Ketika kita pergi ke sebuah restoran atau cafe, sering kita jumpai ketika memesan menu masih akan dilayani dengan pena dan kertas. Konsep tradisional seperti ini masih bertahan hingga sekarang bahkan restoran atau cafe di kota-kota besar.
Restoran telah berjalan dengan baik tanpa banyak kemajuan teknologi selama berabad-abad. Tapi dewasa ini, sudah mulai banyak pula restoran yang menggunakan teknologi. Khususnya dibidang layanan pemesanan makanan atau minuman misalnya dengan software. Pengunjung hanya perlu memilih atau mengklik pesanan yang diinginkan melalui perangkat layar sentuh tanpa perlu menulis di kertas.
Teknologi seperti ini juga sudah digunakan di industri perhotelan secara keseluruhan. Mulai dari cara mereka menerima pemesanan kamar hotel dan mengelola daftar tunggu dengan cara yang praktis.
Di antara semua kemajuan teknologi yang berdampak pada layanan restoran, media sosial menyebabkan perubahan yang terlihat signifikan, terutama Instagram. Layanan berbagi foto yang telah mengguncang dunia hanya dalam enam tahun, sejak pertama kali diluncurkan 6 Oktober 2010.
Di kota-kota metropolitan seperti Surabaya atau Jakarta, restoran dan cafe mulai menggunakan Instagram yang sudah berkembang pesat untuk terhubung dengan pelanggan. Ya, Instagram untuk bisnis bukan strategi pemasaran yang tabu lagi.
Riset terbaru yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia tahun 2016, mayoritas pengguna internet berasal dari kalangan anak muda. Tercatat ada 22,3 juta jiwa pengguna internet untuk rentang usia 20-24 tahun. Pada kelompok usia 25-29 tahun, terdapat 24 juta pengguna internet. Sedangkan pengguna aktif Instagram di Indonesia, terdapat sekitar 22 juta orang (tahun 2016).
Dengan meningkatnya popularitas Instagram, sudah seharusnya sebuah restoran untuk lebih bisa beradaptasi dengan teknologi yang user friendly untuk menarik pelanggan baru. Berikut ini 3 cara mengaplikasikan Instagram untuk bisnis restoran atau cafe:
Baca Juga: Apa Itu Instagram for Business? Cobalah untuk Bisnis Anda
1. Bagikan foto dekorasi dan desain
Dekorasi baik desain interior maupun eksterior telah menjadi bagian yang semakin penting dari pengalaman bersantap di restoran atau cafe. Karena zaman sekarang pengunjung juga memperhatikan elemen desain, seperti seni di dinding, permukaan meja yang kontras dengan piring dan pencahayaannya, dan lainnya.
Menumbuhkan penekanan pada desain bukan hanya sebuah kebetulan belaka. Bahkan Michael Chernow, pemilik Seamore’s, salah satu restoran terkenal di New York, mengakui pentingnya merancang tempat makan hidangan lautnya yang eye catching untuk difoto pelanggan. “Instagram itu mutlak, 100 persen diperhitungkan” katanya.
Ken Fulk, perancang interior restoran yang menggarap desain restoran terkenal lainnya, Sadelle’s, mengatakan “Anda terinspirasi oleh Instagram, karena orang menjadi hebat dalam mendokumentasikan ruang dan benda-benda. Anda sekarang memiliki jutaan orang di luar sana yang memposting gambar-gambar indah ini, dan bagaimana Anda bisa tidak terinspirasi olehnya?” Berinvestasi dalam desain adalah investasi ditengah ramainya penggunaan media sosial dalam pemasaran, yang mana sangat penting di pasar konsumen dalam era digital saat ini.
Baca Juga: 8 Rahasia Mendesain Interior Cafe agar Lebih Kekinian
2. Presentasi menu yang menarik
Tren Instagram juga telah menghasilkan presentasi makanan yang lebih kreatif dan penekanan yang lebih besar pada plating (penyajian makanan). Salah satu hidangan paling populer pada tahun 2016 berkat viral dimedia sosial adalah milkshake dari Black Tap Craft Burgers and Beer di New York. Milkshake tersebut penuh dengan dekorasi, sajiannya penuh dengan warna yang membuat hasil foto di media sosial menjadi begitu indah hanya untuk sebuah minuman.
Menurut Chef dari Black Tap’s, Joe Isidori, “Instagram telah membuat Black Tap’s menjadi salah satu tren makanan terbesar tahun ini. Setiap kali kita memposting sebuah kolaborasi baru atau milkshake, foto-foto itu sepertinya menjadi virus. Sudut-sudut di restoran terus berkembang dan momentum tidak pernah berhenti.”
Seperti dilansir Bloomberg, bahkan desain tempat makanan cepat saji pun telah meningkat di postingan yang ada di Instagram. Restoran kasual Chili’s Grill & Bar telah memutuskan untuk memanfaatkan Instagram dengan menyajikan kentang goreng di piring stainless steel dan mengganti roti di burger mereka agar lebih menyenangkan secara estetika. Sebagaimana dianjurkan oleh Wyman Roberts, CEO perusahaan induk Chili’s Grill & Bar, Brinker International Inc.
Menyajikan presentasi makanan yang penuh inspirasi, akan mampu berkontribusi pada pengalaman layanan secara keseluruhan dari sebuah restoran. Selain itu juga akan mampu membuat pelanggan restoran membagikan hasil foto tersebut berulang-ulang di media sosial, sebagai sarana promosi gratis dari pelanggan ke pelanggan lain. Dan hal ini sekaligus merupakan bagian dari kesuksesan persamaan sebuah restoran.
Baca Juga: Tips dan Trik untuk Pemasaran Cafe/ Coffee Shop Kekinian
3. Dokumentasi menjadi penting untuk dibagikan di media sosial
Kita juga melihat adanya pergeseran bagaimana restoran menciptakan momen tertentu dan menyenangkan dengan sentuhan khusus yang sengaja dirancang agar menarik pelanggan untuk berbagi ke media sosial.
Dante, sebuah restoran Italia yang populer di New York, yang menyajikan koktail khusus dibuat dengan varian es, dan diberi label nama restoran. Sentuhan semacam ini sangat bagus, mudah diingat, sangat mudah dibagikan dan efektif. Dengan begitu, banyak pengunjung memajang foto minuman atau makanan mereka kepada follower mereka.
Demikian pula, Mission Chinese Food, The Lucky Bee dan ZZ’s Clam Bar juga sengaja menyajikan minuman mereka dengan cara yang sangat menakjubkan dan unik. Dengan desain yang sangat menakjubkan dan unik dari sebuah restoran, akan mampu menghasilkan kesan ikonik.
Dengan karakter pelanggan sekarang ini yang suka memotret dan mengunggahnya ke Instagram ketika bersantap, sudah seharusnya membuat sebuah restoran untuk berpikir. Terutama tentang layanan makanan dan minuman yang disajikan, lebih dari sekedar sebuah menu. Mulai dari food plating sampai dekorasi, seluruh pengalaman bersantap merupakan fokus yang utama.
Nah, itu tadi tips ampuh memanfaatkan Instagram untuk bisnis restoran atau cafe Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya 🙂