Tentu cara ini akan membutuhkan lebih banyak waktu

Selain itu, SEO juga dapat menghemat biaya promosi. Sebab, kita bisa meningkatkan traffic pengujung tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Semuanya dapat dilakukan secara gratis. Berbeda jika kita melakukan promosi melalui televisi, koran, ataupun membayar iklan ke mesin pencari.

Kita harus menganggarkan banyak uang untuk melakukan berbagai jenis promosi berbayar seperti itu.

 4. Menghindari Upaya Spam

Dibanding SMO, strategi memaksimalkan SEO lebih terbebas dari upaya spam.

Bayangkan jika Anda melakuakan promosi di media sosial.

Bagi sebagian orang, upaya kita melakukan promosi di media sosial adalah hal yang sangat mengganggu (spam).

Apalagi, jika kita menyebarkan materi promosi ke grup atau forum yang tidak tepat. Tentu kita akan dinilai spamming oleh anggota grup/forum yang kita tuju.

Dalam jangka panjang, hal ini akan mengancam reputasi perusahaan kita.

Namun, bukan berarti Anda harus menghindari SMO. Asal dilakukan secara benar, SEO dan SMO bisa berjalan beriringan untuk memperoleh hasil secara maksimal.

Kerugian Mengabaikan SEO

Kita sudah mempelajari pentingnya SEO dalam berbisnis, kira-kira apakah ada kerugian yang kita alami jika mengabaikan SEO?

Tentu saja banyakkkk.

Hal ini pun pernah saya alami sendiri. Sebelum mempercayakan SEO website saya pada InDeo, saya merasa frustasi dengan website saya sendiri.

Hampir setiap minggu saya perbarui kontennya, tapi jumlah pengunjung masih minim dan akibatnya tidak menghasilkan penjualans sedikitpun.

Saya pun berkonsultasi dengan salah satu web developer InDeo, ada apa dengan website saya ini?

Kemudian beliau menyarankan untuk melakukan strategi SEO. Seperti yang saya bilang di awal, karena saya ini termasuk orang awam di bidang IT, maka saya percayakan kebutuhan SEO website saya pada ahlinya (InDeo)

Oh iya, saking semangatnya merekomendasikan InDeo, saya sampai lupa menjelaskan apa saja kerugian yang akan Anda alami jika mengabaikan SEO.

Langsung saja, simak pembahasan berikut.

Memiliki website itu ibarat memiliki seorang istri. Anda ingin istri Anda tampil cantik dan menarik, tapi Anda pelit memberi uang kosmetik.

Jadi, jangan salahkan istri Anda jika penampilannya tidak menarik. Itu salah Anda sendiri.

Begitu juga memiliki website. Jangan salahkan website-nya ketika hasilnya tidak powerfull. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah Anda sudah melakukan strategi SEO secara maksimal?

Anda akan mengalami kerugian besar jika tidak mengoptimalkan SEO pada website. Berikut hanya sebagian kecil kerugian yang akan Anda alami.

1.  Pelanggan Kesulitan Menemukan Website di Mesin Pencari

Tanpa usaha SEO secara maksimal, website yang baru kita bangun akan kesulitan mendapat posisi terbaik di hasil pencarian.

Dampak buruknya, pelanggan mengalami kesulitan saat bermaksud mencari tahu profil perusahaan atau memesan produk kita secara online.

 Alhasil, calon pelanggan kita akan mengurungkan niatnya untuk membeli produk kita.

2. Website Sepi Pengunjung

Tanpa melakukan SEO, Anda akan kehilangan jatah mendapatkan banyak traffic dari pengguna internet yang datang dari mesin pencari.

Padahal, menurut data Google, pengguna internet melakukan pencarian lebih dari 100 juta per hari melalui mesin pencari.

Tentu beberapa persen dari jumlah tersebut berpotensi melakukan pencarian terkait produk/ jasa yang Anda tawarkan.

Tapi, bagaimana jika website Anda tidak SEO friendly?

Kembali pada poin kerugian nomor 1, maka website Anda sulit ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian.

3. Minim Terjadinya Konversi

Melihat tingginya aktifitas belanja dan riset produk secara online, seharusnya Anda juga berpeluang mendapat konversi secara maksimal.

Mulai dari meningkatkan penjualan hingga membangun kepercayaan pelanggan.

Tapi, peluang tersebut akan berkurang dan bahkan menghilang jika website Anda tidak SEO friendly.

Website sulit ditemukan di mesin pencari, jumlah pengunjung pun sepi.

Jumlah pengunjung sepi, konversi pun tak akan pernah terjadi.

4. Membuang Biaya Hosting dan Maintenance

Kerugian yang akan Anda alami selanjutnya terletak pada masalah anggaran.

Tanpa adanya konversi akibat website sepi pengunjung, maka  besarnya uang yang Anda investasikan untuk website akan terbuang sia-sia.

Coba Anda hitung berapa pengeluaran yang Anda habiskan untuk mengelola website.

Mulai dari biaya hosting domain per tahun, penggunaan WIFI atau kuota data internet, hingga besarnya gaji bagi karyawan yang mengelola website Anda (jika ada).

Semua pengeluaran itu akan sia-sia jika website Anda tidak di-SEO-kan.

Mengapa?

Kami sudah menyebutnya berkali-kali: Tanpa SEO secara maksimal, website tidak akan menghasilkan konversi apa-apa.

 

5. Branding Produk dan Perusahaan Melemah

Minimnya pengunjung website akan menghambat branding produk dan perusahaan Anda.

Semua konten yang Anda buat untuk memperkenalkan produk dan perusahaan Anda akan percuma akibat tidak ada yang membaca dan membagikannya.

Imbasnya, keinginan dikenal dan populer lebih cepat pun sirna dalam sekejab.

Semua kerugian ini hanya diakibatkan oleh gagalnya menaklukkan SEO.

6. Sulit Mendapat Kepercayaan Pelanggan

Akibat gagalnya branding melalui website, Anda pun sulit membangun kepercayaan pelanggan terhadap produk dan perusahaan Anda.

Bagaimana ini bisa terjadi? Poin ini berkaitan dengan kerugian nomor 1.

Akibat tidak di-SEO-kan secara maksimal, pelanggan kesulitan untuk menemukan website Anda pada mesin pencari.

Pelanggan itu pun menjadi kecewa dan mengurungkan niatnya untuk membeli produk/ jasa yang Anda tawarkan.

Sebagai dampak lanjutan, pelanggan cenderung menilai Anda sebagai perusahaan yang tidak kredibel.

Anda dianggap tidak memiliki website sehingga dinilai kurang mengikuti perkembangan zaman. Padahal, semua itu hanya terjadi akibat website tidak SEO friendly.

 

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan ilmu apa yang HARUS Anda kuasai sekarang juga untuk menempatkan website pada no.1 hasil pencarian?

Yap, SEO. Kita sudah sama-sama tahu bagaimana pentingnya SEO dan kerugian apa saja yang kita alami jika mengabaikan SEO.

Jadi, segera SEO-kan website Anda sekarang juga.

Sayangnya, mewujudkan SEO tidaklah mudah. Butuh usaha dan strategi yang keras dan panjang.

Daripada ribet melakukan strategi SEO dari nol, lebih baik ikuti langkah saya.

Percayakan kebutuhan website dan SEO Anda pada web developer terpercaya. Memangnya siapa?

Setahu saya ya cuma InDeo pilihannya.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: