Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson

Anda tahu Sir Richard Branson? Dia merupakan salah satu pendiri dari Virgin Group dari Inggris yang sangat terkenal. Seperti apa kisah suksesnya yang bisa kita jadikan pelajaran yang berharga? Simak dalam pembahasan berikut ini.

Kisah bisnisnya dimulai sejak usia 16 tahun, ketika ia mulai menerbitkan majalah Student, majalah untuk pelajar di Inggris.

Setelah memiliki jaringan pelanggan yang cukup kuat. Pada tahun 1970 Richard muda membuat sebuah jasa penjualan kaset musik yang dikirimkan lewat pos. Pada 1972, ia membuka ritel toko kaset, Virgin Records, yang kemudian menjadi Virgin Megastores.

Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson
images/playbuzz.com

Pada tahun 1980-an, ia mulai ekspansi usaha dengan mendirikan Virgin Atlantic Airways. Semenjak itulah ekspansi usaha Richard Branson naik dengan cepat. Saat ini sudah ratusan perusahaan yang ia miliki di bawah naungan Virgin Group.

Baca juga: Cara Jenius Membangun Bisnis yang Sehat

Bisnisnya benar-benar menguasai hampir seluruh bidang yang ada. Mulai dari bidang musik, penerbangan, perbankkan, hiburan, kepedulian sosial, hingga proyek yang menawarkan wisata luar angkasa pertama di dunia.

Bagaimana bisa seseorang yang tidak memiliki pengalaman dan ilmu bisnis sama sekali ini, masuk kedalam daftar salah satu orang terkaya di dunia?

Salah satu poin yang tidak bisa lepas dari Richard Branson adalah kemampuan marketing-nya yang sangat dahsyat. Nah, rahasia marketing seperti apa yang diterapkan oleh Sir Richard Branson untuk sukses? Simak tips berikut ini, agar bisa menjadi inspirasi dan segera Anda praktekkan.

1. Janjikan sedikit, berikan lebih

Dalam menggunakan sistem marketing seperti ini, lebih menekankan pada element of surprise. Marketing yang paling hebat adalah marketing dari mulut ke mulut, yaitu ketika pelanggan membicarakan kelebihan bisnis Anda ke pelanggan lain. Hal ini akan dengan mudah membuat bisnis Anda terkenal.

Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson
images/treasureinclayinternational.com

Untuk menumbuhkan kesan yang baik dengan pelanggan, Anda harus dapat membuatnya terkejut bahagia. Under Promise Over Deliver atau janjikan sedikit, berikan lebih adalah salah satu cara untuk membuat customer kita bahagia.

Sebagai contoh misal Anda berjanji untuk menyelesaikan pesanan dalam 8 hari, selesaikan dalam 3 hari dan berikan pelanggan Anda diskon. Tentu mereka akan senang sekali bukan mendengarnya.

Baca juga: Ingin Tahu Bagaimana Cara Membuat Pelanggan Anda Lebih Bahagia?

Mereka sudah siap menunggu 8 hari untuk pesanannya. Tanpa diduga Anda berhasil menyelesaikan pesanan hanya dalam 3 hari saja. Efek surprise yang terjadi dalam proses ini, biasanya jika mereka terkesan, mereka akan membicarakan mengenai bisnis Anda ke teman-temannya.

Dengan menggunakan sistem ini, dengan mudah Anda dapat membangun kesetiaan pelanggan melalui surprise-surprise kecil yang membuat mereka puas dengan pelayanan Anda.

Banyak hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk memberikan nilai lebih pada bisnis sekaligus membuat pelanggan senang. Misalnya, Anda akan memberikan kalender, kaos atau barang yang lain kepada pelanggan setiap kali membeli produk Anda dengan harga dan jumlah tertentu.

Selain itu pastikan juga, customer service Anda mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Misalnya, Anda akan memberikan diskon dengan nilai tertentu, jika pelayanan customer service tidak ramah dan lupa memberikan salam.

Baca juga: Ini Cara Jitu Membuat Pelanggan Anda Kembali Lagi

Pasti pelanggan akan senang. Andapun tidak perlu repot-repot mengawasi kinerja dari customer service Anda. Win-Win Solution bukan?

Richard Branson benar-benar memfokuskan semua bisnisnya pada pelayanan pelanggan atau customer service. Ia sangat peduli akan kebahagiaan pelanggan.

Setelah Anda sudah mulai terbiasa dan dapat konsisten melakukan tips ini. Anda bisa mulai coba gunakan tips berikutnya. Mari kita lihat bersama.

2. Janjikan banyak, berikan lebih

Berikan janji semuluk mungkin, dan berikan lebih. Anda akan segera mendapatkan pelanggan yang setia dan bahagia. Sekilas hal ini mungkin terlihat berat. Tapi jika Anda benar-benar ingin membahagiakan pelanggan Anda dan membuatnya setia, kenapa tidak?

Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson
images/www.healthredone.org

Misalnya, Anda jualan online, setiap pembelian produk tertentu Anda akan memberikan gratis ongkos kirim. Masih terasa belum cukup? Anda bisa tambahkan,  tiap pembelian 2 buah produk gratis 1 buah. Masih belum cukup juga? Berikan bonus super menarik lainnya bagi pelanggan Anda.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Membangun Bisnis Travel Online dengan Modal Minim

Bayangkan betapa senangnya pelanggan Anda. Sekilas mungkin akan membuat Anda terlihat rugi? Namun, anggap saja hal itu sebagai biaya pemasaran, dan rasakan hasilnya dikemudian hari.

Tapi ingat, sebelum mulai dalam skala besar, selalu coba dalam skala kecil, kemudian ukur hasilnya. Jika sesuai dengan apa yang Anda harapkan, selanjutnya tinggal jalankan dalam skala besar. Melalui cara tersebut Anda akan berpotensi bisa mendapatkan banyak pelanggan setia.

3. Usaha sedikit, hasil yang besar

Apa maksudnya? Secara singkat bisa diartikan dengan usaha yang sedikit namun kita bisa mendapatkan hasil yang besar. Hal inilah yang sering dilakukan oleh Richard Branson. Ia sering kali melakukan aksi-aksi yang mengundang perhatian banyak orang.

Ia menjadikan dirinya sendiri sebagai Brand Ambassador dari Virgin Group. Apapun yang ia lakukan untuk mendapatkan perhatian media, ia akan senang dengan publisitas yang bisa mengangkat namanya dan nama bisnisnya.

Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson
images/www.shropshirestar.com

Banyak hal-hal gila yang Richard Branson lakukan selama ini untuk menarik perhatian. Seperti keliling dunia dengan balon udara, naik kapal tercepat lintas samudra pasifik, menjadi pramugari pesawat dengan dAndanan seperti perempuan, naik tank untuk menembak Coca Cola di Times Square (saat launching Virgin Cola) dan masih banyak hal gila lainnya.

Baca juga: 6 Cara Hilangkan Keraguan Konsumen pada Bisnis Online Anda

Richard Branson berpendapat bahwa apa yang ia lakukan itu menyenangkan dan sangat mudah. Tapi dampak yang diperoleh dari publisitas tersebut sangatlah luar biasa.

4. Viral Marketing

Selalu fokuskan marketing Anda untuk dapat memberikan dampak terhadap banyak orang. Orang cenderung akan berbagi cerita tentang hal-hal yang disukai. Terlebih lagi dengan adanya media sosial seperti saat ini, semua jadi lebih mudah untuk dibagikan.

Berbagi tidak hanya dari mulut ke mulut, dengan adanya teknologi akan membawa teknik marketing ke level yang jauh berbeda dari yang pernah ada sebelumnya.

Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson
images/newsite.multimediamarketing.com

Saat ini sangat mudah untuk menyebarkan satu informasi ke jutaan orang dalam waktu singkat. Terlebih lagi, biayanya jauh lebih murah dan bahkan gratis.

Di dunia internet seperti saat ini, kita sebagai manusia dengan mudah untuk terhubung satu sama lain dalam sebuah komunitas besar. Netizen, begitu sebutannya untuk seseorang yang aktif menggunakan media sosial.

Baca juga: 6 Kesalahan dalam Berbisnis yang Wajib Diwaspadai

Sebagai komunitas kita tentu akan senang berbagi informasi bermanfaat kepada sesama pengguna. Trend inilah yang harus Anda manfaatkan. Jadi, siapkan berbagai konten menarik yang dapat membuat orang ingin membagikannya kepada temannya.

5. Bercerita

Tips terakhir dari Richard Branson, yakni bercerita. Kebanyakan orang senang mendengarkan cerita. Konsep marketing terbaru adalah dengan menceritakan sesuatu dengan hal yang masuk akal. Pelanggan saat ini jauh lebih kritis logikanya.

Karena itu sentuhlah mereka secara emosianal dengan bercerita. Banyak perusahaan besar yang sudah melakukan ini.

Baca juga: 10 Langkah Cerdas Mencegah Kebangkrutan dalam Bisnis

Mereka membuat iklan bermanfaat yang ada kaitannya dengan produk. Mereka mulai dengan membuat iklan yang berisi tips, kisah sukses sampai cerita moral yang menyentuh hati.

Rahasia Marketing dari Sir Richard Branson
images/www.asialifemagazine.com

Dalam membuat cerita ini Anda bisa sesuaikan dengan produk yang Anda jual, jadi bukan asal membuat cerita atau membual, namun benar- benar cerita yang masuk akal, menggugah emosi pembaca atau calon pelanggan tanpa merasa dibohongi.

Cerita-cerita seperti ini akan lebih diingat oleh pelanggan dan calon pelanggan Anda. Mereka akan mengkaitkan dengan sendirinya cerita Anda dengan produk yang Anda miliki.

Nah, itu tadi rahasia marketing dari Sir Richard Branson, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

2 Comments
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: