Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga

Apakah keluarga Anda memiliki perusahaan keluarga yang sudah berdiri hingga bertahun-tahun lamanya? Dan Anda akan diberi amanah untuk meneruskan bisnis tersebut? Sedangkan disisi lain Anda bermimpi untuk menjadi lebih mandiri dengan bekerja di perusahaan impian atau merintis bisnis sendiri.

Hal semacam ini memang sering kita jumpai dan bahkan mengalami sendiri, namun karena bisnis keluarga membutuhkan penerus untuk meneruskan bisnisnya, tak ada pilihan lain untuk diwariskan kepada anak-anaknya.

Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
images/entrepreneur.com

Bagi Anda yang masih ragu  dalam mengemban amanah dari kedua orang tua atau karena alasan yang lain sehingga ‘urung’ menerima amanah untuk meneruskan bisnis, berikut ini akan dijelaskan alasan-alasan mengapa Anda tidak perlu malu dalam meneruskan bisnis keluarga:

1. Kisah Perjuangan & Memori dalam Membangun Bisnis yang Tidak Mudah Dilupakan

Anda pastinya tahu betul bahwa bisnis tersebut merupakan perjuangan kedua orang tua Anda sejak Anda masih kecil atau bahkan masih belum dilahirkan kedunia.

Dan tak dipungkiri juga, dengan adanya bisnis itu pula yang menjadikan keluarga Anda tercukupi kebutuhannya hingga detik ini. Berkat bisnis ini pula yang akhirnya memberikan kehidupan layak, bisnis itu pula yang membuat Anda bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Coba pikirkan, ketika kedua orang tua Anda sudah tidak sanggup lagi dalam menjalankan bisnis, lantas siapa lagi yang akan meneruskan jika bukan anaknya, yakni Anda. Tidak mungkin kan, yang melanjutkan bisnis keluarga malah anak tetangga?

Kini saat yang tepat bagi Anda untuk mulai berani mengambil amanah yang akan dibebankan kepada Anda, sekaligus mengabdi dan membahagiakan kedua orang tua.

2. Anda Bukan Tidak Punya Pilihan Lain

Mungkin orang tua Anda tidak akan memaksa Anda untuk mengikuti jejaknya dalam meneruskan bisnis keluarga yang sudah berjalan. Orang tua Anda tentunya cukup bijaksana dalam memberikan Anda kebebasan untuk menentukan jalan hidup.

Mungkin, orang tua Anda hanya ingin menawarkan sebuah pilihan yang terbaik untuk masa depan Anda.

Ini Alasan Mengapa Anda Tidak Perlu Malu untuk Meneruskan Bisnis Keluarga
images/www.businessnewsdaily.com

Coba Anda bayangkan, betapa menyedihkannya jika perjuangan bisnis berpuluh tahun orang tua Anda harus ditutup begitu saja karena tidak ada penerusnya.

Jangan lupa pikirkan pula berapa banyak karyawan yang terpaksa harus ‘dirumahkan’ meskipun mereka sudah mengabdi bertahun-tahun.

Dengan memilih untukmeneruskan usaha keluarga, berarti Anda juga memilih untuk memberikan pekerjaan dan kehidupan layak bagi orang lain.

3. Kebimbangan dan Keraguan Hal yang Wajar

Anda pastinya memiliki mimpi yang ingin diwujudkan. Namun dalam perjalanan mewujudkan cita-cita sering dihadapakan dengan sebuah pilihan yang akan berpengaruh  terhadap masa depan Anda.

Termasuk pilihan mau melanjutkan bisnis keluarga ataupun tidak. Sedangkan Di satu sisi, Anda pasti ingin membuktikan kemandirian Anda dengan merealiasikan mimpi Anda sendiri.

Dan di sisi lain, Anda pun tentu saja tidak ingin melihat bisnis keluarga Anda hancur begitu saja bukan?

Kebimbangan dan keraguan merupakan hal yang wajar dalam situasi seperti ini. Jangan menyerah, Anda hanya perlu melihat jauh kedepan dalam mengemban bisnis keluarga agar lebih maju dan berkembang lebih baik lagi.

4. Hindari Gengsi Berlebihan

Jika Anda masih berpikir bahwa mengurus bisnis keluarga itu sama dengan artinya tidak mandiri, Anda salah besar! Musnahkan segera pikiran yang tidak baik ini.

Apabila Anda benar-benar ingin dibilang mandiri, buktikanlah dengan cara menerima amanah untuk mengembangkan bisnis keluarga Anda dengan lebih baik lagi sehingga dengan pembuktian ini cukup untuk menilai seberapa besar kemampuan Anda untuk mandiri.

images/bloomberg.com

5. Bisnis Keluarga Butuh untuk Berkembang

Mengelola usaha keluarga yang sudah lama berjalan jelas bukan perkara yang mudah. Anda pun diharuskan menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan yang sudah ada.

Apalagi jika Anda memiliki jenjang pendidikan yang cukup tinggi, sudah saatnya Anda menerapkan softskill dan hardskill yang telah Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis keluarga Anda dengan lebih baik lagi.

6. Mengelola Bisnis Keluarga Itu Sebuah Tantangan

Mengelola bisnis keluarga memiliki tantangan tersendiri yang harus Anda hadapi ketika mengemban amanah dari orang tua. Banyak hal yang akan menuntut Anda untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

Mulai dari mengembangkan bisnis dan karyawan, operasional dan lain sebagainya. Jikalau bukan Anda sebagai penerus bisnis keluarga, lantas siapa lagi?

7. Dan Saat Anda Berhasil Mengembangkan Bisnis Keluarga, Anda Patut Berbangga

Ketika Anda akhirnya sukses memajukan bisnis keluarga Anda, Anda sudah bisa dikatakan dapat membuktikan bahwa Anda memang memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola bisnis keluarga.

Dengan begitu Anda sukses mengembangkan diri sekaligus membuat kedua orang tua Anda menjadi bangga dan kemampuan berbisnis Anda semakin terasah.

Nah itu tadi alasan mengapa Anda tidak perlu malu untuk meneruskan bisnis keluarga Anda, segera pahami dan terapkan. Tetap semangat dan sukses selalu untuk Anda.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: