Rahasia Marketing untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda

Bukan menjadi sebuah rahasia lagi bahwa biaya untuk menarik calon pembeli dan mengubahnya menjadi pembeli bisa mencapai berkali lipat, jika dibandingkan dengan menjual kepada orang yang pernah membeli produk Anda.

Hal ini berarti selain tetap berusaha memperluas pangsa pasar dengan mendatangkan calon pembeli baru, Anda juga harus memberikan perhatian lebih kepada pembeli yang pernah membeli produk Anda sebelumnya.

Baca juga: Ini Cara Jitu Membuat Pelanggan Anda Kembali Lagi

Maka dari itu Anda perlu menciptakan program loyalitas pelanggan untuk menjaga pelanggan agar tetap loyal terhadap produk Anda. Dibawah ini ada beberapa ide program loyalitas pelanggan yang bisa menginspirasi Anda untuk dipraktekkan secara langsung:

1. System Point

Program loyalitas ini banyak dipergunakan oleh perusahaan ritel dimana frekuensi pembeliannya yang cukup sering namun nilai transaksinya kecil.

Rahasia Marketing untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Anda
images/pexels.com

Dalam sistem ini pelanggan akan diberikan point setiap kali membeli dan akan mendapatkan hadiah atau reward menarik jika sudah mencapai akumulasi point tertentu. Program ini biasa kita temui di minimarket, supermarket, dan perusahaan ritel lainnya.

Baca juga: 10 Pendekatan Psikologis untuk Menarik Calon Konsumen

2. Membership

Penerapan program ini terbukti efektif dipakai diberbagai perusahaan. Dengan menjadi member sebuah program perusahaan, seorang pelanggan akan mendapatkan beberapa keuntungan atau penawaran menarik lainnya dengan syarat tertentu.

images/pexels.com

Program semacam ini juga cocok untuk perusahaan jenis B2B yang bisnisnya bergantung pada pembelian berulang dan jangka pendek.

3. Tier System

Program ini merupakan gabungan antara program system point dan membership. Dalam program ini member diklasifikasikan kembali berdasarkan tingkat loyalitas mereka dengan apa yang dapat perusahaan berikan dan biasanya diperuntukan untuk pembelian dengan nilai transaksi dan komitmen yang tinggi. Misalkan kartu pelanggan silver, gold dan platinum dalam sebuah perusahaan perbankan.

Baca juga: Cara Terbaik Membuat Segmentasi Pelanggan Anda

4. Cross Selling dan Kolaborasi dengan perusahaan lain

Selain dapat meningkatkan jumlah penjualan dan memperluas pasar, cross selling juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda.

Jika perusahaan Anda tidak memiliki banyak variasi produk, maka Anda juga bisa berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk sama-sama mendapatkan keuntungan.

Hal ini bisa membuat konsumen Anda berpendapat bahwa brand Anda mampu memberikan sesuatu yang lebih dari apa yang mereka butuhkan.

images/pexels.com

5. KomunitasMembuat atau memelihara suatu komunitas pelanggan yang sudah ada adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan dengan pelanggan sekaligus dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Rahasia Terbaik Memenangkan Persaingan dalam Bisnis

Misalnya komunitas otomotif, komunitas gaming, dan sebagainya. Semakin kuat komunitas tersebut semakin kuat pula loyalitas mereka terhadap produk Anda.

6. Menambahkan Nilai Sosial

Ketika Anda sudah mengenal dengan baik siapa pelanggan Anda, maka Anda akan memahami nilai apa yang dianggap penting bagi mereka.

Rasa kemanusiaan dan kehidupan sosial, dan keinginan untuk berkontribusi adalah hal-hal yang dapat kita maksimalkan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

images/pexels.com

Anda bisa melihat beberapa iklan produk yang sudah ada, yang isinya mengajak pelanggannya untuk lebih mencintai budaya.

Point diatas hanya beberapa ide yang bisa menginspirasi Anda untuk membuat program agar loyalitas pelanggan Anda meningkat. Selebihnya Anda bisa kembangkan sendiri sesuai dengan bidang usaha Anda.

Dalam memilih dan menentukan program loyalitas, Anda harus benar-benar mengetahui seperti apa karakteristik pelanggan Anda? Manfaat apa yang ingin Anda tanamkan? Dan apakah program tersebut dapat membantu Anda mencapai target perusahaan?.

Tunggu apalagi, segera praktekan dalam bisnis Anda. Selamat berjuang.

No Comments Yet
About Us

Intermezzo is online magazine for smart entrepreneurs and start-ups. We are committed with two ideas. First, as entrepreneurs and start-ups within Indonesia will be the bridge that will link the entrepreneurial community in our region together. Second, the start-up boom that began in Surabaya and which spread to around Indonesia will tell this exciting and unfolding story in our region. We are active across digital and social media.

%d bloggers like this: